Pilihan Kopi atau Teh Ternyata Bisa Dipengaruhi Genetik

Culinary | Selasa, 1 Januari 2019 06:01
Pilihan Kopi atau Teh Ternyata Bisa Dipengaruhi Genetik

Reporter : Mutia Nugraheni

Selalu ada 'kubu' teh vs kopi.

Dream - Lebih suka kopi atau teh? Pilihan Sahabat Dream bisa jadi dipengaruhi faktor genetik. Siapa sangka, kesukaan kita terhadap teh atau kopi bisa dilihat dari gen yang dimiliki.

Dalam studi baru, yang diterbitkan kemarin di jurnal Scientific Reports, para peneliti menganalisis data genetik dari lebih dari 400.000 orang dewasa Inggris antara usia 37 hingga 73.

Tim peneliti menemukan bahwa orang yang membawa gen reseptor spesifik untuk rasa pahit kafein lebih mungkin untuk minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari. Sangat kecil kemungkinannya untuk minum teh.

Orang-orang dengan gen reseptor pahit yang berbeda untuk suatu zat yang disebut Propylthiouracil (PROP) lebih mungkin untuk mengasup kafein dari lima cangkir teh atau lebih dan cenderung minum kopi.

Untuk orang yang memiliki tingkat sensitif terhadap kepahitan kafein akan menjadikan itu sebagai alasan untuk tidak meminum kopi.

" Hasil sebaliknya dari penelitian kami menunjukkan bahwa konsumen kopi mendapatkan rasa atau kemampuan untuk mendeteksi kafein karena penguatan positif ditimbulkan oleh kafein,” ungkap, salah satu peneliti Marilyn Cornelis, PhD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg, dikutip dari Health.

Baik kalian yang menyukai kopi ataupun teh, keduanya memiliki manfaat masing-masing.

Kafein yang terdapat pada kopi dapat mengurangi risiko jantung, diabetes, kanker berkat antioksidan dan polifenol yang dimilikinya.

Begitu juga dengan teh walaupun memiliki jumlah kafein yang lebih rendah daripada kopi, teh merupakan sumber yang kaya antioksidan dan juga dapat melindungi jantung.

(Sah/ Laporan Ava Haprin)

Komentar
Beri Komentar
Tati Sumirah, Prestasi Untuk Bangsa
Join Dream.co.id
Yukie PAS Band Kecelakaan - Jalani Operasi Patah Kaki