Sedapnya Cumi-cumi 'Raksasa' Berbalut Tepung Gurih

Culinary | Sabtu, 1 Mei 2021 12:04
Sedapnya Cumi-cumi 'Raksasa' Berbalut Tepung Gurih

Reporter :

Mau mencobanya, Sahabat Dream?

Dream - Cumi-cumi menjadi salah satu hewan laut yang merupakan sumber protein hewani. Tekstur kenyal dan bentuk yang unik menjadikan cumi-cumi, menjadi santapan yang populer di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, Sahabat Dream dapat menjumpai olahan cumi dalam berbagai rasa dan cara masak. Mulai dari digoreng tepung, saus tiram, saus asam manis, goreng mentega dan masih banyak lagi. Hewan yang memiliki tinta ini, tidak hanya lezat rasanya namun memiliki kandungan dizi dan mineral yang tinggi.

Kandungan protein, mineral, dan gizi yang ada pada cumi-cumi, membuatnya menjadi suatu hidangan yang cocok disantap saat berbuka puasa ataupun sahur. Salah satu sajian cumi-cumi yang kini tengah populer adalah yang berbalut tepung dengan beragam bumbu seperti olahan MasterSquid.

Cumi-cumi ukuran besar dibalur dengan tepung pilihan dan disajikan dalam berbagai macam bumbu yaitu, barbeque, salt & pepper, dan seaweed. Dengan menggunakan cumi yang segar, tidak amis, dan tekstur yang lembut, cemilan ini cukup disukai banyak orang.

“ Beberapa tahun lalu saya sedang travelling ke luar negeri dan sangat tertarik melihat konsep deep fried giant squid yang sedang menjadi tren di sana. Mengingat olahan cumi telah lama menjadi favorit masyarakat Indonesia, saya pikir ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Melalui percobaan sekitar 2-3 bulan dan diawali dengan mengikuti bazaar, akhirnya MasterSquid resmi beroperasi dan kini telah memiliki 20 outlet di berbagai kota di Indonesia,” kata Randy Sugiarto, pemilik MasterSquid, keterangan tertulis, 29 April 2021.

Untuk menikmati menu unggulan MasterSquid, bisa ikut ShopeePay Big Ramadan Deals yang berlangsung pada 26 April - 11 Mei 2021. Pelanggan berkesempatan mendapatkan voucher cashback hingga 100% dengan memanfaatkan fitur 'Deals Sekitarmu' yang dapat diakses melalui tombol 'ShopeePay Deals Rp1' di halaman utama aplikasi Shopee.

 

2 dari 6 halaman

Sedapnya Nasi Goreng Cumi Asin, Bikinnya Gampang!

Dream - Menu nasi goreng cenderung disukai banyak orang. Bukan hanya bisa dijadikan menu sarapan, tapi juga makan siang dan makan malam. Biasanya, nasi gorengan dibuat dengan campuran telur, ayam, sosis atau bakso.

Nah, bagaimana kalau membuat nasi goreng yang berbeda, yaitu nasi goreng cumi asin. Ada perpaduan rasa asin, gurih dan pedas. Untuk membuatnya juga sangat mudah. Lihat saja resep simpelnya.

 Sedapnya Nasi Goreng Cumi Asin, Bikinnya Gampang!
© MEN

Bahan:
- 1 porsi nasi putih dingin
- 5 ekor cumi asin, cuci bersih dan iris tipis
- 3 siung bawang putih, memarkan dan iris tipis
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 2 buah cabai merah, iris tipis
- 3 cabai rawitjika ingin pedas
- 1 sdm kecap ikan
- 1 sdt gula pasir
- daun bawang cincang secukupnya

Cara membuat:
- Tumis bawang hingga harum dan matang, masukkan cabai, daun bawang dan cumi asin. Tumis hingga sedap
- Masukkan nasi, aduk rata. Masukkan kecap ikan dan gula pasir
- Aduk rata. Masak hingga terasa sedap dan agak kering
- Sajikan nasi goreng dengan tambahan mentimun, tomat atau acar.

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela

3 dari 6 halaman

Waktu Maksimal Masak Cumi-Cumi Biar Tak Keras, Sudah Tahu?

Dream - Cumi-cumi salah satu sajian laut yang disukai banyak orang. Rasanya begitu gurih dan nikmat. Memasaknya tak boleh terlalu lama karena teksturnya akan alot atau keras.

Sementara bila terlalu sebentar aroma amisnya bisa masih tercium. Bagi Sahabat Dream yang ingin mencoba untuk memasak cumi-cumi segar, ada beberapa trik yang bisa diikuti agar hasil masakan nikmat disantap.

Apa saja yang penting dilakukan saat masak cumi-cumi?

 Kunci Memasak Cumi-Cumi Agar Tidak Alot
© MEN

1. Pilih cumi yang segar
Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah memilih cumi-cumi yang segar atau yang baru saja diambil dari laut. Cara memastikan cumi segar adalah dengan melihat warna, tekstur dan baunya. Cumi yang segar tampak putih tidak kemerahan dengan mata yang bening dan baunya tidak terlalu amis atau menyengat.

2. Cuci hingga bersih
Cara kedua adalah mencucinya hingga benar-benar bersih. Rendam air dan cuci tubuhnya hingga kesat. Tarik tulang rawannya dan buang kantung tintanya jika tidak ingin ikut dimasak. Usahkan jangan sampai kantung tinta pecah karena itu yang menyebabkan amis. Kelupas juga kulit terluarnya yang amis.

 

4 dari 6 halaman

3. Beri bahan penghilang bau
Setelah dicuci bersih, lumuri cumi dengan bahan-bahan penghilang bau. Bisa menggunakan jeruk nipis, parutan jahe, cuka, asam jawa atau lemon. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas bersih, dipotong-potong dan dimasak.

4. Masak tak lebih dari 3 menit
Jangan memasak cumi dalam waktu lama karena akan membuat dagingnya alot atau keras dan liat. Cukup masak cumi kurang dari 3 menit, baik dengan cara ditumis, rebus atau goreng. Jika sudah terlanjut dimasak lebih dari 3 menit, teruskan hingga 30 menit agar daging cumi kembali empuk.

5. Rebus dulu
Jika ingin menghilangkan bau amisnya, rebus dulu cumi untuk mengeluarkan bau amis dagingnya. Caranya, rebus air dan rebus cumi selama 1 menit dengan daun salam atau lengkuas, kemudian tiriskan, potong-potong dan olah sesuai selera. Pastikan juga memasaknya untuk kedua kali tidak terlalu lama agar tidak alot.


Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela

5 dari 6 halaman

Resep Sambal Cumi Petai, Pedasnya Mantap!

Dream - Nasi panas dengan lauk bercita rasa asin dan pedas, selalu bisa menghangatkan suasana. Terutama saat menghabiskan waktu di rumah saja. Makanan nikmat jadi hiburan utama.

Bagaimana kalau Sahabat Dream membuat sambal cumi petai. Tak terlalu sulit. Ikuti saja resep mudahnya berikut.

 Resep Sambal Cumi Petai, Pedasnya Mantap!
© MEN

Bahan:
- 150 gr baby cumi
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 5 buah cabai keriting
- 8 buah cabai rawit
- 1 sdt gula merah
- 1 sdt kaldu ayam
- Garam dan penyedap rasa secukupnya
- 1 sdt gula pasir
- 1 renteng petai (kupas dan belah menjadi 2)

 

6 dari 6 halaman

Cara membuat:

 Cumi pete
© Shutterstock

- Cuci bersih baby cumi, dapat juga menggunakan baby cumi asin
- Rendam dengan air selama 30 menit. Cuci dengan air mengalir dan beri perasan jeruk nipis
- Untuk membuat sambalnya, tumis terlebih dahulu, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai keriting
- Haluskan bumbu yang telah digoreng dengan diblender atau ditumbuk
- Tumis kembali sambal, masukkan gula, garam, penyedap rasa, dan gula merah
- Kemudian masukkan baby cumi yang telah dicuci bersih berserta petai.
- Tumis dengan api kecil dan koreksi rasa
- Sambal baby cumi petai siap disajikan

Laporan Gayuh Tri/ Sumber: Fimela

Terkait
Join Dream.co.id