Orang Gemuk Punya Daya Ingat Lemah?

Culinary | Selasa, 21 Juni 2016 13:41
Orang Gemuk Punya Daya Ingat Lemah?

Reporter : Maulana Kautsar

Dampak itu disebabkan karena hormon lapar. Hormon tersebut mempengaruhi kinerja otak dan kebiasaan makan.

Dream - Kegemukan tidak hanya memperlemah kinerja tubuh. Dalam sebuah penemuan kegemukan atau obesitas dapat menurunkan daya ingat.

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di Quarterly Journal of Experimental Psychology menyebut obesitas dapat memperlemah ingatan. Tetapi, aspek yang terpengaruh bukanlah pengetahuan-pengetahuan umum, melainkan ingatan di masa lampau.

Sebanyak 50 orang ikut serta dalam penelitian tersebut. Mereka dipetakan dari indeks kesehatan 18 (sehat) hingga 51 (sangat gemuk). Ke-50 responden tersebut diminta untuk mengingat obyek pada waktu dan adegan yang berbeda yang ditampilkan layar komputer. Mereka kemudian diminta untuk menyebutkan obyek apa saja yang tersembunyi.

Hasil dari penelitian itu menyebut, orang-orang yang terkena obesitas hanya mampu menjawab 15 persen jawaban dari orang-orang yang kurus.

Peneliti dari Universitas Cambridge, Lucy Cheke mengatakan orang-orang dengan kelebihan berat badan mengalami penurunan ketajaman memori. Tetapi, mereka bukanlah pengidap amnesia -hilang ingatan.

" Jika mereka memiliki ingatan yang kurang kuat, bisa saja pengaruh dari makanan yang berdampak pada kinerja pikiran," kata dia di laman Mirror.co.uk.

Dampak itu disebabkan karena hormon lapar. Hormon tersebut mempengaruhi kinerja otak dan kebiasaan makan.

Selain itu, orang yang menonton televisi sembari makan makan juga terbukti lebih banyak dan merasa cepat lapar. Sementara itu orang yang mengidap amnesia akan mengulang kegiatan makan mereka dalam jarak waktu yang relatif berdekatan.

" Temuan ini terlalu dini. Tetapi, dari temuan itu kami dapat mengobservasi mekanisme dari obesitas dan tindakan pencegahannya," ucap dia.

" Berkonsentrasilah pada makanan yang akan Anda santap pada waktu yang lama. Semoga kami segera dapat membantu mengembangkan cara-cara mengurangi obesitas," ujar dia menambahkan.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id