Nikmati Sajian Rijsttafel Mewah di Atas Bukit

Culinary | Kamis, 15 Agustus 2019 19:45
Nikmati Sajian Rijsttafel Mewah di Atas Bukit

Reporter :

Bisa jadi cara unik untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Dream - Pada Sabtu, 17 Agustus 2019 mendatang, kita akan memperingati kemerdekaan Indonesia. Perayaan biasanya digelar dengan mengikuti lomba-lomba seru atau membuat panggung pertunjukan bernuansa budaya Indonesia.

Ingin merayakannya dengan nuansa berbeda? Sahabat Dream mungkin bisa menikmati sajian Rijsttafel dengan menu-menu makanan Indonesia.

Rijsttafel sendiri, seperti dikutip dari Merdeka.com, merupakan penyajian makanan dalam porsi kecil. Umumnya terdiri dari puluhan hidangan dengan berbagai tekstur dan rasa dalam porsi kecil yang disajikan bersama nasi.

Untuk acara besar biasanya terdiri dari tumpeng nasi dan 10-40 hidangan dari berbagai daerah di Indonesia, Belanda, serta hidangan peranakan Cina. Rijsttafel ini bisa dinikmati di restoran Bejana, Ritz Carlton Bali, yang lokasinya berada di atas bukit.

2 dari 8 halaman

Menu-menu menggoda

 

 Ikan Woku

Tema Rijsttafel kali ini adalah “ Perjalanan Berkeliling Kepulauan Indonesia”. Jamuan akan menampilkan hidangan khas dari beberapa daerah di Indonesia yang dikemas secara mewah. Seperti Gado Gado, Soto Pesmol Sari Laut, Ikan Woku, Ikan Kakap Bakar ala Jimbaran, dan Sambal Udang khas Kalimantan.

 

3 dari 8 halaman

9 Hidangan Lezat

Jamuan Rijsttafel untuk dua orang meliputi sembilan hidangan lezat, ditemani pilihan aneka ragam nasi putih, kuning atau merah dan beberapa hidangan penutup tradisional khas Bali. Untuk harga paket Rijsttafel ini Rp1.488.000++.

 Gulai kambing

Ada juga menu ala carte dengan pilihan daging, makanan laut, dan sayuran. “ Koki kami dengan bangga menciptakan hidangan otentik khas pulau rempah-rempah, dalam suasana indah di restoran yang telah memenangkan beberapa penghargaan seperti Bejana,” kata General Manager The Ritz-Carlton, Bali, Karim Tayach dalam rilis yang diterima Dream.

4 dari 8 halaman

3 Tempat Makan di Solo Favorit Jokowi, Awas Bikin Lapar

Dream - Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta lalu menjadi Presiden, Joko Widodo memang lebih banyak tinggal di Jakarta. Saat ada tugas negara atau urusan pribadi bersama keluarga, baru ia pulang ke kota kelahirannya di Solo, Jawa Tengah.

Saat pulang ke kampung, salah satu hal yang wajib dilakukan kakek dua cucu ini adalah menikmati hidangan khas yang hanya ia temui di Solo. Rupanya ada tiga tempat makan di Solo yang selalu didatanginya.

Boleh dibilang, tiga tempat makan ini masuk dalam daftar makanan favoritnya. Nah, bagi Sahabat Dream yang ingin kulineran ke Solo, referensi dari Presiden Jokowi mungkin bisa dilirik.

5 dari 8 halaman

Ayam Goreng Mbah Karto Tembel

Jan Ethes pernah ditanya, apa makanan favoritnya. Cucu pertama Jokowi itu menjawab ayam goreng harjo, atau ayam goreng Sukaharjo. Lokasi ayam goreng Mbah Karto memang tak persis di kota Solo, tapi di Sukahajo.

 Ayam Mbah Karto

Tampilannya memang seperti ayam goreng biasa, yang menjadi daya tariknya adalah bumbu yang meresap di dalamnya. Diracik dengan bumbu khas, diungkep selama sekitar 1,5 jam, kemudian digoreng. Disajikan dengan urap dan sambal berwarna gelap atau sambel blondo.

6 dari 8 halaman

Soto Gading

Kedai soto ini terletak di jalan brigjen Sudiarto no:75, Solo. Menurut sang pemilik Toni, sebetulnya warung sotonya sama seperti warung soto kebanyakan. Menyajikan hidangan soto khas Jawa tengah yang kaya rempah.

 Soto Gading

Isiannya juga sama, berupa bihun, ayam dan kol. Harganya pun sangat terjangkau, Rp12 ribu per porsi. Hal yang membuat berbeda adalah makanan pendamping yang sangat beragam di meja dan bikin 'ngiler'. Seperti sate usus, sate telur puyuh, sosis, tempe, tahu, kikil, kulit dan masih banyak lagi.

7 dari 8 halaman

Soto Triwindu

Ada lagi menu soto favorit keluarga Presiden Jokowi, yaitu Soto Triwindu. Soto ini menyajikan soto daging dengan kuah yang kaya rempah.

 Soto Triwindu

Murwani, sang pemilik, mengungkap kalau daging yang digunakan merupakan daging pilihan.Hal itulah yang membuat sajian sotonya begitu laris dan disukai banyak orang. 

8 dari 8 halaman

Lihat Video Kulineran di Solo ala Presiden Jokowi

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id