Ramen yang Berpendar dalam Gelap Bikin Orang Penasaran

Culinary | Rabu, 31 Juli 2019 08:50
Ramen yang Berpendar dalam Gelap Bikin Orang Penasaran

Reporter : Mutia Nugraheni

Restoran unik ini diinisiasi oleh Ami Sueki, seorang desainer industrial.

Dream - Ramen terkenal sebagai masakan 'sakral' masyarakat Jepang. Dibutuhkan keahlian khusus untuk mengolahnya.

Mulai dari memilih bahan berkualitas, membuat sendiri mi dengan tekstur yang pas, kaldu serta irisan ayam, telur serta sayuran segar di atasnya.

Sajian ini rupanya dikemas secara teatrikal oleh restoran Nakamura atau Mobile Kitchen. Sebuah restoran pop-up yang keliling berbagai negara. Restoran unik ini diinisiasi oleh Ami Sueki, seorang desainer industrial.

2 dari 7 halaman

Roh dan Ramen

Pada Juli 2019 ini, Nakamura sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Menu andalannya adalah ramen yang bisa berpendar dalam gelap. Pengunjung akan merasakan sensasi makan yang berbeda.

 Nakamura Ramen© Nakamura

Bukan hanya sekadar membuat perut kenyang, tapi juga bermain-main dengan suasana teater dalam restoran. Sebelum ramen disajikan terlebih dulu terdapat drama mistis ala Jepang yang dimainkan oleh aktor. Berkisah tentang roh dan ramen.

3 dari 7 halaman

Toko Ramen 'Menakutkan'

Cerita tersebut akan membawa pengunjung ke sebuah toko ramen yang menyeramkan. Hanya menyajikan ramen berwarna neon yang berpendar dalam gelap. Tak seperti kuah ramen pada umumnya yang berwarna keruh, kuahnya berwarna kuning.

 Nakamura Ramen© Nakamura

Warna mi biru menyala. Sangat unik. Pengunjung akan makan dalam suasana gelap.

Restoran yang unik, bukan? Ami Sueki berkolaborasi dengan Courtney Hammond dari Dashboard, sebuah agensi kreatif untuk membuat Nakamura.

4 dari 7 halaman

Terobosan

Membuat makanan bercahaya ternyata bukan perkara mudah. Tim dari Nakamura menggunakan kina untuk mengolah mi dan kuah ramen.

 Ramen© Nakamura

Bahan tersebut sangat responsif terhadap cahaya hitam dan aman dikonsumsi.Saat ruangan gelap, ramen dan minuman yang disajikan pun bakal berpendar.

Penasaran ingin makan di Nakamura, Sahabat Dream?

Sumber: La Mag

5 dari 7 halaman

Cara Makan Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang

Dream - Mie ramen, makanan asal Jepang kini mulai mendunia. Jenis mie ini terbuat dari telur dan gandum yang dikeringkan.

Ramen harus langsung dikonsumsi setelah direbus agar tidak mengembang. Di Jepang, ramen banyak digunakan untuk isi sup serta hidangan utama lain.

Meski sudah cukup terkenal ternyata masih banyak penggemar mie ramel yang melakukan kesalahan saat menyantap menu yang sata ini. Bahkan ada juga yang tidak tahu cara makan mie ramen yang benar.

 Kedai Ramen Halal di Jakarta yang Terkenal Kenikmatannya© MEN


Nah, untuk memperingati National Ramen Day, pakar kuliner Jepang dari Inggris, Bonnie Chung, membagikan tips unik makan mie ramen.

Bonnie ingin menjelaskan cara makan mie ramen yang benar sesuai dengan tradisi yang ada di Negeri Sakura.

" Mie adalah simbol kehidupan dalam budaya Jepang dan memakannya dianggap sebagai pengalaman yang sangat istimewa yang harus disyukuri dan dinikmati," kata Bonnie.

6 dari 7 halaman

Begini Makan Mi Ramen Yang Benar

Bonnie mengatakan hanya tujuh persen orang Inggris yang menyeruput mie mereka. Sebagian besar masyarakat tak mau melakukannya karena dianggap tidak sopan.

Tetapi, kata Bonnie, justru inilah cara mengonsumsi mie ramen secara tradisional yang benar.

 'Ramen Vulkanik', Kuliner Unik Khas Jepang© MEN


" Saat makan ramen, ambil mangkuk dengan tangan dan mulai mencium aroma kaldunya. Kemudian dengan menggunakan sumpit, ambil segumpal mie dan tarik dari kuahnya," ujar Bonnie.

Setelah itu, majukan mulut dan masukkan mie sambil diseruput. Semakin berbunyi, semakin baik.

Bonnie melihat masih banyak pengunjung restoran Jepang yang tidak menggunakan sumpit saat makan mie ramen.

" Sekira 13 persen orang menggunakan sumpit dengan benar, sedangkan 59 persen lainnya makan mie ramen dengan alat makan Barat," katanya.

7 dari 7 halaman

Kesalahan Saat Menyiapkan Mie Ramen

 Ramen© Foto: Shutterstock

Tidak hanya cara mengonsumsi, metode menyiapkan atau memasaknya pun kadang masih banyak yang salah.

" Mie lembek, lengket, dan berlendir sebaiknya dihindari saat memasak makanan seperti ramen," kata pemilik merek masakan Jepang Miso Tasty ini.

Seperti pasta, mie ramen harus selalu lunak tapi masih kenyal saat digigit atau 'shikoshiko' dalam istilah Bahasa Jepang.

Tapi tidak seperti pasta, jangan ambil mie ramen langsung dari wajan dan menaruhnya di mangkuk. Tapi segera membilasnya dengan air untuk menghilangkan pati, yang menciptakan tekstur lengket.

Setelah itu, taruh mie ramen dalam air es sambil menyiapkan bahan lainnya. Meskipun kedengarannya aneh, menaruh mie ramen di dalam air es akan mencegahnya dari terlalu matang dan lembek.

" Nah, tepat sebelum menyiapkan mie ramen untuk disajikan, cukup panaskan kembali selama 10 detik dalam air mendidih," jelas Bonnie.

Bonnie mengatakan masih banyak yang menganggap mie ramen instan sama saja dengan yang tradisional. Padahal proses menyiapkannya sudah jauh berbeda.

" Karena itu banyak orang Inggris yang menganggap mie ramen adalah makanan cepat saji. Apalagi dengan banyaknya mie instan yang beredar di pasaran," pungkas Bonnie.(Sah)

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id