Olah Nasi Sisa Jadi Camilan Nikmat Khas Korea, Yummy!

Culinary | Senin, 1 Juni 2020 11:02
Olah Nasi Sisa Jadi Camilan Nikmat Khas Korea, Yummy!

Reporter : Mutia Nugraheni

Di Indonesia, nasi sisa bisa diolah menjadi rengginang. Bagaimana dengan di Korea?

Dream - Nasi jadi makanan pokok masyarakat Asia. Untuk itu nasi wajib ada di tiap rumah di Korea dan Indonesia. Seringkali saat memasak nasi, kita tak menghabiskannya. Ada yang membuangnya begitu saja, tapi ada juga mengolahnya.

Di Indonesia, nasi sisa bisa diolah menjadi rengginang. Diberi bumbu, dikeringkan dan dijemur lalu digoreng. Bagaimana dengan di Korea? Ternyata warga negeri Ginseng ini kerap mengolah nasi sisa jadi camilan nikmat kaya gizi, yaitu gyeran mari.

Merupakan salah satu bentuk budaya orang Korea yang selalu menghargai makanan. Orang Korea ini memang tak suka membuang-buang makanan. Jadi sebisa mungkin mereka mengolah lagi atau mengawetkan makanan.

 

2 dari 6 halaman

Campur Sayuran

Gyeran mari menggunakan bahan nasi sisa atau nasi yang sudah berkerak dan menempel di dinding-dinding wadah penanak nasi. Nasi sisa tersebut kemudian dicampurkan dengan telur dan sayur-sayuran lain seperti wortel dan jamur.

 ilustrasi wortel & kentang© shutterstock.com

Biasanya, gyeran mari juga akan menggunakan bahan-bahan lain seperti halnya daun bawang. Semua bahan tersebut dicampurkan kemudian dicampurkan dengan kaldu, baru digoreng dan digulung.

Seperti apa detail pembuatannya? Selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 6 halaman

Fakta Unik Kuliner Khas Korea, Ada Sistem 'Kasta'

Dream - Pengaruh Korea Selatan dalam segala lini di berbagai negara memang tak diragukan lagi. Mulai dari musik, fashion, kecantikan, drama hingga ke makanan.

Kini, masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan makanan Korea. Kimchi, kimbap, korean grill, dan berbagai macam bumbu dapurnya sudah banyak dijual di Indonesia. Restoran Korea di Indonesia pun bermunculan karena peminatnya semakin banyak.

Rupanya, banyak fakta menarik seputar makanan Korea yang perlu diketahui. Penasaran?

Bayar Pajak Nasi

 Konsumsi Nasi Putih Berlebihan Picu Kanker© MEN

Seperti di Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok dan makanan penting di Korea sejak dulu. Sampai sekarang nasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari orang Korea.Mereka sangat menghargai nasi. Bahkan dulu nasi nilainya tak hanya sekadar makanan saja.

Pada zaman Tiga Kerajaan yang berlangsung dari 57 SM hingga 668 M, masyarakat Korea membayar pajak untuk menggunakan nasi. Dulu nasi dianggap sebagai makanan mewah yang tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang seperti sekarang. Para petani pun tidak bisa memakan beras hasil panen mereka sendiri.

 

 

4 dari 6 halaman

Makanan Kerajaan di Kuil

Sudah ada sejak dulu, kuil di Korea Selatan kini mulai beralih menjadi destinasi wisata yang populer dan digemari banyak orang di seluruh dunia. Tak sulit menemukan kuil yang keren dan penuh sejarak di Korea Selatan.

 Kimbap dan Sushi, Serupa Tapi Tak Sama  Dream - Dilihat sekilas, kimbap ala Kor© MEN

Menariknya lagi, beragam makanan yang disajikan di kuil merupakan makanan yang dulu disajikan pada zaman kerajaan Korea. Hal ini disebabkan karena dulu para koki kerajaan yang pensiun akan melanjutkan pekerjaan mereka untuk memasak di kuil.

Tak heran hampir semua makanan kerajaan bisa ditemukan di kuil. Bahkan makanan-makanan mewah ini sampai sekarang masih bisa ditemukan di berbagai kuil besar yang ada di sana. Benar-benar pengalaman bersantap yang autentik di Korea.

 

5 dari 6 halaman

Bawang putih adalah kunci

Bagi penggemar makanan Korea terutama yang sering mampir ke restoran-restoran khas Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian bawang putih yang selalu disediakan di setiap makanan.

 Samgyetang, Sup Sehat ala Korea Selatan© MEN

Faktanya Korea Selatan menempati posisi pertama sebagai negara yang mengonsumsi bawang putih terbanyak di dunia. Bawang putih merupakan bumbu dasar dari setiap makanan di sana, sering juga dijadikan sebagai pelengkap seperti cabai rawit.

Bawang putih paling sering digunakan untuk memanggang daging, sup, hingga campuran minuman. Data menunjukkan bahwa Korea dan China sama-sama mengonsumsi bawang putih terbanyak di dunia.

 

6 dari 6 halaman

Kasta Makanan

Banchan dikenal sebagai makanan pelengkap khas Korea dan merupakan menu wajib yang selalu ada di setiap waktu makan. Jenis banchan biasanya cukup beragam, mulai dari kimchi, telur, namul, hingga jeon.

 Cara Membuat Samgyetang, Sup Ayam Gingseng Korea Selatan© MEN

Tapi pada zaman dulu, jumlah banchan yang disajikan di waktu makan biasanya berdasarkan status seseorang. Jika banchan yang disajikan ada 4-12 jenis umumnya untuk orang biasa.

Namun jika raja atau anggota kerajaan lain yang makan, jumlah banchan yang disajikan bisa mencapai 100 jenis. Bisa dibayangkan bagaimana besarnya meja makan untuk para raja di zaman dulu.

Laporan Henry/ Sumber: Liputan6.com

Terkait
Join Dream.co.id