Oyster Lokal Buktikan Cita Rasa dan Kualitas yang Tak Kalah Saing dari Luar Negeri

Culinary | Jumat, 1 Juli 2022 06:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kualitasnya telah diakui oleh Chef Renatta Moeloek serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dream - Bagi pecinta makanan laut, mungkin mengonsumsi ikan, udang, cumi, lobster, kepiting, maupun rajungan merupakan hal biasa. Pasalnya, bahan makanan tersebut sering disajikan di berbagai restoran dalam bentuk matang maupun mentah.

Namun jika ingin mengeksplorasi makanan laut yang lebih unik, oyster atau tiram bisa menjadi salah satu pilihannya. Oyster bisa dikonsumsi matang maupun mentah. Jenis makanan ini bertekstur kenyal dan kaya akan nutrisi. Dilansir Medical News Today, oyster kaya akan protein, zinc, vitamin B12, zat besi, magnesium, serta potassium.

Kandungan tersebut membuat oyster mampu meningkatkan imunitas tubuh, membantu proses penyembuhan luka, memaksimalkan pertumbuhan maupun perkembangan, mengoptimalkan kemampuan otak, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain. Kalorinya yang rendah menjadikan oyster cocok untuk disantap ketika menjalani pola makan sehat.

Oyster Lokal Buktikan Cita Rasa dan Kualitas yang Tak Kalah Saing dari Luar Negeri
Oyster. (Source: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Oyster Lokal Tak Kalah Saing dengan di Eropa maupun Australia

 Pacific Oyster dari Sumatra© Oyster Dealer

Foto: Oyster Dealer

Sayangnya, oyster dibanderol dengan harga tinggi dan cukup sulit menemukan makanan laut berkualitas tinggi. Biasanya, oyster berkualitas tinggi berasal dari Eropa dan Australia. Tapi sekarang, kamu bisa mencoba makanan laut yang diproduksi dari Aquafarm lokal, yaitu Pacific Oyster asal Sumatera. Tekstur dagingnya agak tebal dan rasanya relatif manis.

Panganan tersebut bisa disantap dengan saus untuk memperkaya rasa serta meningkatkan kelembutan dagingnya. Kualitas oyster lokal juga selalu dijaga dengan perawatan Aquafarm sesuai standar yang berlaku.

Mulai dari suhu air, jenis dan kandungan partikel air, hingga pakan oyster. “ Di Aquafarm Oyster Dealer, kami benar-benar menjaga penangkaran kami sesuai dengan habitat aslinya dari oyster itu,” kata Andika Biantara, Chef dan Owner Oyster Dealer, beberapa waktu lalu.

Kualitasnya pun telah diakui oleh Chef Renatta Moeloek serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. " Kami berusaha menyajikan hidangan laut lokal dengan rasa khas dan aman dikonsumsi dan secara bersamaan juga berharap mendukung kesejahteraan nelayan lokal," tutupnya.

3 dari 7 halaman

Manjakan Pecinta Kuliner Ibu Kota, Cloud Kitchen Bawa Gourmet Food dari Bali

Dream - Situasi yang tak kunjung membaik akibat pandemi membuat pelaku bisnis kuliner terus memutar otak agar bisa tetap bertahan. Salah satunya dilakukan oleh Stephan M.

Tanaja dengan menghadirkan cloud kitchen di ibu kota, Jakarta. Keputusannya ia teguhkan dengan membuka 153 Kitchensecara resmi di Kemang Jakarta baru-baru ini.

4 dari 7 halaman

Hasil Kerjasama dengan Empat Restoran Terkenal di Bali

 153 Kitchen© 153 Kitchen

Stephan tak berjuang sendiri dalam mendirikan 153 Kitchen, tetapi ia bekerjasama dengan empat restoran terkenal di Bali. Keempat brand restoran yang berada di bawah naungan 153 Kitchen adalah Pison, Cerita Manisan, Happy Chappy, dan Lantern. 

7 Foto Makan Nasi Pakai Lauk-Pauk Nyeleneh, Bukannya Kepingin Malah Hilang Selera

153 Kitchen sendiri adalah startup yang diinisiasi oleh Stephan M. Tanaja untuk membantu pelaku F&B terutama yang berasal dari Bali. Sejak pandemi, industri food and beverages sendiri terdampak cukup parah.

Dengan menyatukan mereka dalam naungan 153 Kitchen, diharapkan dapat memberikan perubahan terhadap industri kuliner di tanah air. Inilah alasannya kenapa cloud kitchen ini bisa menghadirkan gourmet food dari Bali yang begitu terkenal kelezatannya.

5 dari 7 halaman

Bisa Dipesan dengan Harga di Bawah Rp100 Ribu

 153 Kitchen© 153 Kitchen

Menariknya, gabungan menu dari empat brand restoran di 153 Kitchen menawarkan berbagai jenis masakan, termasuk masakan tradisional Indonesia, Chinese FoodWestern Food, hingga Fusion Gourmet. Semuanya bisa dipesan dengan harga terjangkau di bawah Rp100.000.

5 Rekomendasi Kuliner Indonesia yang Nikmat Disantap saat Musim Hujan

 

6 dari 7 halaman

Makanan Menggiurkan yang Wajib Banget Dicoba

 153 Kitchen© 153 Kitchen

153 Kitchen menghadirkan berbagai makanan yang menggiurkan. Beberapa yang wajib banget dicoba, seperti Beef Eschalot Pasta, Chow Mein Noodles Chicken serta Gurame Goreng Lada Hitam. Semuanya ditawarkan oleh 153 Kitchen yang siap menghadirkan pengalaman menyantap gourmet food yang #foodtastic di rumah.

Pilihan Menu Burger dengan Citarasa Italia, Mau Coba?

 153 Kitchen© 153 Kitchen

" Kami telah bermitra dengan layanan pesan-antar makanan online, termasuk GoFood, GrabFood, dan juga ShopeeFood untuk memastikan proses pengiriman yang lancar bagi semua pecinta kuliner di Jakarta. Kami berharap para pecinta kuliner tetap bisa menikmati pengalaman #foodtastic di rumah," kata Stephan.

7 dari 7 halaman

Sukses Kembangkan Bisnis di Bali dan Surabaya

 153 Kitchen© 153 Kitchen

Sebelum mengekspansi Jakarta, Stephan telah sukses mengembangkan bisnis kafe dan restoran di Bali dan Surabaya selama lebih dari satu decade. Tak heran jika Stephan dikenal sebagai pebisnis restoran berpengalaman.

Beli Nasi Goreng Tanpa Nasi yang Bikin Penasaran, Begini Penampakannya

Ia bahkan telah bekerja dengan banyak pakar industri, termasuk pakar kuliner William Wongso, memutuskan untuk mengambil tantangan baru. Termasuk salah satunya memperkenalkan dapur gourmet khusus pesan-antar di ibu kota. Hal ini dilakukannya setelah melihat antusiasme yang besar terhadap jenis masakan yang ditawarkan keempat restoran dari Bali yang menjadi mitranya.

 153 Kitchen© 153 Kitchen

" Kami sangat bersemangat untuk memulai operasional 153 Kitchen sebagai cloud kitchen pertama dengan konsep terintegrasi, menggabungkan dapur besar yang dilengkapi dengan peralatan berkualitas tinggi, serta kru terlatih yang siap untuk memastikan tingkat kebersihan yang tinggi dengan mematuhi protokol keamanan Covid-19 dalam proses penyajian makanan kami. Dapur ini dapat terwujud berkat kolaborasi dengan brand restoran terpilih untuk menghadirkan pengalaman yang #foodtastic bagi konsumen,” ujar Stephan.

Makanya dari pada bingung di rumah makan apa, mending segera pesan beragam masakan lezat yang tersedia di 153 Kitchen sekarang juga!

Join Dream.co.id