Saat Telur Asin Jadi Bahan Langka, Simak Cerita Chef Yuda

Culinary | Minggu, 15 September 2019 06:02
Saat Telur Asin Jadi Bahan Langka, Simak Cerita Chef Yuda

Reporter : Cynthia Amanda Male

Beberapa orang sampai mengantonginya secara diam-diam.

Dream - Saat traveling ke luar negeri mungkin Sahabat Dream akan sangat rindu dengan masakan Indonesia yang sangat kaya akan rempah. Mencari restoran atau tempat makan yag menyajikan masakan Tanah Air pun cenderung sulit.

Tidak adanya bahan masakan khas Indonesia di luar negeri membuat masakan lokal kurang mendunia. Padahal masakan dari negara Asia seperti Thailand, China atau Vietnam cukup terkenal dan diminati. Seperti pengalaman Chef Yuda Bustara.

" Hal yang paling susah seperti KBRI minta 'Mas Yuda, tolong masakin sambal terasi atau jengkol'. Masalahnya di setiap negara nggak ada jengkol, jadi gue harus bawa sendiri dengan bagasi gue. Jadi challenge-nya gimana bawa jengkol dan terasi lewat imigrasi," kata Chef Yuda dalam acara Press Conference Endeus Festival di Le Meridien, Jakarta Selatan.

2 dari 6 halaman

Cerita Telur Asin

 cara membuat telur asin

Meskipun toko bahan masakan Asia telah menjamur, tapi beberapa bahan khas Indonesia masih sulit ditemukan. Bahkan karena tak pernah dikenal secara internasional, banyak orang asing yang mencoba membawa pulang makanan khas Indonesia.

" Misalnya pete susah dicari di India, telor asin juga. Kan gue masak rawon, orang bule nggak tahu telur asin jadi dimakan kayak telor rebus. Karena nggak ada di negara mereka, banyak orang diam-diam ambil dimasukkin ke kantung karena unik," katanya.

3 dari 6 halaman

Pakai Bumbu Thailand

Jika harus memasak di luar negeri dan ada bahan yang tak bisa didapat, Chef Yuda biasa menyiasatinya dengan berbelanja ke toko bahan masakan Thailand. Hasil masakan tentunya memang akan sedikit berbeda. Teknik dan alat masak pun juga jadi tantangan saat memasak masakan Indonesia di luar negeri.

 Bawang Putih dan Kunyit

" Bisa disubtitusi dengan bumbu Thailand kayak santan, coriander, lemon grass atau jahe yang kualitasnya lebih baik. Dari teknik memasaknya nggak sulit juga karena masakan Indonesia hanya butuh api dan tungku. Di luar kan peralatannya udah canggih," ungkap Yuda.

4 dari 6 halaman

Hindari 3 Kesalahan Saat Membumbui Masakan

Dream - Sudah membuat masakan favorit keluarga, tetapi hasilnya malah mengecewakan. Rasa masakan tak seperti biasa. Ada yang kurang atau malah rasanya menjadi sangat aneh.

Dalam memasak, insiden salah perhitungan takaran bumbu memang kerap terjadi. Ada yang kurang atau berlebihan sedikit saja, bisa mengubah rasa dan aroma keseluruhan masakan.

Rasa yang diinginkan malah tak didapatkan. Nah, coba hindari tiga kesalahan ini dan konsisten dalam memberi takaran bumbu.

 Hindari 3 Kesalahan Saat Membumbui Masakan

1. Tidak memberi garam sama sekali

Garam jadi komponen super penting dalam masakan. Efek memberi garam pada masakan bisa membuat daging menjadi lebih empuk, sayuran menjadi lebih nikmat serta masakan jadi lebih terasa.

Dengan takaran yang pas, tidak berlebihan, justru akan mengeluarkan rasa asli masakan. Jadi, tak perlu takut memberi garam.

5 dari 6 halaman

2. Selalu menggunakan lada hitam

 Lada Hitam Tak Hanya Lezat Tetapi Membuat Sehat

Lada hitam memang memiliki rasa yang tajam. Sifat rasanya, meningkatkan kemampuan kita untuk mencicipi makanan, menstimulasi kelenjar air liur sehingga kita mengalami rasa lebih lengkap. Namun, tidak perlu menggunakannya dalam segala hal masakan seperti garam.

Sifat lada hitam tidak seperti garam yang akan melebur dengan masakan. Bumbu ini akan menonjol dengan rasa khasnya. Membumbui segala masakan dengan lada hitam akan membuatnya malah terasa membosankan.

6 dari 6 halaman

3. Menggunakan rempah lama

 Tempat Terbaik Menyimpan Rempah Masakan

Umur rempah juga sangat mempengaruhi rasa. Ingat kembali kapan Sahabat Dream memperbarui rempah di dapur. Jika sudah lebih dari 6 bulan hingga setahun sebaiknya ganti dengan yang baru. Kesegaran rempah yang baru digiling akan sangat kualitas rasa masakan.

(ism, Sumber: Self.com)

Terkait
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id