Pakai Handuk sampai Kardus, Trik Food Stylist Bikin Foto Makanan Jadi Menarik

Culinary | Jumat, 25 September 2020 09:48
Pakai Handuk sampai Kardus, Trik Food Stylist Bikin Foto Makanan Jadi Menarik

Reporter : Mutia Nugraheni

Adalah kelihaian para food stylist yang mendandani makanan sedemikian rupa agar tampak menggoda dalam foto.

Dream - Foto-foto makanan yang berseliweran di Instagram begitu menggoda. Detail gambar, kuah, bumbu hingga remahannya kerap membuat kita terpancing untuk melihat kemudian membelinya.

Adalah kelihaian para food stylist yang mendandani makanan sedemikian rupa agar tampak menggoda dalam foto. Mereka punya trik-trik tertentu agar foto makanan yang dihasilkan jadi magnet.

Tengok saja beberapa trik food stylist berikut yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya.

1. Masak ayam setengah matang lalu dicat

Ayam panggang© Shutterstock

Melihat ayam panggang atau ayam bakar kecokelatan berlumur bumbu dan minyak, bisa membangkitkan selera makan dalam sekejap. Ternyata banyak foto ayam panggang sebenarnya bukan ayam yang matang.

" Ayam yang setengah matang membuatnya tampak tebal dan montok. Sedangkan ayam yang dimasak matang sering menyusut dan terlihat keriput. Kami menyiasatinya dengan memasak setengah matang lalu mengaplikasikan cat cokelat, sesuai dengan gradasi warna yang diinginkan," kata Atkinson, seorang food stylist asal London.

 

2 dari 6 halaman

2. Tumpuk pancake dengan lapisan karton

Pancake buatan sendiri jarang terlihat sebagus seperti yang ada di buku resep. Tenang, itu bukan karena kita salah membuatnya. Foto-foto pancake yang indah dan menggoda tak seluruhnya terdiri dari pancake tebal.

Pancake© Shutterstock

Tumpukan pancake rupanya disisipi kardus akan membuat pancake lebih rapi. Ini memberi setiap lembar pancake ruang ekstra untuk terlihat ringan dan lembut, bukan datar dan basah.

 

3 dari 6 halaman

3. Susu dari lem

Iklan susu tapi fotonya tak pakai susu? Sudah biasa. Hal yang dilakukan food stylist adalah menggunakan lem putih yang pekat. Biasanya digunakan untuk foto sereal yang terendam dalam susu.

Sereal© MEN

Sereal dalam susu tentunya langsung lembek dan tak indah di foto. Susu pun ternyata warnanya tak bagus di kamera. Untuk itu disiasati menggunakan lem. Biasanya digunakan jenis lem kayu yang berwarna putih susu.

 

4 dari 6 halaman

4. Sembunyikan kain basah panas di balik minuman panas

Mencoba mendapatkan foto minuman panas dengan asap yang dramatis akan sangat sulit. Terutama bila dilakukan di dalam ruangan foto yang penuh dengan AC. Bagaimana cara menyiasatinya?

Kopi© Shutterstock

Para food stylist ternyata menggunakan handuk atau kain yang telah direbus dalam air. Kain tersebut ditaruh dibalik gelas, efeknya adalah asap yang keluar akan pekat dan membuat foto minuman jadi lebih apik.

Trik-triknya super kreatif, bukan?

Sumber: Food Insider

5 dari 6 halaman

Olah Nasi Sisa Jadi Camilan Nikmat Khas Korea, Yummy!

Dream - Nasi jadi makanan pokok masyarakat Asia. Untuk itu nasi wajib ada di tiap rumah di Korea dan Indonesia. Seringkali saat memasak nasi, kita tak menghabiskannya. Ada yang membuangnya begitu saja, tapi ada juga mengolahnya.

Di Indonesia, nasi sisa bisa diolah menjadi rengginang. Diberi bumbu, dikeringkan dan dijemur lalu digoreng. Bagaimana dengan di Korea? Ternyata warga negeri Ginseng ini kerap mengolah nasi sisa jadi camilan nikmat kaya gizi, yaitu gyeran mari.

Olah Nasi Sisa Jadi Camilan Nikmat Khas Korea, Yummy!© Dream

Merupakan salah satu bentuk budaya orang Korea yang selalu menghargai makanan. Orang Korea ini memang tak suka membuang-buang makanan. Jadi sebisa mungkin mereka mengolah lagi atau mengawetkan makanan.

 

6 dari 6 halaman

Campur Sayuran

Gyeran mari menggunakan bahan nasi sisa atau nasi yang sudah berkerak dan menempel di dinding-dinding wadah penanak nasi. Nasi sisa tersebut kemudian dicampurkan dengan telur dan sayur-sayuran lain seperti wortel dan jamur.

ilustrasi wortel & kentang© shutterstock.com

Biasanya, gyeran mari juga akan menggunakan bahan-bahan lain seperti halnya daun bawang. Semua bahan tersebut dicampurkan kemudian dicampurkan dengan kaldu, baru digoreng dan digulung.

Seperti apa detail pembuatannya? Selengkapnya baca di Diadona.id

Terkait
Join Dream.co.id