Sukses Diet Tanpa Harus Menyiksa Diri, Ternyata Ini Rahasianya

Culinary | Sabtu, 27 Juni 2020 07:00
Sukses Diet Tanpa Harus Menyiksa Diri, Ternyata Ini Rahasianya

Reporter : Wuri Anggarini

Siapa bilang sih diet itu menyiksa? Sama sekali nggak kok, asal kamu tahu beberapa trik berikut ini.

Kelebihan berat badan menjadi momok banyak orang, apalagi buat perempuan. Selain nggak baik buat kesehatan, kondisi ini juga sering bikin Sahabat Dream merasa kurang percaya diri dan kesulitan mengikuti tren fashion karena bentuk badan yang nggak proporsional. Salah satu cara yang sering ditempuh untuk mendapatkan badan yang ideal adalah lewat diet.

Tapi, banyak pola diet yang salah yang bikin diet terasa begitu menyiksa. Bukannya mendapatkan hasil yang diharapkan, kamu malah jadi sakit atau lebih parah lagi berat badan malah jadi nggak terkendali. Siapa bilang sih diet itu menyiksa? Sama sekali nggak kok, asal kamu tahu beberapa trik berikut ini.

2 dari 5 halaman

Rules Diet Paling Utama, Bukan Membatasi Makan

 Sukses Diet Tanpa Harus Menyiksa Diri, Ternyata Ini Rahasianya© Shutterstock

Banyak yang menganggap diet itu membatasi asupan makanan, bahkan ada yang sengaja nggak makan demi mengejar target berat badan impian. Bukannya memiliki bentuk badan ideal, kesehatanmu malah jadi terganggu. Ingat-ingat aturan diet yang satu ini, diet bukan membatasi makan tapi mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Ikuti pola diet yang sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Perbanyak asupan buah dan sayur yang kaya serat, serta protein seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan. Selain itu, hindari makanan yang tinggi kadar lemak dan gula maupun digoreng.

3 dari 5 halaman

Sarapan Makanan Berserat yang Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

 Sukses Diet Tanpa Harus Menyiksa Diri, Ternyata Ini Rahasianya© Shutterstock

Tak sedikit yang nekat melewatkan sarapan dengan alasan lagi diet. Selain menurunkan konsentrasi, cara ini justru membuatmu mudah lapar dan memakan camilan yang tinggi kandungan lemak, kalori dan gula.

Biasakan diri untuk sarapan dengan menu makan tinggi serat dan protein yang membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pilih makanan yang mudah dan praktis disajikan, misalnya oatmeal dengan buah-buahan, nasi merah dengan omelet sayur, maupun dada ayan panggang dan salad sayur.

4 dari 5 halaman

Jaga Hidrasi Tubuh

 Sukses Diet Tanpa Harus Menyiksa Diri, Ternyata Ini Rahasianya© Shutterstock

Otak bisa salah paham dengan sinyal haus yang dikira rasa lapar dan mendorongmu untuk mencari camilan tinggi kalori. Padahal yang dibutuhkan hanya cukup minum air putih. Selain membantumu merasa lebih kenyang, minum minimal 1 liter air putih setiap hari juga menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga terhindar dari lemas, pusing dan gangguan kesehatan lainnya.

Selain air putih, bisa juga konsumsi jus buah tanpa gula sebagai alternatif camilan maupun sarapan sehat dan praktis. Hindari terlalu sering menikmati minuman yang mengandung kafein, gula tinggi atau soda yang justru bikin pola makanmu jadi berantakan.

5 dari 5 halaman

Masak Sendiri Menu Sehat Setiap Hari

Memasak sendiri bukan hanya menjamin makanan higienis tapi juga membantumu untuk mengatur asupan nutrisi dalam tubuh. Tak perlu berubah jadi masterchef atau menggunakan bahan makanan yang harganya cukup menguras kantong. Siasati dengan menu sehat yang praktis, misalnya oatmeal untuk sarapan, buah potong dan salad sayur untuk camilan, dan nasi merah kaya serat untuk makan malam lezat.

 Sukses Diet Tanpa Harus Menyiksa Diri, Ternyata Ini Rahasianya© Instagram/lemonilo

Masak buat diet itu repot? Tenang, sekarang sudah ada Mi Lemonilo yang sehat dan bisa jadi teman dietmu. Dibuat dari tepung mocaf atau modified cassava flour yang rendah gluten sehingga meminimalisir gangguan pencernaan selama diet. Warna hijau yang ditampilkan Mi Lemonilo juga terbuat dari bahan alami, yaitu saripati bayam, daun bawang, dan seledri. Proses pembuatan mi ini juga tidak digoreng, melainkan dipanggang dengan oven agar lebih kering, kaku, dan awet. Kandungan lemaknya pun lebih rendah dibandingkan mi instan lainnya.

Mi Lemonilo juga bebas bahan pengawet, pewarna buatan dan penguat rasa sehingga mi ini aman dikonsumsi setiap hari, termasuk buat ibu hamil dan anak-anak. Yuk, saatnya ubah pola dietmu jadi lebih seimbang dan sehat setiap hari, Sahabat Dream! Temukan informasi tentang Mi Lemonilo selengkapnya dengan klik di sini.

Terkait
Join Dream.co.id