Setelah Dalgona Coffee, Kini Muncul Dalgona Stroberi

Culinary | Rabu, 27 Mei 2020 09:36
Setelah Dalgona Coffee, Kini Muncul Dalgona Stroberi

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin Sahabat Dream ingin membuatnya untuk menemani bekerja dari rumah.

Dream - Beberapa waktu lalu viral minuman Dalgona Coffee ala Korea. Minuman ini bisa dibuat dengan mudah dengan bahan terjangkau, namun tampilan dan rasanya istimewa. Tekstur foam yang merupakan hasil kocokan kopi instan membuat sensasi minum kopi yang berbeda dari biasanya.

Kini, muncul lagi resep Dalgona yang bikin banyak orang penasara. Yaitu Dalgona Whipped Strawberry Milk atau Dalgona Stroberi. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan yang versi kopi.

Namun minuman satu ini tidak menggunakan kopi, tapi minuman bubuk rasa stroberi warna pink. Bubuk tersebut dicampur dengan krim lalu diaduk kencang hingga membentuk foam yang lembut.

Bisa juga menggunakan bubuk stroberi asli yang terbuat dari buah stroberi beku yang dihancurkan lalu dicampur krim hingga warnanya pink menggoda. Seperti apa cara membuatnya?

 

2 dari 6 halaman

Lihat videonya

@vegan.inspo

whipped strawberry milk????someone pls take my phone away before I whip every last powdered substance in my house ???? ##vegan ##veganteen ##whippedcoffee

? mile high travis scott - vegan.inspo
3 dari 6 halaman

Resep Tambahan Agar Coffee Dalgona Lebih Nikmat

Dream - Belakangan ini, Dalgona Coffee jadi viral di seluruh dunia. Buat yang belum tahu, Dalgona Coffee adalah susu yang di atasnya terdapat dengan campuran kopi instan, gula, dan air panas yang diaduk secara cepat hingga menjadi krim.

 Resep Tambahan Agar Coffee Dalgona Lebih Nikmat© Dream

Pada umumnya, orang hanya membuat Dalgona Coffee dengan mengikuti resep utama.

Di sini Sahabat Dream bisa tambahkan kreativitas dalam membuat Dalgona Coffee dengan menambahkan resep berikut yang dilansir dari Misskyra.com.

4 dari 6 halaman

Gula Merah

Menggunakan gula merah sebagai pengganti gula biasa akan memberi konsistensi lebih ringan dan halus.

Ini akan membuat mengaduk kopi lebih mudah, dan tentu saja gula merah adalah pilihan yang lebih sehat.

 Ilustrasi gula merah© Shutterstock

Saus Karamel

Jika kamu tidak menyukai kopi yang terlalu pahit, kamu bisa menambahkan saus karamel di atasnya. Ini juga akan membuat tampilan Dalgona kamu menjadi menarik.

5 dari 6 halaman

Kayu Manis

Sedikit taburan bubuk kayu manis dapat membuat minuman kamu hangat dan nyaman, jika kamu suka panas. Tapi, jika kamu bukan penggemar kayu manis, pala bisa menjadi pilihan lain, tambahkan saja hanya sejumput.

 ilustrasi kayu manis© Shutterstock

Vanila

Sahabat Dream dapat mengubah kopi Dalgona polos menjadi French Vanilla Coffee. Tambahkan beberapa tetes esens vanila, sedikit garam dan sejumput tepung maizena ke adonan kopi.

Ini akan menjadikan kopi kamu lebih kental. Itulah beberapa resep tambahan agar Dalgona Coffee kamu lebih nikmat seperti buatan barista.

(Laporan: Cindy Azari)

6 dari 6 halaman

Kini Ada Dalgona Cake, Penasaran Rasanya?

Dream - Dalgona Coffee masih bikin banyak orang penasaran untuk membuatnya sendiri. Buih kopi yang memiliki cita rasa pahit, berpadu pas dengan susu. Rupanya tren Dalgona tak selesai sampai di situ.

Kini ada lagi sajian bertema Dalgona yaitu Dalgona Cake. Pada dasarnya pembuatan Dalgona Cake sama saja dengan Dalgona Coffee, pembedanya adalah lapisan dasar yang digunakan adalah kue. Campuran bahan yang digunakan untuk melapisi kue biasanya dikenal dengan sebutan frosting.

Untuk membuat frosting yang melapisi Dalgona Cake, kamu bisa mencampurkan mentega, bubuk kopi, dan gula dengan mixer hingga mendapatkan tekstur yang halus dan lembut. Sudah pernah coba sebelumnya?

 Frosting cake© Unsplash

Mempersiapkan kopi untuk Dalgona Coffee sebenarnya bukan hal baru karena sebelumnya, praktik ini dikenal dengan nama phetoing atau mengaduk campuran kopi berulang kali hingga berbuih.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Laporan Annisa Wulan/ Sumber: Fimela

Terkait
Join Dream.co.id