Tren Kuliner 2020, Fusion Food Kian Diminati

Culinary | Kamis, 5 Desember 2019 06:12
Tren Kuliner 2020, Fusion Food Kian Diminati

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bakal ada banyak menu yang terinspirasi dari perpaduan kuliner dua negara.

Dream - Pergantian tahun sangat erat dengan bergantinya tren, termasuk di bidang kuliner. Biasanya, tren tersebut sudah diprediksi sejak akhir tahun.Seperti yang diungkapkan oleh Content Creator, Windy Iwandi.

Salah satu makanan yang tengah dibicarakan di akhir tahun 2019 adalah panganan dengan cita rasa khas Indonesia.

“ Misalnya roti. Kalau diperhatikan, mulai muncul toast dengan daging di dalamnya. Makannya super praktis juga. Ada rendangnya, ada cabai hijau. Sepertinya itu akan tren di awal 2020 dan Desember 2019,” kata Windy di Kembang Goela, Jakarta Pusat, beberapa waktu lama.

Ia pun bercerita kalau ada inovasi yogurt ketan. Awalnya, jenis panganan ini berasal dari Australia.

“ Beberapa minggu ke depan akan banyak makanan yang berhubungan dengan yogurt dan ketan. Ini diadaptasi dari luar, Australia. Sudah ada di Surabaya, dan aku minggu ini diundang sama cabang yang di Jakarta," ujar Windy.

Yogurt ketan yang disebutkan merupakan minuman dalam bentuk blended bersama buah-buahan dan disajikan bersama ketan. Menarik, bukan?

Tren makanan sehat pun kian meluas. Tidak hanya diet catering, salad atau jenis makanan vegan. Makanan sehat juga mulai diproduksi dalam bentuk camilan.

" Mungkin juga akan banyak minuman sehat seperti jus. Makanan catering juga makin banyak. Karena sekarang peluangnya besar. Momentumnya, ya sekarang," tutupnya.

2 dari 6 halaman

5 Sambal Khas Jawa Timur, Pedasnya Menantang Lidah

Dream - Sambal menjadi sajian yang tak boleh absen dalam menu makanan orang Indonesia. Sensasi rasa pedas nan gurih dalam sekejap bisa membangkitkan nafsu makan.

 5 Sambal Khas Jawa Timur, Pedasnya Menantang Lidah

Selain dari kawasan Pasunda, salah satu daerah yang sangat terkenal dengan ragam sambalnya adalah Jawa Timur.

Makanan dari daerah ini terkenal pedas, ditambah dengan pilihan sambal yang sangat menggiurkan. Banyak orang kepincut dengan sambal-sambal dari Jawa Timur.

Tak percaya? Kalau kamu berani, coba tantang lidah kamu dengan pedasnya sambal-sambal ini

3 dari 6 halaman

Sambal Petis dan Sambal Bawang

Sambal Petis

Merupakan sambal yang terbuat dari petis udang, cabai rawit, bawang putih goreng, gula merah, garam dan kecap manis. Sambal petis memiliki cita rasa khas manis gurih. Biasanya, sambal ini disajikan bersama tahu goreng, gorengan atau camilan lain sebagai cocolan.

 Sambal Korek, Cocok Disantap Bareng Nasi Putih Hangat

Sambal Bawang

Sambal bawang juga menjadi sambal khas Jawa Timur. Sambal bawang terbuat dari cabai rawit dan bawang putih serta garam. Sambal bawang memiliki cita rasa khas gurih sekaligus pedas mantap. Sambal bawang cocok disajikan bersama tempe, tahu, ayam atau ikan goreng. Sambal bawang juga cocok disajikan bersama sayur bening atau sayur sop.

4 dari 6 halaman

Jangan Lupa Jajal Sambal Ini

Sambal Tumpang

Sambal selanjutnya yang begitu khas dengan Jawa Timur adalah sambal tumpang. Sambal ini berasal dari kota Kediri, Jawa Timur.

 Sambal Tumpang

(Foto: Shutterstock)

Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe yang sudah basi atau tempe bosok kemudian dihaluskan bersama aneka bumbu yakni cabai rawit, bawang putih, lengkuas, daun salam, garam dan sedikit gula. Agar rasa sambal semakin gurih, sambal tumpang bisa disiram dengan minyak goreng panas.

5 dari 6 halaman

Sambal Pecel dan Kecap

Sambal Pecel (Kacang)

Blitar dan Madiun merupakan kota di Jawa Timur yang sangat terkenal dengan sambal pecel atau kacang. Sambal pecel memiliki cita rasa khas yang sangat menggugah selera. Sambal pecel adalah bumbu utama dalam sajian sayur pecel.

 Gurihnya Pecel Semanggi Langka Khas Kendal, Penasaran Mencoba?

 

6 dari 6 halaman

Sambal Kecap

Sambal kelima yang begitu khas di Jawa Timur adalah sambal kecap. Sambal kecap terbuat dari irisan cabai rawit, bawang merah dan putih yang kemudian dicampur dengan kecap manis. Sambal ini memiliki cita rasa pedas mengugah selera dan segar. Sambal kecap sangat cocok disajikan bersama ikan bakar, ayam bakar atau bebek bakar.

(Sah, Laporan: Mimi Rohmitriasih/ Fimela.com)

Terkait
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id