Rahasia Pancake Legit dan Hangat Saat Disajikan

Culinary | Senin, 18 Oktober 2021 19:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Cari tahu cara menghangatkan pancake dengan benar.

Dream - Pancake termasuk sajian yang disukai segala umur. Sangat mudah dibuat dan bisa disantap baik untuk sarapan atau hidangan sore hari. Memiliki perpaduan rasa manis dan gurih dan toppingnya bisa disesuaikan dengan selera.

Bisa disiram cokelat, madu, lelehan mentega atau mungkin saus pasta jika ingin pancake dengan citarasa gurih. Bagi Sahabat Dream yang suka menyantap dan membuat pancake sendiri di rumah pasti menginginkan hasil yang legit dan menyantapnya dalam keadaan hangat.

Untuk membuat pancake bertekstur lembut, legit dan menjaganya tetap hangat, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

 Pancake© Shutterstock

Mulailah dengan Bahan-Bahan Segar
Sama seperti hidangan lainnya, bahan-bahan segar merupakan faktor penting dalam menghasilkan pancake yang lezat. Pastikan telur dan susu masih segar. Termasuk ragi, terigu, dan baking powder. Trik untuk memastikan bahan segar atau tidak, taruh baking powder ke dalam mangkuk kecil berisi air hangat. Jika kombinasi mulai menggelembung, maka masih bagus untuk digunakan.

 

Rahasia Pancake Legit dan Hangat Saat Disajikan
Pancake/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Bentuk dan Ukuran yang sama

Salah satu aspek tersulit dalam membuat pancake adalah menciptakan lingkaran yang konsisten. Sebaiknya gunakan sendok es krim untuk mengukur adonan dan letakkan di atas wajan panas. Ini memungkinkan jumlah yang proporsional dengan hati-hati dan mudah untuk membuat putaran.

Jangan Tekan adonan
Saat membuat pancake, mungkin tergoda untuk menekan adona menggunakan spatula. Muncul suara desis yang memang seru. Ternyata hal ini malah menghilangkan kantong udara alami, yang penting untuk menghasilkan panekuk yang ringan dan lapang.

 Pancake Lembut dan Selalu Hangat, Bikin Segera!© MEN

Pancake Tetap Hangat
Memasukkannya ke dalam microwave, bukan metode terbaik. Sebagai gantinya, jaga agar panekuk tetap hangat dengan meletakkannya di atas loyang atau piring yang aman untuk oven, lalu panggang sebentar. nyajikannya. Pastikan tidak meninggalkannya di dalam oven terlalu lama, sehingga masih terasa hangat disantap.

Sumber: Martha Stewart

3 dari 5 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 5 halaman

Kunci Membuat Adonan Pancake Bertekstur Lembut

Dream - Hidangan pancake termasuk yang disukai banyak orang. Bisa dipadukan dengan taburan manis seperti cokelat, sirup atau buah-buahan. Begitu pun dengan campuran sosis, keju atau daging ham dan saus.

Menu satu ini juga sangat pas untuk dijadikan bekal anak-anak ke sekolah. Cara membuatnya juga mudah. Sayangnya, terkadang tekstur pancake terlalu keras sehingga membuatnya jadi kurang nikmat saat dimakan.

Ada trik penting yang harus diketahui Sahabat Dream saat membuat pancake. Setelah membuat adonan dan mencampur semua bahan dengan merata, istirahatkan selama sekitar 10 menit.

" Banyak resep kue yang dipanggang membutuhkan waktu untuk mendiamkan/ mengistirahatkan adonan. Sayangnya hal ini tak dilakukan pada pancake, padahal prinsipnya sama," kata Meghan Splawn, seorang baker asal New York, dikutip dari The Kitchn.

 

5 dari 5 halaman

Diamkan Adonan

Kamu harus mendiamkan/ mengistirahatkan adonan panekuk selama setidaknya 10 menit (atau bahkan semalaman). Apa efeknya? Yaitu memberikan waktu agar tepung terhidrasi. Mengistirahatkan adonan yang diberi susu/ air/ buttermilk akan memberi waktu untuk melunakkan tepung dan melarutkan gumpalan yang tersisa.

 Pancake Lembut dan Selalu Hangat, Bikin Segera!© MEN

Saat adonan didiamkan, cairan akan membantu melepaskan beberapa pati dan protein dalam tepung yang akan membuat pancake terangkat tanpa membuatnya menjadi keras.
Sementara tepung terhidrasi, hal ragi juga akan memiliki waktu untuk merata di seluruh adonan.

Lalu jika pancake menggunakan baking powder atau putih telur kocok, gelembung udara yang muncul akan membuat pancake mengembang. Distribusi yang merata dari gelembung-gelembung tersebut menghasilkan pancake dengan kelembutan yang merata.

Jadi, jangan lupa mendiamkan adonan, ya Sahabat Dream!

Join Dream.co.id