Menyegarkan, Ini 6 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan

Culinary | Selasa, 27 April 2021 06:12
Menyegarkan, Ini 6 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Daging dan airnya bisa dikonsumsi, kelapa muda menyimpan banyak manfaat untuk dukung kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat kelapa muda telah banyak dirasakan orang. Baik dari airnya maupun daging buahnya. Untuk kelapa muda sendiri adalah kelapa yang belum matang dengan warna hijau atau pun oranye pada bagian luarnya.

Saat kamu membuka kelapa muda, kamu akan melihat isinya yang Sebagian besar adalah air dengan lapisan daging putih tipis yang menyerupai jeli.

Saat masih muda, daging kelapa memang lebih tipis dibandingkan dengan kelapa yang sudah tua dengan daging putih tebalnya. Tetapi kamu bisa mengonsumsi daging kelapa muda ini dengan beberapa sajian.

Rasanya yang menyegarkan tentu saja membuat siapa pun suka dengan buah berbentuk bulat ini. Kelapa tidak bisa kamu konsumsi hingga usianya berkembang sekitar 7 bulan, walaupun untuk kelapa yang berusia 6 bulan sudah bisa kamu konsumsi airnya.

Sedangkan kelapa yang bisa kamu konsumsi adalah yang berusia 7 sampai 12 bulan, meskipun pada kematangan dagingnya akan mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya usia.

Buah yang memiliki nama latin Cocos nucifera ini menyimpan beberapa kandungan yang menyehatkan tubuh. Diantaranya berupa kalori dan gula pada airnya. Sedangkan pada dagingnya terkandung kalori, protein, lemak, gula, kalium, dan vitamin C.

Perlu kamu ketahui juga, kelapa muda memiliki kandungan kalium yang lebih besar daripada minuman olahraga lainnya. Bahkan lebih tinggi daripada kamu saat kamu mengonsumsi empat buah pisang.

Berikut adalah beberapa manfaat kelapa muda sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

2 dari 4 halaman

Kaya Gizi dan Nutrisi untuk Tubuh serta Mengurangi Tekanan Darah

 Ilustrasi Mengecek Tekanan Darah
© Freepik.com

Kaya Gizi dan Nutrisi untuk Tubuh

Manfaat kelapa muda dikarenakan adanya kandungan gizi serta nutrisi yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Dalam satu cangkir daging kelapa mentah parut terdapat 283 kalori, hamper 3 gram protein, 27 gram lemak, serta 12 gram karbohidrat. Termasuk di dalamnya terdapat 7 gram serat dan 5 gram gula.

Selain itu, dalam kelapa muda juga terdapat kandungan mangan dan mineral yang bisa mengaktifkan enzim untuk proses metabolisme, fungsi antioksidan, dan penyembuhan luka.

Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat kelapa muda lainnya untuk kesehatan adalah bisa mengurangi tekanan darah. Hal ini sebagaimana dilansir melalui Healthline, dalam penelitian kecil yang dilakukan pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi menunjukkan bahwa air kelapa bisa meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71 persen peserta.

Di dalam air kelapa juga terdapat 600 mg potasium dalam 8 ons. Selain itu terdapat kalium yang mampu untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi maupun normal.

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Jantung dan Mengatasi Diabetes

 Ilustrasi Mengalami Gangguan Jantung
© Freepik.com

Menyehatkan Jantung

Manfaat kelapa muda sangatlah baik untuk mendukung kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi air kelapa, hal ini bisa membantu kamu untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Melalui sebuah penelitian pada tikus yang mengonsumsi air kelapa menunjukkan terjadi pengurangan kolesterol darah dan trigliserida. Tikus ini mengalami penurunan lemak hati secara signifikan.

 

Mengatasi Diabetes

Manfaat kelapa muda juga bisa untuk mengatasi diabetes. Penyakit ini bisa menyerang siapa sajam, baik itu orang yang masih muda maupun yang sudah tua. Untuk menghindarinya, maka penting sekali untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Melalui sebuah penelitian pada hewan tikus, tikus yang mengalami diabetes kemudian diobati dengan air kelapa bisa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok control.

Dalam studi yang masih sama turut menemukan bahwa tikus yang diberikan air kelapa mempunyai hemoglobin A1c yang lebih rendah kadarnya. Di mana ini menunjukkan control gula darah dalam jangkan panjang yang tergolong baik. Namun, penelitian ini perlu dilanjutkan untuk mengetahui manfaatnya pada manusia.

4 dari 4 halaman

Mencegah Batu Ginjal dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

 Ilustrasi Pencernaan Terganggu
© Freepik.com

Mencegah Batu Ginjal

Keseringan untuk menahan buang air kecil bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya batu ginjal. Untuk menghindari kondisi ini, kamu perlu untuk mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup. Selain mengonsumsi air biasa, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi air kelapa.

Hadirnya batu ginjal bisa terbentuk saat kalsium, oksalat, serta senyawa lainnya saling tergabung dan akhirnya mengkristal dalam urine kamu. Hal inilah yang kemudian membentuk batu. Para penelitin mempercayai bahwa air kelapa bisa membantu untuk mengurangi produksi radikal bebas sebagai respons pada kadar oksalat dalam jumlah tinggi di urine.

 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat kelapa muda berikutnya bagi kesehatan adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan berupa serat yang tinggi pada kelapa muda. Dijelaskan oleh University of North Carolina di Chapel Hill bahwa serat makanan pada tanaman bisa membantu untuk meredakan sembelit, menambah jumlah besar pada tinja, membuat kadar gula darah menjadi normal, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu, daging dari buah kelapa bisa dijadikan sebagai camilan yang sangat baik. Setelah daging kelapa ini dipanen, maka dari potongan-potongan kecilnya bisa kamu konsumsi sesuai dengan kebutuhan saja.

Itulah 6 manfaat kelapa muda untuk kesehatan. Jika sahabat Dream tertarik untuk mendapatkan kesemua manfaatnya, yuk mulai mengonsumsi kelapa muda.

 

 

 

Join Dream.co.id