Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rahasia Membuat Roti Lembut dan Meleleh di Lidah

Rahasia Membuat Roti Lembut dan Meleleh di Lidah Roti-roti Favorit Di Breadtalk (Foto: Cindy Azari)

Dream - Roti termasuk hidangan favorit banyak orang. Mudah dibawa dan bisa dinikmati kapan pun. Jenis roti pun beragam dan bisa dipadukan dengan berbagai isian dan topping sesuai selera.

Sahabat Dream suka membuat roti sendiri di rumah? Jika iya, penting untuk mengetahui trik membuat roti lembut dari Chef Burhanudin, baker dari Breadtalk. Kuncinya terletak dari bahan baku dan takaran yang pas

 

Baca juga:

 

"Bahan baku harus benar-benar bagus sehingga menghasilkan roti yang lembut dan juga takaran-takarannya harus sesuai dengan komposisi yang telah ditentukan,” ujar Chef Burhanudin, di Jakarta, 25 Februari 2020.

Sangat penting untuk memperhatikan takaran setiap bahan. Mulai dari terigu, ragi, air dan bahan lainnya. Jangan berlebihan atau kekurangan. Roti bisa menjadi keras, terasa pahit atau malah tidak mengembang.

Saat memanggang, kondisikan nyala oven dengan pas dan sesuai dengan waktu. Tiap jenis roti membutuhkan penanganan yang berbeda untuk itu perhatikan detailnya.

“Api yang digunakan ketika memanggang roti macem-macem, tergantung jenis rotinya,” ujar Chef yang kerap disapa Hans ini.

 

Promo Seru

Jika tak sempat membuat roti sendiri, bisa juga menikmati roti dan pastry dari Breadtalk yang baru saja berulang tahun ke-17. Bertajuk ‘Sweet 17 BreadTalk Journey’, ada penawaran menarik untuk sajian roti favorit.

Breadtalk

"Hari ini spesial karena kita mau represent roti-roti yang menjadi favorit selama 17 tahun ini," ujar Tesa Adriani, Brand Manager BreadTalk Indonesia, di Jakarta, 25 Februari 2020.

Menu favorit antara lain Fire Floss, C’s Floss, D’Diva, Blueberry Rocky, BinoQ Fire, Coffee Uno, Floss n Roll, Choco Lava, Banana Lekker, New Cheese Boat, Lucky Red Bean, Double Cheese, Say Cheese, Choco Mesyes, Almond Blanc, Choconut Cheese Roll, dan Rolling Floss.

Pada 2 hingga 4 Maret 2020 mendatang, semua jenis roti akan dijual seharga Rp7.500, Sliced Cake mulai dr Rp16.000 dan semua Roll Cakes Rp54.000. Menarik, bukan?

Laporan Cindy Azari

 

 

Baca juga:

 

Jangan Simpan Roti Terlalu Lama, Ini Alasannya

Dream - Saat berpuasa, biasanya seseorang kehilangan nafsu makan, terutama saat sahur. Tapi, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang lebih praktis seperti mengganti nasi dengan roti.

Sayangnya, roti tidak bisa disimpan terlalu lama, meskipun berada di kulkas. Biasanya masa kedaluwarsa roti hanya beberapa hari saja.

"Roti yang tidak menggunakan bahan pengawet hanya akan bertahan dua hari di kulkas," tutur Damien Koh, Co-Founder dan Managing Director Joe and Dough di Kota Kasablanka, beberapa waktu lalu

Semakin lama disimpan, rasa dari roti akan menghilang dan teksturnya lebih lembap. "Kalau disimpan terlalu lama, cita rasanya akan menurun dan roti akan semakin alot," imbuh Dawn Wee, Co-Founder dan Marketing Communication Director Joe and Dough.

 

 

Baca juga:

 

Kehilangan Kelembapannya

Sama dengan berbagai jenis roti lainnya, cake pun hanya bisa disimpan selama 2 hari. Pastikan saat mengonsumsi roti atau cake, kondisinya masih segar. Jangan sampai malah menimbulkan masalah pencernaan.

Resep Lemon Mandarin Cake

"Tapi, tergantung dengan jenis kuenya. Kalau yang ada mousse-nya, dia akan split. Sedangkan yang sponge, akan dry. Kehilangan moist-nya," kata Damien.

Sedikit berbeda dengan jenis roti lainnya, croissant harus segera dimakan setelah dipanggang.

"Karena rasanya paling mudah menghilang. Jadi, harus dimakan secepatnya. Semakin hangat akan semakin baik," tutup Dawn.(Sah)

Cara Menyimpan Roti Agar Tak Mudah Berjamur

Dream - Menikmati roti bisa dilakukan kapan pun. Pagi hari untuk sarapan atau sore hari sebagai kudapan menemani kopi dan teh. Hal yang paling menyebalkan dari sajian roti adalah saat ingin dimakan, sudah ditumbuhi jamur.

Biasanya terlihat jelas jamur yang putih bahkan sudah menghitam di bagian permukaan. Pada bagian-bagian yang tersembunyi tanpa disadari juga terdapat jamur. Biasanya roti yang sudah lama disimpan akan ditumbuhi oleh jamur.

Dikutip dari Rd.com, jamur pada roti akan tumbuh subur pada tempat yang terang, lembap, dan panas. Tempat-tempat seperti itu memungkinkan spora untuk berkembang biak dengan cepat.

Jika roti ingin dimakan dalam jangka waktu 1 atau 2 hari simpan pada tempat yang jauh dari sinar matahari serta tempat yang sejuk dan kering.

 

Jamur Tumbuh dalam 5 Hari

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar lima hari bagi jamur untuk tumbuh. Jika ingin roti yang lebih tahan lama lebih baik beli produk roti rumahan dibandingkan buatan pabrik.

Roti rumahan lebih sedikit menggunakan bahan pengawet dibandingkan buatan pabrik. Sementara, roti yang memiliki banyak bahan pengawet akan lebih cepat ditumbuhi oleh jamur.

Bahaya Sering Makan Roti Untuk Kesehatan

Lebih baik membeli roti yang belum dipotong dibandingkan yang sudah diiris.

Roti yang sudah diiris sebelumnya terkena lebih banyak udara, sehingga lebih mungkin untuk pertumbuhan jamur di bagian irisan bukan hanya bagian luarnya saja.

Demi mencegah tumbuhnya jamur, simpan roti pada tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari es atau kotak roti.

Jika ditaruh di plastik pembungkus, tutup rapat agar jamur tidak memiliki ruang untuk bergerak dan berlipat ganda. Apabila menaruhnya di dalam lemari es, keluarkan roti secukupnya saja pada saat ingin dimakan.

(ism, Laporan: Ava Haprin)

 

Baca juga:

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Variasi Resep Sederhana dengan Bahan Dasar Roti Tawar

Variasi Resep Sederhana dengan Bahan Dasar Roti Tawar

Pernah nggak sih bingung mau bikin olahan roti tawar yang beda dari biasanya?

Baca Selengkapnya
Gampang Banget, Bikin Roti Kopi Lembut ala Cafe untuk Sarapan

Gampang Banget, Bikin Roti Kopi Lembut ala Cafe untuk Sarapan

Roti kopi dengan selai mentega yang creamy bisa jadi hidangan saat sarapan atau camilan sore. Cara membuatnya pun mudah dengan berbekal roti tawar.

Baca Selengkapnya
Ini 8 Jenis Roti Sehat dengan Jutaan Manfaat yang Bisa Dicoba

Ini 8 Jenis Roti Sehat dengan Jutaan Manfaat yang Bisa Dicoba

Roti merupakan salah satu sumber karbohidrat untuk tubuh. Yuk, simak jenis roti apa saja yang sehat dan banyak manfaat!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Resep Ayam Bakar Bumbu Kari, Bisa Jadi Pengganti Opor Saat Lebaran

Resep Ayam Bakar Bumbu Kari, Bisa Jadi Pengganti Opor Saat Lebaran

Kari ayam bakar juga dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan, mulai dari yang lembut hingga yang sangat pedas. Yuk intip resepnya.

Baca Selengkapnya
6 Tips Bikin Minuman dari Daun Cincau, Gak Ribet Kok!

6 Tips Bikin Minuman dari Daun Cincau, Gak Ribet Kok!

Bikin minuman dari daun cincau ternyata gak ribet dan simpel banget, loh! Tinggal ikuti beberapa langkah berikut!

Baca Selengkapnya
Resep Stup Roti yang Simpel tapi Rasanya Istimewa untuk Buka Puasa

Resep Stup Roti yang Simpel tapi Rasanya Istimewa untuk Buka Puasa

Bahan-bahan yang diperlukan pun sangatlah mudah didapat dan terjangkau harganya. Roti tawar dan susu menjadi bahan utama yang menciptakan kelezatan dari makanan

Baca Selengkapnya
Tips Praktis Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih

Tips Praktis Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih

Keripik pisang, camilan manis yang gurih dan renyah. Yuk, ikuti beberapa tips simpel yang akan membuat hasilnya sempurna!

Baca Selengkapnya
7 Tips Memasak Kerang Kupas, Biar Empuk dan Gak Amis!

7 Tips Memasak Kerang Kupas, Biar Empuk dan Gak Amis!

Nah, Dream punya 7 tips memasak kerang kupas agar hasilnya empuk dan tanpa bau amis. Yuk, simak!

Baca Selengkapnya
Resep Kue Keciput untuk Lebaran, Camilan Praktis Sekali Hap

Resep Kue Keciput untuk Lebaran, Camilan Praktis Sekali Hap

Biasanya, kue keciput berbentuk bulat-bulat tetapi ada pula yang membuatnya memanjang. Penasaran cara membuatnya? Yuk simak.

Baca Selengkapnya