Selena Gomez Belajar Masak Dipandu Jarak Jauh Oleh Master Chef

Culinary | Jumat, 14 Agustus 2020 09:42
Selena Gomez Belajar Masak Dipandu Jarak Jauh Oleh Master Chef

Reporter : Mutia Nugraheni

Chef yang mengajarkannya takut rumah Selena kebakaran

Dream - Biasa memegang mic, menghafal koreografi tarian, tampil di atas panggung, kini Selena Gomez bakal berkreasi dengan ayam, ikan, gurita serta wajan sutil dan perlengkapan dapur lainnya. Mantan kekasih Justin Bieber ini rupanya membuat acara memasak.

Berbeda dari acara masak pada umumnya, Selena baal belajar belajar memasak dan dipandu oleh Master Chef ternama secara online. Acara yang dinamakan Selena + Chef, ini disiarkan di HBO Max.

Melansir laman Sioux City Journal, produsen eksekutif acara tersebut, Aaron Saidman, mengatakan program ini benar-benar tentang bagaimana Selena belajar (cara memasak) dengan prosesnya sendiri. Pihaknya tak punya produser acara kuliner yang merencanakan setiap langkah.

" Sebagai ganti, Gomez harus mengikuti arahan para juru masak profesional, seperti Antonia Lofaso, yang memberi arahan lewat tayangan live. Kadang, ia diminta membuat makanan-makanan simpel," kata Saidman.

 

2 dari 6 halaman

Akui Kesulitan

Selena bercerita kalau hidangan french omelet adalah kuliner yang sangat sulit dibuat karena biasanya ia memasak sajian tersebut dengan cara Amerika. Tak ada cara spesifik untuk melakukannya.

" Teknik memasak ini merupakan salah satu yang paling sulit untuk dipelajari," tutur Chef Lofaso.

Lofaso menambahkan, ia sempat khawatir bakal ada kebakaran saat pelantun Boyfriend ini mengombinasikan minyak zaitun dengan cumi dan udang. " Saya terus-menerus berteriak, 'Apakah kita yakin minyaknya baik-baik saja?'," ungkap Lofaso.

 

3 dari 6 halaman

Walau biasanya sangat tertutup dengan ruang pribadi, di acara ini, Gomez memperlihatkan dapur di rumah barunya. Saat membuat mocha chocolate chip cookies , Gomez mengaku tak puas dengan hasilnya.

Selena Gomez© Instagram Selena Gomez

" Saya membuatnya lagi dan rasanya jauh lebih enak," ucap penyanyi 28 tahun tersebut.

Menurut laporan The Record, acara ini bakal memperlihatkan Gomez belajar dari para master chef. Di antaranya adalah Tanya Holland, Angelo Sosa, Candice Kumai, Daniel Holzman, Jon Shook dan Vinny Dotolo, Ludo Lefebvre, Nancy Silverton, Nyesha Arrington, serta Roy Choi.

Wah, jadi penasaran bagaimana Selena 'taklukan' dapur.

Laporan Asnida/ Sumber: Liputan6.com

4 dari 6 halaman

Gerakan Melempar Saat Masak Nasi Goreng Ternyata Kunci Kenikmatan

Dream - Nasi goreng merupakan menu yang sederhana dan bisa dimasak di rumah. Sahabat Dream mungkin merasakan perbedaan antara rasa nasi goreng yang dibuat sendiri di rumah dan nasi goreng yang dibuat oleh abang nasi goreng atau Chef

Bukan hanya karena perbedaan kualitas bahan bakunya, yang membuat rasa nasi goreng enak dengan smokey flavor adalah teknik memasaknya dengan cara dilempar. Ternyata, itu bukan sekadar aksi si penjual tapi sangat penting untuk rasa nasi goreng secara keseluruhan

Gerakan melempar ini ternyata bisa membuat rasa nasi goreng lebih enak. Ada yang melemparkan bumbu ke dalam nasi, atau ada juga yang melempar nasi di atas wajan saat menggorengnya.

Dilansir dari laman Science News, gerakan memasak itu ternyata ada kaitannya dengan ilmu Fisika yang bisa mempengaruhi rasa nasi goreng. Hal itu diungkap sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Royal Society Interface. Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati video yang memperlihatkan lima koki di China sedang memasak nasi goreng.

 

5 dari 6 halaman

Gerakan Kinematika

Mereka memberi peringkat semua kemungkinan kinematika dalam tiga metrik, yaitu proporsi nasi yang dilemparkan, ketinggian terbangnya, dan perpindahan sudut nasi.

Berdasarkan pengamatan mereka, para koki melakukan gerakan yang selalu diulang selama tiga kali per detik.

Resep Kreasi Nasi Goreng Tom Yam© MEN

Gerakan tersebut adalah gerakan kinematika yang terdiri dari menggeserkan wajan dari depan ke belakang sambil diayun dan memakai bagian pinggir kompor sebagai titik tumpu wajan.

Gerakan tersebut diyakini bisa mempengaruhi rasa nasi goreng menjadi lebih lezat. Itu karena bumbu yang ada pada racikan nasi goreng bisa tercampur lebih merata. Gerakan melempar nasi dari wajan lalu ditangkap kembali dan menggoyang-goyangkan wajan akan membuat nasi goreng matang dengan suhu yang tinggi tanpa membuatnya gosong.

 

6 dari 6 halaman

Ilmu Fisika dalam Nasi Goreng

Gerakan ini juga dapat mempengaruhi tingkat kematangan nasi goreng jadi lebih merata. Namun gerakan wajan harus diulang dengan cepat. Alasannya, dalam ilmu fisika, memindahkan wajan lebih cepat bisa membuat nasi terlempar lebih tinggi.

Resep Nasi Goreng Sehat Ala Chef Marinka© MEN

Tapi ingat, gerakan melempar saat memasak nasi goreng ini cukup sulit untuk dilakukan. Jadi, tak heran kalau sampai ada koki yang mengalami cedera otot pada bagian pergelangan tangannya.

Para ilmuwan pun berharap penelitian mereka dapat menjadi solusi digunakannya robot untuk mengurangi beban para koki di industri kuliner. Secara teknis sesuai ilmu fisika untuk memasak nasi goreng dengan kecepatan tinggi saat menggerakkan wajan yang berat akan lebih efektif jika dilakukan oleh robot.

Laporan Henry/ Sumber: Liputan6

Join Dream.co.id