Sajian Bubur Asyura, Tradisi 10 Muharram yang Penuh Berkah

Culinary | Rabu, 10 Agustus 2022 10:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Bubur yang dimasak setiap setahun sekali ini dibuat dengan sekitar 44 macam bahan campuran.

Dream - Tahun baru Muharram bagi umat Muslim selalu diperingati secara istimewa dan penuh kehangatan. Biasanya masyarakat menggelar pengajian, anak-anak melakukan pawai obor dan juga menyantap hidangan bersama.

Di bulan Muharram juga, pada tanggal 10 merupakan peringatan hari Asyura dan disunahkan untuk berpuasa. Pada beberapa daerah, tanggal-tanggal tertentu di bulan Muharram juga jadi sebuah ajang silahturahmi dengan memasak dan menyantap hidangan bersama.

Seperti di Desa Stabat Lama Barat, Dusun Pantai Luas, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat. Pada hari Asyura mereka akan memasak bubur dalam porsi besar untuk kemudian disantap bersama.

Bubur tersebut dikenal dengan nama bubur Asyura. Bubur yang dimasak setiap setahun sekali ini dibuat dengan sekitar 44 macam bahan campuran. Antara lain ubi kayu, kentang, santan, ikan teri, ikan asin, daging ayam dan ramuan rempah-rempah lainnya.

Sajian Bubur Asyura, Tradisi 10 Muharram yang Penuh Berkah
Bubur Asyura/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Untuk proses pemasakannya sendiri, biasanya dilakukan sepanjang hari. Mulai dari pagi hingga matahari terbenam. Bubur Asyura selalu dimasak dengan cara gotong royong oleh warga desa setempat yang mempunyai waktu untuk membantu dalam proses pembuatan bubur ini.

 Bubur Asyura© Shutterstock

Semua warga yang ingin membantu untuk pembuatan Bubur Asyura diperbolehkan datang tanpa di tentukan atau dibatasi orangnya. Setelah bubur Asyura selesai dimasak, bubur ini akan didoakan lebih dulu oleh seorang ustaz sebelum dikonsumsi.

Tradisi memasak bubur Asyura setiap tanggal 10 Muharram memang masih terus dipertahankan di berbagai daerah di Indonesia. Momen ini menjadi semakin spesial, selain dimasak secara bergotong-royong. Juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan mengharapkan keberkahan dari Allah SWT.

Sumber: Merdeka.com

3 dari 5 halaman

Bubur Goreng Jadi 'Sekte Baru', Ternyata Begini Cara Buatnya

Dream - Menu bubur ayam termasuk favorit banyak orang dan memiliki penggemar fanatik. Biasanya, penggemar ini terbagi dua yang tim diaduk dan tidak diaduk. Sahabat Dream lebih suka yang mana?

Jika sebelumnya penggemar bubur " terbelah" dua, kini ada sekte baru yaitu bubur goreng. Mungkin Sahabat Dream penasaran bagaimana bubur goreng dibuat. Akun Instagram @jktfoodseeker mengunggah video pembuatan bubur goreng Bang Juna.

 Bubur Goreng Jadi 'Sekte Baru', Ternyata Begini Cara Buatnya© MEN

Kedai bubur ayam ini berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Untuk membuatnya ternyata mirip seperti membuat nasi goreng. Awalnya, telor digoreng dengan bumbu diaduk kemudian dimasukkan sayuran dan ayam.

 Bubur goreng© Instagram @jktfoodseeker

Setelah itu, bubur polos dimasukkan dan dituang kecap. Proses memasaknya hanya sebentar. Setelah itu, bubur ditaruh di piring, ditaburi kacang, kerupuk dan sambal.

4 dari 5 halaman

Biar lebih sedap juga bisa ditambah sate ati, ampela atau usus. Berikut videonya.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh JKTFoodSeeker (@jktfoodseeker)

Sahabat Dream sudah pernah mencoba bubur goreng ini?

5 dari 5 halaman

Template manis sedap Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Join Dream.co.id