Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sehatkan Tubuh, Ini Manfaat Minum Air Hangat Saat Buka Puasa

Sehatkan Tubuh, Ini Manfaat Minum Air Hangat Saat Buka Puasa Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan (Sumber:Pixabay.com)

Dream - Minum air hangat saat buka puasa ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebagai nutrisi penting, air sangat dibutuhkan oleh semua organ dan jaringan dalam tubuh kita. Bahkan dalam tubuh manusia, sebanyak 60 persennya terdiri dari air.

Selama puasa, kita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Untuk menjaga agar tetap terhidrasi selama menjalankan puasa, ada baiknya untuk rutin meminum air putih di antara jeda waktu buka puasa hingga sahur.

Saat buka puasa, tak jarang orang langsung mengonsumsi minuman dingin yang menyegarkan. Minuman manis dan dingin dianggap bisa dengan cepat menghilangkan dahaga.

Namun, tahukah Sahabat Dream, bahwa mengonsumsi air hangat saat buka puasa membawa banyak manfaat yang baik lho bagi tubuh.

Konsumsi air putih hangat saat perut dalam keadaan kosong dinilai bermanfaat bagi pencernaan. Hal ini dapat membuat pencernaan tidak 'kaget' saat mencerna makanan.

Dilansir dari liputan 6, berikut adalah beberapa manfaat minum air putih hangat saat buka puasa. Yuk simak informasinya: 

Menyehatkan Pencernaan dan Menenangkan Sistem Saraf

 7 Cara Mengatasi Sakit Perut di Pagi Hari

Sehatkan Pencernaan

Manfaat minum air hangat saat buka puasa yang pertama adalah dapat menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Air adalah pelumas alami yang membuat pencernaan terus berjalan. Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah secara efektif.

Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Sistem saraf pusat akan lebih tenang dan air dapat melumasi tubuh, merupakan manfaat minum air putih hangat saat buka puasa.  Sistem saraf yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah meradang dan menimbulkan nyeri.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Minum air hangat saat berbuka dapat mengatasi masalah ini dengan cepat.

Hidrasi Tubuh dan Cegah Sembelit

Hidrasi tubuh

Air putih, baik dingin maupun hangat bisa membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Manfaat minum air hangat saat buka puasa bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian.

Berfungsi menjaga keseimbangan dalam tubuh, air menjadi hal yang diperlukan. Membiasakan minum air secara teratur dalam keadaan perut kosong dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi.

Cegah sembelit

Manfaat minum air hangat saat buka puasa selanjutnya adalah dapat mencegah sembelit. Ketika perut kosong, minum segelas air dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat.

Minum air hangat juga bisa membantu usus berkontraksi. Sehingga bisa membuat limbah dalam pencernaan bergerak keluar dengan cepat, sehingga mengatasi sembelit.

 

Bantu Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Sirkulasi Tubuh

5 Kesalahan yang Bikin Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan

Bantu Penurunan Berat Badan

Manfaat minum air hangat saat buka puasa dapat membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat tubuh mengkompensasi suhu hangat air, ia menurunkan suhu internal, dan mengaktifkan metabolisme.

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Efek ini dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

Tingkatkan Sirkulasi Tubuh

Air panas atau hangat adalah vasodilator, yang dapat memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Ini dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Stres dan Mengurangi Racun

Turunkan Stres

Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, ia dapat menenangkan tubuh. Manfaat minum air hangat saat buka puasa dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi tingkat stres. Konsumsi segelas air hangat untuk membantu mengelola stres dan kecemasan.

Kurangi racun dalam tubuh

Air hangat juga bisa berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, ia bisa menyebabkan keringat.

Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh juga bisa keluar melalui urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak pula urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

Kembalikan Energi dan Percepat Metabolisme

Tips Merawat Kulit Ketiak Agar Tetap Sehat dan Cerah

Bantu Kembalikan Energi

Manfaat minum air hangat saat buka puasa selanjutnya adalah mampu mengembalikan energi. Selama puasa kita sering merasa letih dan lemah, dengan minum air hangat hal itu dapat diatasi. Minum air putih saat perut kosong bisa membuat tubuh langsung aktif. Akibatnya, air putih dapat merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

Percepat metabolisme tubuh

Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hampir 25 persen. Mempercepat metabolisme membantu pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Kehangatan air panas juga menciptakan uap. Mengambil napas dalam-dalam dari uap lembut ini sambil memegang secangkir air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meringankan sakit kepala akibat sinus.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Benarkah Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami?

Benarkah Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami?

Minum air putih dinilai ampuh untuk tetap menjaga dan membuat tubuh lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Air Gula Hangat bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi yang Cepat Diserap

Manfaat Air Gula Hangat bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi yang Cepat Diserap

Air gula bisa membantu asupan kalori harian bagi tubuh.

Baca Selengkapnya
Biasakan Si Kecil Pakai Dingklik Saat Buang Air di Toilet Duduk

Biasakan Si Kecil Pakai Dingklik Saat Buang Air di Toilet Duduk

Hal ini agar anak lebih mudah saat buang air besar dan lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

Buah-buahan yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung kadar air tinggi.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya
3 Dampak Bahaya Minum Teh Manis Terlalu Sering

3 Dampak Bahaya Minum Teh Manis Terlalu Sering

Selain tinggi gula, sering minum teh manis memiliki dampak buruk lain pada kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya