Penting, Jangan Simpan Semangka di Lemari Es

Culinary | Kamis, 12 Mei 2022 08:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Ingin tahu alasannya?

Dream - Cuaca panas seperti sekarang, membuat kita selalu mencari asupan kaya air. Buah semangka salah satu yang sangat disukai. Rasanya manis dan segar, apalagi disajikan dingin.

Menurut penjelasan dalam buku " Healing Foods" terbitan DK Publishing House, citrulline - asam amino penting yang ditemukan dalam semangka, dapat merangsang produksi oksida nitrat yang mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Ini membantu tubuh melakukan detoksifikasi dan melawan peradangan dalam tubuh.

Semangka juga sangat rendah kalori, yang membuat buah ini sempurna untuk dimakan untuk mengontrol hasrat ingin makan makanan manis. Tapi tahukah Sahabat Dream, nutrisi yang cukup banyak pada semangka bisa berkurang banyak jika buah tersebut disimpan di lemari es.

Sebuah studi yang dilakukan oleh USDA's South Central Agricultural Research Laboratory di Lane, Oklahoma, Amerika Serikat menguji beberapa varietas semangka yang cukup populer selama 14 hari.

 

Penting, Jangan Simpan Semangka di Lemari Es
Semangka
2 dari 5 halaman

Semangka tersebut disimpan pada suhu 70, 55, dan 41 derajat Fahrenheit. Mereka menemukan bahwa yang disimpan pada 70 derajat Fahrenheit memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak daripada yang baru dipetik atau yang disimpan di lemari es.

Peneliti menjelaskan bahwa semangka terus menghasilkan beberapa nutrisi bahkan setelah dipetik. Mendinginkan buah akan memperlambat atau menghentikan seluruh prosesnya.

Pada suhu yang didinginkan, semangka mungkin mulai membusuk dalam seminggu (sedangkan umur simpan semangka biasanya adalah 14 hingga 21 hari).
Disarankan untuk menyimpan semangka Adalam suhu kamar untuk mendapat manfaatnya secara maksimal.

Bila ingin menikmatinya dalam keadaan dingin, potong saja buah semangka kemudian campur dengan batu es. Tak kalah menyegarkan.

Sumber: FoodNDTV

3 dari 5 halaman

Sudah Tahu Cara Pilih Semangka yang Manis? Ini Triknya

Dream – Semangka jadi buah favorit saat bulan Ramadan. Tentu karena kandungan airnya sangat tinggi dan sangat kaya akan vitamin. Bisa dikonsumsi baik saat sahur mau pun berbuka.

Semangka juga bisa diolah menjadi es buah atau jus. Sayangnya tak semua semangka memiliki cita rasa manis. Seringkali kita salah memilih saat membeli semangka. Rasa semangka malah tak manis dan terlalu banyak bagian putihnya yang tawar.

 Manfaat Buah Semangka untuk Sahur dan Berbuka, Cegah Panas Dalam Serta Dehidrasi Selama Puasa© MEN

Agar Sahabat Dream tak salah saat memilih semangka, coba ikuti trik-trik berikut.

1. Perhatikan warnanya
Warna pada semangka dapat menunjukkan tingkat kematangannya. Semangka yang matang memiliki pola garis yang kuat, konsisten dan garis hijaunya berwarna hijau tua. Sementara yang belum matang cenderung berwarna hijau muda dan kekuningan. Untuk itu jangan memilih semangka yang mengkilat, karena kemungkinan besar masih mentah.

2. Titik besar
Titi ini merupakan bagian dari buah semangka yang menyentuh tanah pada saat matang. Titik besar pada permukaan semangka yang berwarna krem dan kuning akan menandakan semangka telah matang, dan jika warnanya putih atau hijau muda, tandanya masih mentah.

 

4 dari 5 halaman

3. Lihat batangnya
Jika batang pada semangka kering dan berwarna kuning kecokelatan tandanya semangka telah matang. Jika batangnya masih berwarna hijau, menandakan bahwa semangka belum matang bahkan tidak manis.

 6 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil© MEN

4. Ketuk
Ketuk buah dengan dengan pelan dan dengarkan bunyinya. Jika nada terdengar dalam dan berlubang, itu menandakan bahwa buah memiliki lebih banyak air dan kemungkinan besar lebih matang. Sebaliknya, jika ketukan terdengar lebih padat, itu mungkin pertanda bahwa kulit buah tersebut terlalu tebal dan semangka belum sepenuhnya matang.

 

5 dari 5 halaman

5. Bintik pertanda manis
Bintik-bintik kering dan garis-garis seperti urat adalah salah satu ciri semangka yang sangat manis. Bintik-bintik ini menunjukkan rasa manis tersebut dari kulit buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka sebelum membelinya.

6. Pilih yang besar dan bulat
Semakin padat dan besar ukurannya, maka semakin tinggi pula kandungan airnya, sehingga dapat menghasilkan semangka yang lebih manis. Semangka yang bulat akan lebih manis, sedangkan yang lebih lonjong cenderung berair dan kurang beraroma.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: RealSimple

Join Dream.co.id