Tak Terduga, Saus Tomat Bisa Dijadikan Bahan Kue

Culinary | Sabtu, 15 Januari 2022 07:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Seperti apa hasilnya?

Dream – Memiliki banyak perpaduan rasa seperti rasa asin, manis dan asam membuat saus tomat sangat cocok untuk dijadikan tambahan pada semua jenis makanan. Banyak hidangan yang terasa lebih enak saat disajikan dengan saus tomat.

Seperti kentang goreng, roti, telur dadar, sandwich, dan masih banyak lagi. Saus tomat biasanya disajikan dengan hidangan gurih. Pernahkah Sahabat Dream membayangkan saus tomat diolah untuk campuran kue?

Terdengar sangat aneh, tapi nyata. Seseorang di situs Reddit, mengungkap kalau mengolah kue menggunakan saus tomat. Dalam unggahannya, pemilik akun SilentCittadel mengungkap kalau saus tomat untuk membuat kue akan membuat rasanya jadi lebih kaya.

Ia membuat menggunakan saus tomat merek Heinz. Hasil kuenya sangat mirip dengan Red Velvet, berwarna merah. Dikutip dari FoodNDTV, untuk membuat digunakan setengah cangkir saus tomat dan ditambahkan pewarna merah untuk makanan.

 Kue saus tomat© Dream

Komentar pun bermunculan di unggahan tersebut. Seperti “ Saya pernah membuatnya, rasanya seperti kue bumbu lainnya. Ini layak dilakukan untuk hal baru, jika tidak ada yang lain" .

“ Ini sebenarnya resep saat era yang sulit Depresi. Gula, molase, baking powder, dll mahal dan sulit didapat sehingga orang menemukan cara untuk memanfaatkan apa yang mereka miliki untuk membuat kue. Tomat memiliki musim tanam yang panjang, murah, dan berlimpah,” tulis warganet lainnya.

Sahabat Dream mau coba membuatnya?

Laporan: Anzila Riskia Putri

Tak Terduga, Saus Tomat Bisa Dijadikan Bahan Kue
Ilustrasi
2 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

3 dari 4 halaman

Penduduk Pulau Shetland Punya Cara Khas Berjualan Kue

Dream - Warung kejujuran merupakan hal yang tak asing di Indonesia. Ada beberapa tempat yang menerapkan konsep 'kejujuran' dalam berjualan. Yaitu dengan menggelar dagangan tapi tak diawasi penjual.

Hanya diberi keterangan harga barang yang dijual. Pembeli yang berminat, tinggal membayar dan mengambil barang yang diingkan. Rupanya, konsep warung kejujuran ini jadi daya tarik toko-toko kue yang berada di Kepulauan Shetland, Skotlandia.

Para penjual kue menaruh kotak, lemari bahkan kulkas di pinggir jalan dengan desain menarik. Tentu saja hal itu untuk menarik perhatian pembeli. Dalam penyimpanan tersebut berisi berbagai kue, selai, hingga souvenir kepulauan tersebut.

 Cake Fridge© Dream

Konsep berjualan ini disebut dipopulerkan oleh Lynn Johnson pada 2012. Ia merupakan seorang petani dan pembuat roti yang mendapatkan ide berjualan di pinggir jalan setelah pasar petani Shetland ditutup.

Tanpa memiliki gerai yang biasa digunakan untuk menjual makanan, Johnson menggunakan sistem " kotak kejujuran" . Hal ini kemudian ditiru oleh banyak penduduk di pulau tersebut yang ingin menjajakan barangnya.

 

4 dari 4 halaman

Misalnya di kota Hoswick, sebuah toko kue yang dikenal sebagai Emma's Cake Corner menawarkan manisan di dengan lemari yang menarik. Lalu di kawasan Unst, ada sebuah kotak berbentuk rumah yang isinya berbagai kue nikmat yang bisa dijadikan oleh-oleh.

 Penjual kue© Dream

Ada juga kulkas dengan display transparan, untuk menyajikan berbagai dessert dingin dan minuman dengan tampilan unik. Bagian luar dilapisi kayu agar bernuansa pedesaan. Cara berjualan ini jadi daya tarik bagi turis yang datang.


Laporan Siti Sarah Al Hafizd/ Sumber: Atlasobsura

Join Dream.co.id