Tak Disangka, Kunyit Bisa Ditukar Emas di Sri Lanka

Culinary | Rabu, 25 November 2020 10:36
Tak Disangka, Kunyit Bisa Ditukar Emas di Sri Lanka

Reporter : Mutia Nugraheni

Selama pandemi permintaan akan kunyit meningkat drastis.

Dream - Kunyit termasuk bumbu rempah yang banyak digunakan di Indonesia untuk beragam masakan. Seperti membuat ayam goreng bumbu kuning, opor ayam atau nasi kuning. Biasanya, kunyit dijual dalam bentuk masih akar atau berbentuk bubuk.

Harga kunyit termasuk sangat terjangkau. Rupanya, hal sebaliknya terjadi di Sri Lanka. Belum lama ini, South China Morning Post (SCMP) memberitakan kalau harga 100 kg kunyit di Sri Lanka bisa ditukar dengan 1 kg emas.

Hal tersebut kabarnya terjadi di pasar gelap, lantaran tingginya permintaan masyarakat akan kunyit di tengah pandemi. Kunyit dipercaya memiliki kualitas antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membuat tubuh manusia kenal terhadap penyakit.

Tingginya permintaan akan kunyit di Sri Lanka, akhirnya bermunculan praktik penyelundupan yang menguntungkan segelintir pihak. Sebelumnya, harga kunyit di Sri Lanka hanya berkisar Rp26.800 per kilo.

 

2 dari 5 halaman

Saat pandemi harganya tiba-tiba jadi naik 13 kali lipat menjadi Rp381 ribu per kilonya. Kabarnya sampai muncul praktik penukaran kunyit dengan emas 1 kg. Menanggapi hal ini, otoritas setempat sudah mengambil tindakan dengan menyita berton-ton kunyit sitaan.

Kunyit Kasturi© Shutterstock.com

" Sulit untuk menangkap pelakunya karena kunyit merupakan produk yang umum digunakan dan tidak ada batasan pergerakannya di Tamil Nadu," kata RKV Ravishankar, presiden Asosiasi Pedagang Kunyit India.

Para penyelundup bisa dengan mudah memindahkan rempah-rempah dalam jumlah banyak dari daerah penghasil kunyit ke pesisir dengan dalih untuk keperluan rumah tangga. Selengkapnya baca di Diadona.id.

3 dari 5 halaman

Bumbu Lima Rempah Wu Xiang Fen, Rahasia Kelezatan Masakan China

Dream - Bebek peking, ayam tepung ala Taiwan dan daging tumis ala oriental, siapa yang bisa menolaknya? Rasanya sangat kaya, terutama saat digigit. Lapisan rasanya begitu banyak dengan paduan rempah yang bikin penasaran.

Masakan China terkenal dengan citarasa gurih yang kaya. Kuncinya ternyata ada di bubuk lima rempah atay Wu Xiang Fen atau ada juga yang menyebutnya Ngo Hiong. Bumbu ini banyak dijual di pasaran dalam kemasan botolan atau plastik.

Bumbu Lima Rempah Wu Xiang Fen, Rahasia Kelezatan Masakan China© MEN

Isi di dalamnya terdiri dari adas bintang, biji adas, kulit kayu manis (cassia), cengkeh dan lada Sichuan. Bumbu Lima Rempah rupanya memiliki filosfi tersendiri. 
Dalam kosmologi China, angka lima berhubungan dengan lima elemen dasar, api, tanah, logam, air, dan kayu.

 

4 dari 5 halaman

Simbolisme ini sangat penting dalam masakan China. Menurut ajaran pengobatan tradisional Tiongkok, campuran ini merangsang setiap organ di dalam tubuh. Bukan hanya membuat rasa masakan nikmat dan seimbang tapi juga baik bagi kesehatan tubuh.

Lada Hitam Tak Hanya Lezat Tetapi Membuat Sehat© MEN

Aslinya di China, meskipun bubuk 5 bumbu selalu terdiri dari bahan yang sama, jumlahnya masing-masing di tiap daerah. Juga berbeda di tiap juru masak. 

 

5 dari 5 halaman

Campuran bumbu bisa mengandung lebih banyak rempah-rempah seperti kayu manis Ceylon, kulit jeruk kering (jeruk keprok atau jeruk), lada putih, adas hijau, pala atau jahe bubuk.

Bumbu lima rempah© Shutterstock

Bumbu lima rempah dapat digunakan untuk melumuri daging, ayam atau bebek yang akan diolah. Bisa juga dicampur ke dalam kuah dan taburan di atas hidangan tumisan. Pernah coba masak dengan bumbu ini, Sahabat Dream?

Sumber: 196flavors

Join Dream.co.id