6 Makanan Ini Bisa Besarkan Payudara, Benarkah?

Culinary | Senin, 22 Februari 2021 09:42
6 Makanan Ini Bisa Besarkan Payudara, Benarkah?

Reporter : Dwi Ratih

Apa saja tuh?

Dream - Punya bentuk payudara besar jadi kebahagiaan tersendiri buat kaum Hawa. Meski tidak semua wanita merasa demikian.

Buat mereka yang ingin memiliki payudara besar, mereka rela mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan ragam cara membesarkan payudara, misalnya dengan operasi.

Apakah Sahabat Dream juga ingin memiliki bentuk payudara besar?

Jika iya, jangan terburu-buru untuk operasi sekarang. Faktanya payudara wanita bisa mengalami perubahan secara alami seperti setelah hamil atau menyusui.

Tak cuma itu, perubahan bisa terjadi akibat pengaruh genetik, berat badan dan gaya hidup yang sehat seperti olahraga dan menjaga pola makan. Berikut ada enam makanan yang dapat mengatur fungsi hormonal dan membantu pertumbuhan pada payudara.

1. Susu

Susu mengandung kadar hormon reproduksi yang mirip dengan tubuh manusia, termasuk estrogen, progesteron dan bahkan laktogen yang baik untuk kesuburan danmemperbesar ukuran payudara melalui rangsangan aliran darah di payudara.

Selain susu, ada juga pilihan olahan susu lainnya, seperti keju, yoghurt atau susu kedelai.

2 dari 6 halaman

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan lemak dan protein yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan payudara, dan menyeimbangkan kadar estrogen di dalam tubuh. Seperti kacang mete, kacang tanah, kemiri, biji bunga matahari dan biji labu kuning.

 Ilustrasi© Shutterstock

3. Makanan laut

Makanan laut seperti tiram, kerang dan udang kaya akan Omega-3 dan Mangan, yang dapat menyinkronkan fungsi hormonal dalam tubuh, sehingga dianggap sebagai makanan terbaik jika seorang wanita ingin memiliki payudara yang lebih berisi dan mampu mengatasi masalah kesuburan.

4. Ayam

Ayam kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh dengan cepat. Sehingga baik untuk meningkatkan pertumbuhan payudara.

3 dari 6 halaman

5. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak memiliki banyak manfaat dan dianggap sebagai daging yang paling sehat karena mengandung protein dan lemak sehat untuk membantu payudara terlihat lebih berisi.

 Ilustrasi© Shutterstock

6. Sayur dan buah

Sayuran hijau hadir dengan kandungan nutrisi tinggi, yang tidak hanya menjadi sumber fitoestrogen alami, tetapi juga menyeimbangkan fungsi hormonal dan membantu jaringan payudara tumbuh dan beregenerasi.

Seperti sayur kangkung, bayam, brokoli, pakcoy dan selada air yang dikonsumsi setidaknya 3-4 porsi secara teratur. Selain itu terdapat buah seperti Berry, cherry, blueberry, plum dan apel yang juga baik untuk pertumbuhan payudara.

(Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Times of India)

4 dari 6 halaman

Deretan Gejala Kanker Payudara Selain Benjolan

Dream – Nyeri di payudara bikin khawatir para wanita. Banyak yang langsung berpikir bahwa nyeri itu merupakan kanker payudara.

Jangan panik dulu Sahabat Dream, karena nyeri di payudara bisa saja disebabkan karena adanya pengaruh hormon.

Namun, jangan kelewat santai. Perlu kamu ketahui bahwa gejala kanker payudara bisa saja tidak begitu dirasakan secara kilat, bahkan sinyal-sinyal nyeri sekalipun benjolan. Jadi, tak ada salahnya untuk tetap menyikapi masalah ini dengan sigap.

Untuk itu, Sahabat Dream wajib banget tahu gejala kanker payudara selain benjolan seperti berikut ini.

 Ilustrasi© Shutterstock

5 dari 6 halaman

1. Benjolan di ketiak atau payudara

Tidak semua benjolan yang muncul di payudara atau ketiak merupakan ciri kanker karena, bisa saja itu merupakan kelenjar yang ada pada ketiak dan payudara, yang dapat membesar di masa periode menstruasi.

Namun, apabila benjolan yang muncul di kedua lokasi tersebut tidak kunjung hilang dan terjadi di luar periode menstruasi, bisa jadi hal tersebut merupakan ciri-ciri kanker payudara.

2. Perubahan tekstur kulit payudara

Salah satu contoh perubahannya adalah mengelupasnya kulit di sekitar area puting, serta menimbulkan sensasi seolah terbakar matahari dan akan terlihat sangat kering. Perubahan ini bisa jadi merupakan gejala dari jenis kanker payudara langka yang dinamakan penyakit paget.

3. Tapi, hati-hati juga dengan kanker payudara

Meski penyakit ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada sel kulit sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri, tidak nyaman, serta payudara terasa menjadi lebih lunak.

4. Cekungan pada kulit payudara

Sel kanker dapat menyebabkan penumpukan cairan kelenjar di payudara, sehingga menyebabkan adanya pembengkakan serta menimbulkan munculnya cekungan-cekungan pada payudara.

Munculnya cekungan pada kulit payudara tersebut bisa jadi merupakan ciri-ciri kanker payudara agresif, atau yang dikenal dengan kanker payudara terinflamasi.

6 dari 6 halaman

5. Perubahan pada puting

Sel-sel kanker dapat menyebabkan perubahan pada jaringan di belakang puting payudara. Perubahan ini dapat menyebabkan puting menjadi masuk ke dalam, dan terlihat mengalami perubahan ukuran.

6. Perubahan warna payudara

Sel kanker dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang membuat kulit payudara terlihat kemerahan, bahkan lebam.

7. Keluarnya nanah dari payudara

Jika ada cairan seperti nanah yang berwarna putih kekuningan, hijau, atau merah yang keluar dari payudara, maka kamu harus mewaspadainya sebagai salah satu gejala kanker payudara.

8. Pembengkakan pada area tulang selangka, ketiak atau payudara

Gejala kanker payudara dapat menyebar ke area tubuh lain seperti tulang selangka. Saat ada pembengkakan di ketiak atau area tulang selangka, berarti kanker telah menyebar pada kelenjar di area tersebut.

Mengapa bisa terjadi kanker payudara?

Kanker payudara merupakan penyakit yang muncul akibat berkembangnya sel kanker di jaringan payudara, termasuk kelenjar susu.

Kanker payudara umumnya terbentuk secara perlahan, sehingga jika gejalanya sudah dikenali sejak awal, pengobatan bisa lebih cepat dimulai dan kemungkinan sembuh pun akan semakin tinggi.

Kamu bisa lakukan pemeriksaan gejala kanker payudara secara mandiri di rumah dan apabila mengalami perubahan seperti gejala di atas, segera periksa ke dokter untuk memastikan diagnosisnya.

(Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Sehatq)

Join Dream.co.id