Rasakan Kesegaran Teh Kocok Khas Taiwan

Culinary | Sabtu, 7 Desember 2019 06:03
Rasakan Kesegaran Teh Kocok Khas Taiwan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Teh dipadukan dengan buah segar dan tak perlu pemanis lagi.

Dream - Bagi Sahabat Dream penyuka minuman manis dan segar, pastinya penasaran mencicipi sajian minuman baru. Dari Taiwan, ada minuman lain yang tak kalah nikmat dengan boba yaitu shaken tea.

Popularitasnya memang belum seperti boba, tapi tak ada salahnya untuk dicoba. Teh kocok Taiwan rasanya manis dan segar, biasanya disajikan dengan markisa, apel, mangga, semangka atau jeruk.

Merupakan perpaduan teh khas Taiwan yang tawar dengan berbagai rasa buah. Teh tersebut lalu dikocok dengan es dan disajikan dengan tambahan beberapa taburan atau potongan buah.

 Shaken Tea

Ingin mencicipinya? Sebuah kedai teh kocok baru dibuka di mal Neo Soho, Jakarta Barat, bernama Super Furry. Ada banyak varian yang bisa dinikmati, seperti Royal Grape Tea, Watermelon Tea atau Grapefruit Fruit Tea.

Ada juga yang dibuat dari Oolong Tea, yang merupakan teh berkualitas tinggi. Teh dipadukan dengan buah segar dan tak perlu pemanis lagi

" Dengan campuran tersebut, Four Seasons Oolong Tea tidak mengandung fruktosa atau pemanis buatan. Jadi, lebih sehat," kata pendiri Super Furry, Rosita Ngadiman di Neo Soho, Jakarta Barat, beberapa hari lalu.

Jika menikmati shaken tea, cobalah sambil menyantap toast atau roti panggang. Di Super Furry ada berbagai macam roti yang bisa dinikmati, seperti Garlic Cheese Toast, Beef Bolognese, Potato Toast serta Okonomiyaki. Harga makanan dan minumannya berkisar Rp18 ribu hingga Rp42 ribu.

2 dari 6 halaman

Cerita Pilu dari Minuman Manis Laksamana Mengamuk

Dream - Tiap daerah di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri dalam hal makanan dan minuman daerah. Seperti daerah Riau, tepatnya di Pulau Penyengat, yang punya minuman khas bernama Laksamana Mengamuk.

 Cerita Pilu dari Minuman Manis Laksamana Mengamuk

Minuman ini selalu membuat wisatawan yang berkunjung ke Pulau Penyengat bertanya-tanya soal asal namanya. Ternyata, sejak dahulu terdapat sebuah cerita yang berkembang di masyarakat setempat soal minuman Laksamana Mengamuk.

Nurfatilla, selaku pemandu wisata kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pulau Penyengat menyampaikan kisah di balik minuman berbahan dasar kuweni, salah satu jenis mangga.

" Ada seorang laksamana yang punya kebun kuweni. Ceritanya penjaga kebun laksamana ini membawa lari istri si laksamana," kata Nurfatilla saat ditemui di Pulau Penyengat, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Insiden istri yang dibawa lari sontak membuat sang laksamana berang. " Laksamananya marah, ditebangnya semua pohon kuweni," tambah Tilla, begitu ia akrab disapa.

 

3 dari 6 halaman

Mangga Kuweni yang Ditebang Berserakan

Setelah semua pohon kuweni ditebang akibat kemarahan sang laksamana, masyarakat setempat kebingungan akan dibuat apa banyaknya kuweni tersebut.

" Dibuatlah minuman yang dicaampurkan gula pasir dan santan jadilah orang-orang sebutnya Laksamana Mengamuk karena cerita tadi," lanjut Tilla.

 

4 dari 6 halaman

Bikin Sendiri Laksamana Mengamuk di Rumah

Ingin mencicipinya tapi tak bisa ke Riau? Bisa langsung membuatnya sendiri di rumah karena mudah.

 Es Laksamana Mengamuk

" Bahan-bahannya gula pasir, santan, dan kuweni," ungkap Tilla.

Caranya santan terlebih dahulu dimasak hingga mendidih. Baru setelah itu masukka ngula pasir.

" Saat sudah agak dingin baru masukkan kuweni," tambahnya.

Hal yang sulit adalah mencari mangga kuweni, karena biasanya harus menunggu musimnya. Bisa diganti mangga jenis lain tapi rasanya akan berbeda.


Laporan Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

5 dari 6 halaman

Air Tajin Naik Kelas Jadi Minuman Kafe

Dream - Air tajin oleh orang dulu kerap dijadikan minuman pengganti susu. Mereka yang tak mampu membeli susu, mengolah air beras yang berwarna putih untuk dijadikan sebagai minuman bagi anak-anak.

Menurut kepercayaan, kandungan gizinya cukup tinggi. Air tajin ini didapatkan dari didihan air sesaat sebelum nasi matang.

 Air Tajin Naik Kelas Jadi Minuman Kafe

Siapa sangka kalau olahan air beras ini kini justru jadi sajian minuman kafe. 

Salah satu Kafe di kawasan Kota Tua Jakarta, menjadikan air tajin sebagai minuman favorit yang kekinian. Kafe tersebut bernama Kafe Historia Jakarta yang berlokasi tepat di sebelah Museum Sejarah Jakarta.

Kafe yang berdiri sejak 2014 itu menawarkan air tajin dalam menu andalan mereka. Minuman ini diolah dari beras yang telah diendapkan semalam lalu dimasak dan diambil sari-sarinya.

" Biasanya satu liter beras untuk lima porsi. Rasanya agak manis karena ada tambahan kayu manis dan juga sirup gula yang membuatnya berbeda," ujar Abdul Rohim, Manajer Kafe Historia, pada Liputan6.com.

6 dari 6 halaman

Minuman Khas

Minuman air tajin menjadi menu andalan dan ciri khas tersendiri dari kafe bergaya klasik kontemporer ini. Selain untuk mempopulerkan kepada masyarakat luas, minuman yang satu ini sudah ada sejak kafe ini berdiri.

" Ingin melestarikan minuman jadul dan mengenalkannya kepada generasi muda, khususnya karena minuman ini sudah jarang dibuat oleh masyarakat," ujar Abdul.

Sahabat Dream bisa mencoba minuman air tajin dengan harga terjangkau, hanya Rp29 ribu per gelas.

 Kafe Historia

Selain air tajin, ada pula menu andalan lainnya seperti sayur babanci, yakni makanan khas Betawi yang biasanya ditemui saat acara perayaan seperti acara keagamaan, lebaran, dan juga lamaran.

 

Terkait
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir
Join Dream.co.id