Olahan Serangga dan Cacing yang Dikemas Jadi Hidangan Lezat

Culinary | Rabu, 13 Oktober 2021 06:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Berani mencoba?

Dream - Sahabat Dream pernah membayangkan makan sepiring cacing yang disajikan sebagai hidangan? Bagi kebanyakan orang memakan serangga atau cacing sebagai kudapan mungkin sebuah hal yang mustahil.

Sementara di belahan dunia lain serangga dan cacing justru dianggap makanan lezat dan populer. Diolah sangat berlian, sehingga rasanya disebut-sebut begitu nikmat memanjakan lidah.

Seperti olahan serangga dan cacing berikut yang mungkin belum Sahabat Dream pernah coba.

1. Telur Semut merah

 Salad telur semut merah© Shutterstock

Salad terdiri dari irisan sayuran segar yang tentunya sangat kaya akan vitamin. Terasa membosankan? Bagaimana kalau mencampurnya dengan rempah pedas dan telur semut merah seperti yang dilakukan masyarakat Thailand. Mereka memiliki menu salad yang dicampur dengan telur semut merah. Dipercaya telur tersebut sangat kaya nutrisi yang bisa meningkatkan vitalitas tubuh.

2. Kecoa
Di beberapa negara, ada kecoa yang hidup di hutan dan dalam lingkungan yang bersih. Bukan di got apalagi tumpukan kotoran. Kecoa Madagaskar merupakan salah satu kecoa yang bisa dimakan. Beberapa hidangan olahan kecoa yang populer adalah tacos, kecoa goreng, dan burrito.

 

Olahan Serangga dan Cacing yang Dikemas Jadi Hidangan Lezat
Olahan Belalang/ Foto: Shutterstock
2 dari 7 halaman

3. Ulat dan cacing Mopane
Ulat termasuk beberapa makanan lezat yang paling disukai, dapat ditemukan dalam menu makan malam khas Afrika. Ulat dan cacing Mopane ditambahkan ke makanan untuk meningkatkan nutrisi dan memberikan rasa kenyang. Kaya akan protein, cacing ini juga dikonsumsi untuk mengurangi kelangkaan makanan di beberapa bagian Afrika. Kaba adalah salah satu resep paling populer yang dibuat dengan cacing.

4. Belalang
Biryani Locust (salah satu jenis belalang) yang sangat kaya protein. Belalang termasuk makanan tradisional populer di Meksiko. Binatang berkaki panjang ini biasanya dimasak dengan rempah-rempah, lemon, ditaburi cabai dan disajikan panas.

5. Jangkrik
Jangkrik terkenal di beberapa negara Asia seperti Thailand, Malaysia, dan Jepang. Di beberapa daerah jangkrik direndam dengan bumbu dan digoreng kering. Jangkrik juga dinikmati di beberapa bagian AS, di mana penyajiannya bersama sayuran dan bumbu lainnya.

Laporan Syifa Putri Naomi/ Sumber: Times of India

3 dari 7 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 7 halaman

Sajian Menu Makanan Mewah dari Serangga, Mau Coba?

Dream - Makan malam identik dengan makanan mewah. Biasanya menu makanan terbuat dari bahan pilihan seperti dagi sapi premium, seafood berkualitas tinggi atau bahan-bahan organik yang diolah secara khusus.

Kini, ada satu lagi bahan makanan yang dipercaya bakal 'naik kelas', yaitu serangga. Gourmet Grubb, sebuah restoran di Cape Town, Afrika Selatan sebelumnya membuat heboh karena membuat es krim dari serangga.

 Sajian Menu Makanan Mewah dari Serangga, Mau Coba?© Dream

Restoran tersebut kembali mencuri perhatian dengan membuat hidangan mewah dari serangga yang mereka sebut The Insect Experience. Menu ala gourmet ini berupa pasta dan polenta yang terbuat dari serangga jenis hermetia illucens.

5 dari 7 halaman

Ada Ribuan Jenis Serangga yang Bisa Dimakan

" Kami ingin mencoba dan menciptakan alternatif protein yang layak, berkelanjutan dan etis. Harapannya dapat membuat perubahan yang cukup positif di masa depan," kata Leah Bessa, ilmuwan makanan yang mengembangkan menu The Insect Experience.

 Tujuh Kali Perang, Rasul Konsumsi Daging Belalang© MEN

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, ada lebih dari 1.900 spesies serangga yang dapat dimakan di seluruh dunia. Serangga yang dapat dimakan sangat sehat. Mengandung protein tinggi, serta asam amino yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Serangga juga kaya zat besi dan seng, serat, dan lemak yang sehat.

6 dari 7 halaman

Makanan berkelanjutan

Dengan kata lain, serangga yang dapat dimakan memiliki potensi tinggi sebagai sumber makanan yang berkelanjutan. " Serangga sangat kurang dimanfaatkan atau tidak terlalu dipahami dengan baik, jadi kami benar-benar ingin mencoba dan menyoroti potensinya, " kata Bessa.

 Polenta serangga© Gourmett Groubb

Chef Mario Barnard ada di belakang hidangan seperti Polenta di Gourmet Grubb. Berupa kentang goreng yang dibuat dari campuran tepung. Tepung tersebut diolah dari cacing macope yang dicampur dengan garam.

" Kami mencoba membuatnya secara visual menyenangkan bagi semua orang untuk hanya memperkenalkannya," kata Barnard.

7 dari 7 halaman

Pasta serangga

Ada juga pasta hijau yang terbuat dari tepung olahan serangga. Dimasak layaknya hidangan mewah dengan platting menawan. Sangat menarik dan bikin banyak orang penasaran. Tak disangka sambutan masyarakat sangat positif.

 Pasta serangga© Gourmett Groubb

Banyak yang datang ke restoran untuk mencicipi hidangan The Insect Experience. Sahabat Dream, penasaran?

Sumber: CNN

Join Dream.co.id