Pentingnya Hidangkan Makanan Nikmat nan Sehat di Rumah

Culinary | Kamis, 20 Desember 2018 06:30
Pentingnya Hidangkan Makanan Nikmat nan Sehat di Rumah

Reporter :

Batasi konsumsi makanan bergula tinggi dan makanan instan.

Dream - Makanan yang sehat dan bernutrisi jadi pondasi utama untuk membangun keluarga yang sehat. Penting bagi orangtua, membiasakan makan sehat di rumah agar buah hati juga memiliki kebiasaan yang sama.

Pakar gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK mengungkap, unsur gizi pada menu harian anak harus diperhatikan. Gizi yang optimal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

" Ibu harus teliti dalam mempersiapkan bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik agar anak-anak tetap sehat," ujarnya dalam acara talkshow Inspirasi Hidup Sehat Kelurga Danone dan Sari Husada, di Jakarta 19 Desember 2018.

 Danone

Juwalita menjelaskan beberapa bahan pangan yang harus ada dalam menu makanan buah hati adalah protein hewani dan nabati, buah-buahan serta biji-bijian. Dia juga menganjurkan agar anak mengkonsumsi lemak yang baik, yaitu minyak nabati.

Kandungan minyak nabati itu bisa didapat dari avokad, ikan, dan kacang-kacangan. Batasi juga konsumsi lemak trans seperti donat, gorengan atau makanan manis.

Untuk membentuk kebiasaan makan sehat, dr. Dwi Hastuti M.Sc., spesialis tumbuh kembang anak, menambahkan sangat penting membiasakan makan bersama keluarga di rumah.

" Buat suasana yang santai dan menyenangkan saat menyuapi anak. Buat menu-menu sehat yang nikmat agar disukai anak,” kata Tuti.

Mengingat pentingnya membentuk kebiasaan makan sehat dari rumah, Danone Indonesia mengkampanyekan " Menu Sehat Keluarga" . Caranya dengan mengedukasi banyak pihak terutama keluarga mengenai pola makan bernutrisi seimbang.

“ Bersama FEMA IPB, kami mengembangkan paduan makan bergizi Isi Piringku, untuk anak 4-6 tahun dengan pelatihan melalui guru PAUD, buku resep dan alat bantu peraga pendidikan,” ujar Arif Mujahidin selaku Communication Director Danone Indonesia.

(Sah, Laporan Mega Rasmiyati)

 

Terkait
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id