Sempat Punah, Apel Ini Akhirnya Tumbuh Lagi

Culinary | Selasa, 22 September 2020 19:48
Sempat Punah, Apel Ini Akhirnya Tumbuh Lagi

Reporter : Mutia Nugraheni

Colorado Orange sebelumnya begitu populer di Colorado, Amerika Serikat karena rasanya yang manis dan segar.

Dream - Kepunahan bukan hanya terjadi binatang, tapi juga tanaman buah. Seperti yang terjadi pada buah apel varietas Colorado Orange yang sebelumnya begitu populer di Colorado, Amerika Serikat karena rasanya yang manis dan segar.

Merawat tanaman buah di Colorado bukan perkara mudah. Pasalnya, area ini memiliki udara tipis, musim dingin, kering dan penuh hama belalang. Pasangan Addie dan Jude Schuenemeyer yang sangat berdedikasi pada tanaman asli setempat awalnya mencari bibit Colorado Orange.

" Kami tahu itu adalah sesuatu yang tidak biasa. Saat itu, saya merasakan harapan," kata Addie.

Pasangan ini mendirikan Montezuma Orchard Restoration Project (MORP) setelah membeli area pembibitan pada 2001. Misi mereka membuat dan melestarikan bank genetik apel warisan Colorado dan memperkenalkan kembali varietas tersebut ke perkebunan.

 

2 dari 4 halaman

Langka dan punahnya Colorado Orange karena pertanian industri yang berakar di Amerika Serikat pada pergantian abad ke-20. Varietas apel yang saat itu diperbanyak adalah yang tak butuh waktu lama untuk menanamnya.

" Ketika Red Delicious keluar sekitar 1900, itu hanyalah apel biasa. Lalu pada 1920, menjadi apel yang dominan. Apel merah berkilau yang tumbuh cukup baik di mana pun. Meskipun kualitas kelezatannya tak setinggi Colorado. Memang, apel colorado tidak dapat tumbuh sebanyak Red Delicious," kata Jude dikutip dari CNN.

Colorado Orange© MORP

Sejak itu Colorado Orange tak banyak lagi ditanam dan dipercaya telah punah. Pencarian dimulai dengan mencari DNA bibit tanaman Colorado Orange ke seluruh negeri. Addie dan Jude pada 2017 mendatangi Fremont County, dan bertemu orang yang mengatakan kalau ada varietas Colorado Orange.

Sampel apel lalu dibandingkan dengan kajian iteratur, sampai akhirnya berbuah manis. Pohon apel Colorado Orange yang tampak kering akhirnya menghasilkan buah beberapa waktu lalu dengan rasa yang sangat manis.

3 dari 4 halaman

Tempat Terbaik Menyimpan Apel Agar Selalu Segar

Dream - Apel merupakan buah yang disukai banyak orang. Rasanya nikmat, mudah diolah menjadi jus atau salad, serta tahan lama. Untuk level ketahanannya, sangat bergantung dari cara dan tempat menyimpannya.

Selama ini banyak orang menaruh apel di wadah buah dalam suhu ruangan atau di meja makan agar lebih mudah diambil. Cara penyimpanan ini memang tak masalah, tapi buah apel akan dengan cepat kehilangan kesegarannya, yang hanya bisa bertahan 4 hingga 5 hari.

Tempat Terbaik Menyimpan Apel Agar Selalu Segar© Dream

Dikutip dari Reader Digest, tempat terbaik menyimpan apel adalah di kulkas, bisa sampai dua minggu. Terutama jika disimpan di laci dalam kulkas yang biasanya berada di bawah. Suhu yang cocok dan dapat membuat apel bertahan lama di dalam lemari pendingin adalah 31 sampai dengan 35 derajat Fahrenheit.

 

4 dari 4 halaman

Jangan menyimpan apel dengan suhu 29 derajat Fahrenheit karena akan membuat apel menjadi beku. Perlu diperhatikan, menyimpan apel tidak bisa disatukan dengan buah atau sayuran lain.

Hal tersebut karena apel memancarkan etilen, yang dapat menyebabkan buah dan sayuran lain rusak. Semakin kecil apel, dan semakin tebal kulitnya, umumnya semakin lama bisa disimpan.

Sebelum disimpan cuci dulu apel dan keringkan. Baru kemudian taruh dalam kulkas. Rasa apel juga cenderung lebih nikmat saat dimakan dalam suhu dingin.

Laporan: Ava Haprin

[crosslink_1]

Terkait
Join Dream.co.id