Sajian Menu Makanan Mewah dari Serangga, Mau Coba?

Culinary | Kamis, 22 Agustus 2019 06:12
Sajian Menu Makanan Mewah dari Serangga, Mau Coba?

Reporter :

Menu ala gourmet ini berupa pasta dan polenta yang terbuat dari serangga jenis hermetia illucen.

Dream - Makan malam identik dengan makanan mewah. Biasanya menu makanan terbuat dari bahan pilihan seperti dagi sapi premium, seafood berkualitas tinggi atau bahan-bahan organik yang diolah secara khusus.

Kini, ada satu lagi bahan makanan yang dipercaya bakal 'naik kelas', yaitu serangga. Gourmet Grubb, sebuah restoran di Cape Town, Afrika Selatan sebelumnya membuat heboh karena membuat es krim dari serangga.

Restoran tersebut kembali mencuri perhatian dengan membuat hidangan mewah dari serangga yang mereka sebut The Insect Experience. Menu ala gourmet ini berupa pasta dan polenta yang terbuat dari serangga jenis hermetia illucens.

2 dari 6 halaman

Ada Ribuan Jenis Serangga yang Bisa Dimakan

" Kami ingin mencoba dan menciptakan alternatif protein yang layak, berkelanjutan dan etis. Harapannya dapat membuat perubahan yang cukup positif di masa depan," kata Leah Bessa, ilmuwan makanan yang mengembangkan menu The Insect Experience.

 Tujuh Kali Perang, Rasul Konsumsi Daging Belalang

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, ada lebih dari 1.900 spesies serangga yang dapat dimakan di seluruh dunia. Serangga yang dapat dimakan sangat sehat. Mengandung protein tinggi, serta asam amino yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Serangga juga kaya zat besi dan seng, serat, dan lemak yang sehat.

3 dari 6 halaman

Makanan berkelanjutan

Dengan kata lain, serangga yang dapat dimakan memiliki potensi tinggi sebagai sumber makanan yang berkelanjutan. " Serangga sangat kurang dimanfaatkan atau tidak terlalu dipahami dengan baik, jadi kami benar-benar ingin mencoba dan menyoroti potensinya, " kata Bessa.

 Polenta serangga

Chef Mario Barnard ada di belakang hidangan seperti Polenta di Gourmet Grubb. Berupa kentang goreng yang dibuat dari campuran tepung. Tepung tersebut diolah dari cacing macope yang dicampur dengan garam.

" Kami mencoba membuatnya secara visual menyenangkan bagi semua orang untuk hanya memperkenalkannya," kata Barnard.

4 dari 6 halaman

Pasta serangga

Ada juga pasta hijau yang terbuat dari tepung olahan serangga. Dimasak layaknya hidangan mewah dengan platting menawan. Sangat menarik dan bikin banyak orang penasaran. Tak disangka sambutan masyarakat sangat positif.

 Pasta serangga

Banyak yang datang ke restoran untuk mencicipi hidangan The Insect Experience. Sahabat Dream, penasaran?

Sumber: CNN

5 dari 6 halaman

Kedai Ini Jual Es Krim Serangga

Dream - Alternatif sumber pangan kini sudah mulai banyak dilirik. Salah satunya adalah serangga, yang sebenarnya mengandung protein tinggi seperti ayam atau daging.

Seperti yang dilakukan oleh Gourmet Grubb, sebuah kedai es krim di Cape Town, Afrika Selatan. Kedai ini menyediakan es krim bebas laktosa yang terbuat dari entomilk, yaitu susu dari serangga.

 Es krim serangga

Produknya memang belum dipasarkan secara luas tapi baru saja dipamerkan di acara Emerging Creatives, pameran terobosan produk makanan baru di Afsel, beberapa waktu lalu.

6 dari 6 halaman

Dari Larva Lalat

Disediakan tiga es krim yang terbuat dari serangga, yaitu rasa cokelat, kacang dan chai. Es krim tersebut menurut sang pembuat berasal dari larva lalat hitam.

Larva tersebut mengandung protein tinggi yang juga sangat kaya akan mineral seperti zat besi, zinc, dan kalsium.

Rasanya, seperti dikutip dari Coolhunting, tekstur sangat mirip dengan es krim biasa. Untuk rasanya pun tak jauh berbeda.

Tak ada rasa yang aneh pada es krim. Banyak pengunjung yang mencicipinya dulu dan baru tahu kalau es krim tersebut dari serangga.

 Es krim serangga

Mereka pun kaget dengan rasanya karena tidak terasa kalau es krim tersebut dari serangga. Sahabat Dream, ingin mencicipinya?

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id