Rasa Sate, Soto dan Nasi Goreng 'Dikulik', Apa Jadinya?

Culinary | Jumat, 22 November 2019 19:13
Rasa Sate, Soto dan Nasi Goreng 'Dikulik', Apa Jadinya?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Para Chef dari berbagai daerah di Indonesia, berkompetisi untuk menyajikan menu klasik Indonesia, dengan rasa yang lebih kaya.

Dream - Ada beragam cara untuk membuat kuliner nusantara lebih menarik dan tak membosankan. Salah satunya dengan mengembangkan varian baru, seperti yang dilakukan oleh Unilever Food Solutions melalui kompetisi ‘Ngulik Rasa’.

Para Chef dari berbagai daerah di Indonesia, berkompetisi untuk menyajikan menu klasik Indonesia, yaitu Soto, Sate dan Nasi Goreng jadi sajian yang berbeda dan tentunya nikmat. Kompetisi ini dinilai oleh sederet juri profesional di bidang kuliner.

Seperti Gemita Pasaribu, Country Marketing Manager Unilever Food Solutions Indonesia; Gungun Chandra Handayana, Executive Chef Unilever Food Solutions Indonesia; Chef Bambang Nurianto, Ketua Perkumpulan Chef Profesional Indonesia; serta Chef Yuda Bustara. Hasilnya, ada tiga pemenang yang berasal dari berbagai daerah.

" Ngulik rasa merupakan sebuah kompetisi unik, yang kami ciptakan sebagai wadah bagi para chef dan pebisnis kuliner untuk berkreasi menciptakan fusion food untuk memberi warna baru dalam industri kuliner Indonesia," kata Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions, di Jakarta, Kamis 21 November kemarin di Jakarta.

 

2 dari 6 halaman

Intip Menu Uniknya

Penasaran seperti apa menunya? Ada Eka dari Lamongan, Jawa Timur yang membuat Soto Seafood Lamongan Koya Telur Asin. Soto hasil kreasi Eka adalah soto khas lamongan dengan kuah bahan dasar kunyit yang berisikan berbagai seafood segar dengan taburan bubuk koya telur asin yang diolah dari Knorr Golden Salted Egg Powder.

 Unilever Food

Ada juga menu Sate Kanak yang dibuat oleh Fabian Budi Seputro dari Sate Ratu Sleman Yogyakarta. Sate Kanak yang menjadi kreasinya merupakan potongan paha ayam yang besar, dibalut dengan bumbu khas Sate Ratu yang diperkaya dengan gula jawa, kecap manis dan aroma jeruk limau.

Untuk menu nasi goreng dikembangkan dengan sangat apik oleh Gozali dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Nasi dimasak dengan telur kepiting dan disajikandengan olahan kulit cempedak dan kepiting manggar telur asin. Nasi goreng ini juga dimasak menggunakan Knorr Golden.

Duh, jadi penasaran mencicipinya.

3 dari 6 halaman

Nasi Goreng Tak Terlalu Berminyak, Coba 4 Trik Ini

Dream - Nasi goreng boleh dibilang salah satu menu favorit orang Indonesia. Tak hanya orang Indonesia, menu dengan bahan utama nasi ini juga terkenal di kalangan turis bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Sajian ini termasuk menu yang cukup mudah dimasak. Kerap ada di menu hotel bintang lima hingga kaki lima.

Kualitas rasanya juga beragam dan sangat bergantung dari teknik memasaknya. Nasi goreng yang enak adalah yang takaran bumbunya pas, teksturnya tak terlalu lembek dan tentunya tak banyak minyak.

Makan nasi goreng yang banyak minyak tentunya sangat tidak enak. Nah, ada trik memasak nasi goreng nikmat meski tanpa banyak minyak.

4 dari 6 halaman

Wajan Tebal

Wajan dari besi yang tebal bisa membuat nasi goreng matang merata. Nasi goreng yang dimasak pun tidak akan mudah menggumpal.

 Resep Kreasi Nasi Goreng Tom Yam

Minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan kita membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

5 dari 6 halaman

Tambahkan Bahan yang Teksturnya Kering

Jika akan menggunakan sayuran, pastikan sudah benar-benar tiris. Daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak.

 Resep Nasi Goreng Sehat Ala Chef Marinka

Bila menggunakan telur, kita bisa memasukkan telur setelah bumbu ditumis agar serapan minyaknya bisa lebih sempurna.

6 dari 6 halaman

Gunakan Api Besar

Bila melihat abang-abang penjual nasi goreng keliling, kita sering menjumpai proses memasak nasi goreng dengan api besar.

 Diracik 150 Koki, Nasi Goreng Bakal Manjakan Lidah Raja Salman

Nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat kita menggunakan api yang cenderung besar. Tapi bila kita khawatir nasi akan cepat gosong, kita bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng.

Kita bisa mengganti minyak sayur dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Penggunaan mentega bisa membantu mencegah nasi goreng agar tidak terlalu berminyak.

Hanya mungkin rasanya memang akan jadi lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id