Selain Kurma, 3 Makanan Ini Punya Nilai Ibadah di Bulan Puasa

Culinary | Senin, 3 Mei 2021 18:12
Selain Kurma, 3 Makanan Ini Punya Nilai Ibadah di Bulan Puasa

Reporter : Dwi Ratih

Apa saja ya?

Dream - Anjuran makan kurma saat berbuka puasa bukan hal asing bagi umat Muslim. Kandungan gula pada kurma dipercaya dapat membantu mengembalikan tenaga yang sempat hilang akibat berpuasa seharian penuh.

Makan kurma saat berbuka puasa juga bagian dari mengikuti sunah seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Meski kurma menjadi satu-satunya jenis makanan berbuka puasa yang secara jelas disampaikan dalam berbagai hadis, ada tiga makanan lain yang juga disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Apa saja ya?

Labu kuning

 Ilustrasi
© Shutterstock

Labu dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Labu kaya akan kandungan air yang menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan baik. Kamu bisa sajikan labu ini dalam bentuk es buah segar.

Dijamin bisa jadi lawan dahaga kamu.

2 dari 6 halaman

Kacang-kacangan

 Ilustrasi
© Shutterstock

Sebagai camilan, ternyata kacang-kacangan mengandung kolesterol rendah dan baik untuk pencernaan. Kacang-kacangan dianjurkan menjadi menu saat buka puasa karena paduan serat dan karbohidrat kompleksnya.

Kacang-kacangan baik untuk dicerna perlahan-lahan oleh tubuh sehingga kamu tidak mudah merasa lapar selama berpuasa dan gula darah tetap stabil.

3 dari 6 halaman

Melon

 Ilustrasi
© Shutterstock

Selain rasanya yang segar dan manis, makan melon saat buka puasa ternyata juga bernilai ibadah. Melon adalah sumber serat dan air yang sangat baik, jumlahnya hingga 90 persen dari total beratnya.

Mengonsumsi melon dapat mengurangi masalah perut yang tidak nyaman selama berpuasa di siang hari, kamu juga bisa tambahkan irisan melon dalam es buah yang kamu buat guna menyegarkan tenggorokan.

Selamat mencoba!

4 dari 6 halaman

Air Nabeez Penambah Energi Saat Puasa

Dream – Di Ramadan, banyak masyarakat yang mengonsumi buah kurma karena rasanya yang enak, manis, dan dapat memberi energi lebih serta nutrisi yang baik bagi orang yang berpuasa.

Selain dikonsumsi dengan dimakan, buah kurma juga bisa kamu nikmati lewat infused water yang biasa disebut Air Nabeez.

Dengan meminum Air Nabeez tubuh dapat terasa lebih segar dan bugar sepanjang hari.

Air Nabeez merupakan air dengan rendaman kurma yang sangat mudah dibuat. Dilansir dari Sehatq, pembuatan air nabeez melalui tahapan berikut:

  • Siapkan kurma atau kismis
  • Siapkan air matang dalam wadah yang tertutup
  • Kupas kurma dan iris menjadi bagian kecil dan buang bijinya
  • Masukan irisan kurma ke dalam wadah air yang telah disiapkan
  • Diamkan selama 8 hingga 12 jam di kulkas, setelahnya air nabeez siap dikonsumsi
5 dari 6 halaman

Apa manfaat dari Air Nabeez?

Buah kurma sendiri sudah memiliki banyak manfaat, ketika diolah menjadi air nabeez, manfaatnya pun tidak berkurang sedikitpun bahkan menjadi banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama pada bulan puasa ini, berikut manfaatnya.

1. Bersifat alkali

Buah kurma adalah salah satu buah yang baik untuk sistem pencernaan salah satunya berkaitan dengan asam lambung.

Air rendaman kurma sangat berguna dalam membantu menyembuhkan asam lambung karena dapat menurunkan kadar asam lambung yang naik saat bulan puasa.

Oleh karenanya Air Nabeez disebut bersifat alkali dan dapat dikonsumsi siapapun, termasuk orang dengan penyakit maag.

2. Sumber energi

Air Nabeez disarankan dikonsumsi saat sahur sebelum puasa selama sekitar 12 jam, karena air kurma mengandung kadar gula yang cukup untuk dapat menjadi sumber energi yang sangat besar saat menjalani puasa.

Meski kadar gula pada kurma tinggi, tapi tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah atau glukosa atau biasa disebut penyakit diabetes.

6 dari 6 halaman

3. Mengatasi konstipasi

Kandungan serat dalam kurma yang dibuat menjadi Air Nabeez dapat mengatasi konstipasi atau susah BAB saat puas. Minum air ini saat sahur dan juga berbuka agar sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

4. Mencegah kanker

Untuk jangka panjang mengonsumsi Air Nabeez dapat membantu mencegah kanker dan mengurangi risiko terkena alzheimer, karena kandungannya terdapat antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Meski manis, kurma adalah buah yang tidak menyebabkan gula darah naik, bahkan mengonsumsi kurma ketika diabetes sekalipun. Hal ini terjadi karena kurma mengandung indeks glemiks yang rendah.

6. Sumber detoks

Air Nabeez menjadi salah satu minuman detoks yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, sama seperti infused water lainnya yang terbuat dari lemon, storberi atau timun.

Dengan membuat air rendaman kurma, maka nutrisi pada kurma, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein, akan keluar dan bercampur dengan air karena terjadi proses difusi osmosis yang bermanfaat bagi tubuh.

Laporan: Josephine Widya

Join Dream.co.id