Tips Menyimpan Salad Agar Lebih Tahan Lama

Culinary | Senin, 10 Mei 2021 06:47
Tips Menyimpan Salad Agar Lebih Tahan Lama

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Sahabat Dream bisa lakukan agar salad tahan lama

Dream - Berbuka puasa dengan menyantap salad buah bisa jadi pilihan yang tepat. Rasanya yang nikmat dan juga kaya serat akan sangat baik untuk tubuh.

Namun, karena berasal dari bahan-bahan alami, salad biasanya tak bisa bertahan lama. Berikut tips mudah dari pemilik Serasa Salad yang bisa Sahabat Dream lakukan saat menyimpan salad agar tahan lama.

1. Jangan Campurkan Sayuran

Pilih sayuran daun yang masih segar, berwarna cerah dan tangkainya masih kokoh. Untuk sayuran daun yang diikat, teliti sampai ke bagian dalam, apakah masih bagus atau tidak.

 Tokopedia
© Ferdike/ Dream

“ Jangan campurkan sayuran dengan jenis sayuran lain karena bisa memicu pembusukan.” jelas Fitriani Rahmah, founder Serasa di acara Virtual Ngabuburit Tokopedia: Tren Belanja Online dan Inspirasi Makanan Sehat Jelang Lebaran, Jumat, 7 Mei 2021.

2. Cuci Bersih

Cuci bersih sayuran dan buah. Selalu tiriskan setelah mencucinya, pastikan tidak ada air yang tersisa. Hal ini menjaga sayur dan buah agar tidak mudah busuk.

“ Kunci kesegaran salad adalah sayuran yang kering dan bersih. Jangan basah dan benyek karena lebih mudah busuk” tambah founder Serasa.

2 dari 2 halaman

3. Letakan di Wadah Tertutup

 Salad
© Shutterstock

Waktu menyimpan sayuran untuk salad simpan dalam wadah tertutup. Letakkan di container kedap udara atau tutup dengan cling wrap.

4. Simpan di Kulkas

Simpanlah salad buah dalam lemari pendingin. Temperatur ruangan ternyata memang mempengaruhi kesegaran buah, nih. Bakteri juga cenderung lebih cepat berkembangbiak dalam suhu ruangan.

“ Jika disimpan di kulkas bisa bertahan 24 jam hingga 2 hari” tambah Fitriani Rahmah.

5. Pisahkan dengan Saus

Salah satu yang membuat salad buah atau salad sayur cepat busuk adalah karena dicampurkan dengan dressing atau sausnya. Sahabat Dream yang ingin membuat salad atau baru membelinya dari pusat perbelanjaan, pisahkanlah saus salad dengan isi salad ya. Hal ini sangat membantu untuk membuat salad milik kamu tetap segar dan tahan lama.

Itulah 5 tips yang dapat kamu coba untuk salad buah yang segarnya lebih tahan laman.

Join Dream.co.id