Minimalisir Makanan Terbuang, Restoran Donasikan Surplus Produk

Culinary | Jumat, 25 Februari 2022 11:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Makanan yang sudah tidak bisa disajikan pada pelanggan sesuai SOP namun secara kualitas masih baik ini biasa disebut surplus produk

Dream - Banyak makanan yang berakhir di tempat sampah. Menurut data riset FoodCycle, sejak tahun 2000 hingga 2019, sampah makanan di Indonesia mencapai 23 juta hingga 48 juta ton.

Jumlah limbah makanan di Indonesia dalam satu tahun setara dengan makanan yang dapat dikonsumsi 28 juta orang.

Bahan makanan yang terbuang ini umumnya bersumber dari restoran. Bahan makanan tersebut tidak dapat disajikan karena sudah melewati batas waktu penyimpanan.

Padahal makanan tersebut masih bisa diolah dan dikonsumsi. Namun banyak restoran yang mengutamakan kualitas dan kesegaran produk yang disajikan jadi harus mengikuti standar dan ketentuan.

Makanan yang sudah tidak bisa disajikan pada pelanggan ini biasa disebut surplus produk.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Surplus produk ini makanan masih aman. Misalnya di umum orang bisa menyimpan ayam berapa hari, tapi secara kualitas sudah menurun. Tapi di Mc Donald’s ada SOP tersendiri (jadi kualitas yang sudah menurun tidak dapat disajikan),” jelas Imam Gazali, Quality Assurance Manager McDonald’s Indonesia, pada konferensi pers McDonald’s Indonesia Gandeng FoodCycle Indonesia Kelola Surplus Makanan, Kamis 24 Februari 2022.

Minimalisir Makanan Terbuang, Restoran Donasikan Surplus Produk
Shutterstock
2 dari 5 halaman

Kelola Surplus Produk

Menghindari pembuangan bahan makanan. McDonald's Indonesia bekerja sama dengan FoodCycle menyelenggarakan program Food Rescue.

Program ini untuk mengelola donasi surplus makanan dari restoran McDonald’s Indonesia untuk kemudian dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Surplus produk yang sudah kami berikan seperti patty, daging beku masih beku, cookies, dan mufin. Juga chicken mc nugget dan chicken patty serta produk yang digoreng,” tambah Imam.

 

3 dari 5 halaman

Amankan Produk Surplus Dikonsumsi?

Surplus produk yang dibagikan adalah makanan yang masih layak dan aman untuk dikonsumsi dan masih memiliki kandungan nutrisi yang baik.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kami pernah melakukan pemeriksaan untuk makanan yang dibagikan pada program ini baik secara rasa, segi penampilan, tekstur, dan rasa. Kami memilih produk yang digoreng supaya tetap aman dikonsumsi oleh penerima donasi,” tambah Imam.

 

4 dari 5 halaman

Sudah Bagikan Surplus Sebanyak 9,8 Ton Sejak 2020

Program Food Rescue ini telah berjalan secara kontinyu sejak tahun 2020.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kerja sama ini kami lakukan sebagai bentuk partisipasi aktif untuk mengambil bagian dalam meminimalisir surplus produk serta membantu mengatasi tingkat kelaparan di Indonesia,” jelas Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia.

Sejak tahun 2020 hingga saat ini, McDonald’s Indonesia telah membagikan surplus produk lebih dari 9,8 ton makanan dan telah mendistribusikannya kepada total 51 yayasan yang membutuhkan.

5 dari 5 halaman

Meminimalisir Limbah Makanan

Kerja sama dengan FoodCycle merupakan wujud tanggung jawab McDonald's Indonesia terhadap lingkungan untuk meminimalisir limbah makanan.

Oleh karena itu, McDonald’s berpartisipasi aktif dalam mengambil langkah bijak untuk mengolah makanan berlebih.

“ Saat ini setiap harinya kami melakukan pengambilan surplus produk (Food Rescue) sebanyak dua kali sehari di store McDonald’s di wilayah Jakarta Utara dan Tangerang Selatan yang kemudian dikirimkan ke berbagai Yayasan yang tersebar di wilayah Jabodetabek,” jelas Cogito Ergo Sumadi Rasan, General Manager FoodCycle Indonesia.

Cogito menambahkan bahwa sebelum didistribusikan, produk akan diperiksa kembali kualitasnya dan dikemas ulang. Timnya juga memastikan kepada pihak penerima manfaat, baik dari panti dan nonpanti untuk segera mengkonsumsi produk pada hari yang sama

Join Dream.co.id