Wisata Kuliner Nusantara dengan 5 Menu Khas yang Nikmat

Culinary | Jumat, 12 Agustus 2022 10:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Bagi Sahabat Dream penyuka kuliner Tanah Air, mungkin ingin mencicipi beragam menu khas daerah tapi sayang tak bisa langsung ke tempatnya.

Dream - Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan masing-masing yang menjadi daya tarik para wisatawan. Bisa karena keindahan alam, kerajinan, suasana, dan tentu juga karena makanan khasnya.

Banyak orang yang penasaran dengan daerah tertentu sampai berkunjung demi mencicipi hidangan khas dengan rasa otentik. Bagi Sahabat Dream penyuka kuliner Tanah Air, mungkin ingin mencicipi beragam menu khas daerah tapi sayang tak bisa langsung ke tempatnya.

Bagaimana kalau mengobati rasa penasaran dengan menyantap kuliner khas berbagai daerah dengan memesannya secara online? Berikut rekomendasi menu nikmat dari lima derah yang bisa bikin kamu seperti wisata kuliner keliling nusantara.

Bika Ambon

 Bika Ambon© Shopee

Banyak yang mengira kue basah berongga kuning ini berasal dari Ambon karena namanya. Faktanya, Bika Ambon ternyata berasal dari Kota Medan, Sumatra Utara, karena kue ini dijual pertama kali di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan. Kue Bika Ambon ini sangat cocok jika dijadikan teman minum teh bersama keluarga tercinta sambil menonton film Indonesia favorit. Bila ingin mencicipi bisa melalui aplikasi ShopeeFood di Bika Ambon Rica Rico, Bika Ambon BeFond, maupun toko kue lainnya.

 

Wisata Kuliner Nusantara dengan 5 Menu Khas yang Nikmat
Bika Ambon/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Pempek

 Pempek© ShoppeFood

Pempek, yang awalnya dikenal dengan nama kelesan, memang sudah menjadi salah satu kuliner lokal favorit masyarakat dari dulu hingga sekarang. Cita rasanya yang gurih serta dipadukan dengan asam, pedas, manisnya cuko dan segarnya potongan mentimun tentu membuat orang sulit untuk menolak kenikmatannya. Salah satu pempek yang disukai banyak orang yaitu Pempek Ny. Kamto yang sudah berdiri sejak 1984.

 

3 dari 5 halaman

Asinan Betawi

 Asinan© ShopeeFood

Hidangan yang terdiri dari berbagai sayuran segar, tahu, kerupuk dan kuah bumbu kacang ini menjadi salah satu ikon kuliner Batavia yang masih eksis. Asinan Betawi bisa menjadi kudapan yang dapat dinikmati di waktu senggang bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu bisa menemukan Asinan Betawi yang rasanya nikmat dengan harga terjangkau di Asinan Po Nur dan Asinan Sayur & Rujak Juhi (Si Buhun).

 

4 dari 5 halaman

Lumpia Semarang

 Lumpia© Shutterstock

Siapa sangka jajanan ini lahir dari kisah cinta seorang perantau Tionghoa dengan seorang perempuan Jawa yang menjual makanan serupa? Tjoa Thay Yoe yang pada saat itu menjual makanan khas Tionghoa yang mirip dengan martabak, bertemu dengan Wasi yang juga menjual makanan sejenis.

Alih-alih bersaing, mereka justru saling bertukar resep sampai akhirnya menikah dan menciptakan Lumpia Semarang yang kita kenal sekarang ini. Jajanan khas ini terkenal dengan aroma alami dari isiannya yaitu rebung.

 

5 dari 5 halaman

Jamu

 Jamu© ShopeeFood


Kata Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu jampi atau usodo yang berarti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. Minuman tradisional yang satu ini sejak dulu telah memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh masyarakat Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya industri jamu juga turut berkembang. Jika dulu para penjual jamu harus menggendong jamu sambil berkeliling area perumahan, kini jamu juga dijual secara online.

Untuk kamu yang ingin menyantap menu-menu khas tersebut bisa mendapat promo diskon dan gratis ongkos kirim di ShopeeFood selama 9-17 Agustus. Terutama untuk menu lokal di program Festival Kuliner Lokal 17.8.

" Diharapkan dapat membantu memfasilitasi kebutuhan para pengguna untuk menikmati pengalaman jelajah kuliner yang menyenangkan, sembari melestarikan cita rasa khas kuliner nusantara dalam merayakan momen Hari Kemerdekaan," kata Andreas Christiadi, Brand Marketing Manager ShopeeFood, dalam siaran pers yang diterima Dream.

Terkait
Join Dream.co.id