Spirulina, Bubuk Hijau yang Sering Disebut 'Superfood'

Culinary | Sabtu, 9 Oktober 2021 12:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa jadi asupan sehat untuk kamu yang sedang berdiet.

Dream - Beberapa tahun belakangan, semangat untuk menerapkan gaya hidup sehat memang sedang sangat diminati. Pandemi juga membuat kita jadi lebih menaruh perhatian besar pada kesehatan.

Salah satu caranya adalah lebih selektif dalam mengonsumsi makanan. Kini, bermunculan berbagai asupan yang dipercaya mengandung nutrisi tinggi dan bisa membuat tubuh lebih sehat, seperti spirulina.

Spirulina biasa ditemui dalam sajian minuman, salad, smoothies atau jus. Berbentuk bubuk, warnanya hijau pekat, bisa dijadikan campuran atau taburan di atas minuman atau makanan.

Sahabat penasaran dengan spirulina? Dikutip dari Cookinglight, spirulina adalah jenis tanaman ganggang yang warnanya hijau-kebiruan, bisa hidup hidup di air laut dan air tawar.

Tanaman tersebut dikeringkan dan diolah menjadi bubuk atau dimasukkan dalam kapsul lalu dikonsumsi layaknya suplemen. Spirulina kerap disebut sebagai 'superfood', mengapa?

 

Spirulina, Bubuk Hijau yang Sering Disebut Superfood
Spirulina/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Spirulina kering mengandung sekitar 60 hingga 70 persen protein. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, dan vitamin A, E, dan K yang baik. Spirulina sangat cocok bagi vegan atau vegetarian yang butuh asupan zat besi dari bahan nabati.

" Mengonsumsi secara rutin bisa meningkatkan kekebalan, melawan alergi, dan mengurangi kelelahan," kata Jamie Vespa, MS, RD, seorang ahli nutrisi.

 Spirulina Green Lassi Kaya Serat untuk Berbuka© MEN

Menurut Vespa, beberapa penelitian menyarankan untuk lebih baik dikonsumsi dalam bentuk bubuk lalu dicampur ke jus atau smoothie yang diminum krutin. Efeknya dapat meningkatkan energi, mengurangi kelelahan, dan secara alami menekan nafsu makan.

Cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi dengan cara yang sehat. Tertarik untuk mengonsumsinya, Sahabat Dream?

Laporan Delfina

3 dari 6 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 6 halaman

Truffle, Si Jamur Mahal yang Banyak Dicari

Dream – Truffle merupakan salah satu makanan yang paling unik di planet ini. Sulit untuk mengkategorikannya sebab truffle termasuk ke dalam kelompok fungi, tetapi bukan jamur.

Rasanya bisa berubah dari pedas menjadi manis dan berair. Tapi yang jelas, makanan ini termasuk langka dan tentunya mahal. Dilansir dari Martha Stewart, harga truffle bervariasi tergantung pada pasar.

Truffle putih dimulai dari $4000 atau sekitar Rp56 juta per pon, sementara yang hitam dari US $300 - US $800 (Rp4-11 juta) per ponnya.

 Truffle, Si Jamur Mahal yang Banyak Dicari© MEN

Mengapa makanan ini sangat mahal?

Olga Urbani seorang ahli truffle generasi kelima dan pemilik Urbani Truffle menjelaskan, truffle tumbuh di bawah tanah hutan liar hanya beberapa bulan dalam setahun.

Truffle juga tidak dapat ditanam di kebun, bahkan petani yang membudidayakannya menganggap tanaman ini sangat ‘rewel’. Hal ini karena perawatan yang sangat sulit dan membutuhkan kombinasi kondisi yang kompleks agar bisatumbuh.

Selain itu, truffle memiliki hubungan simbiosis dengan jenis pohon tertentu dan tumbuh di dekat akarnya. Truffle juga membutuhkan musim dingin yang sejuk serta mata air yang lembap diikuti oleh musim panas dengan hujan sedang.

 

5 dari 6 halaman

Makanan mahal ini termasuk lambat untuk tumbuh karena memakan waktu enam hingga tujuh tahun agar bisa panen dan memiliki musim yang pendek. Negara yang terkenal dengan trufflenya adalah Prancis, Italia, Spanyol, Pacific Northwest, dan Australia.

Untuk menemukan tanaman mahal ini membutuhkan anjing terlatih. Setelah anjing menemukan truffle, pemburu harus berhati-hati menggali tanah. Setelah diambil, truffle juga harus disimpan dengan baik karena tidak tahan lama.

" Saya selalu mengatakan, jika ada orang beruntung yang memiliki truffle, segera makan,” kata Urbani.

Menurutnya, truffle akan tetap segar selama sekitar satu minggu. Lebih dari itu, rasa dan aromanya akan hambar.

 

6 dari 6 halaman

Cara makan Truffle

Ada sisi menyenangkan dari semua kekhawatiran tentang truffle. Makanan ini mudah digunakan karena paling baik dikonsumsi secara mentah. Memasaknya akan menghancurkan rasa dan aroma yang kuat.

 Truffle© Shutterstock

Cara klasik untuk menikmatinya adalah dengan menaburinya di atas pasta, risotto, pizza, mashed potatoes, puree kembang kol, atau hidangan telur. Truffle bisa didapatkan di beberapa toko makanan khusus atau online.

Jika mencari kemewahan untuk perayaan khusus, truffle adalah pilihan terbaik. Seperti kata Urbani, makanan ini pernah ada di meja kaisar dan raja sehingga semua orang harus mencoba setidaknya sekali seumur hidup.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Join Dream.co.id