Menu Bebek Madura Dikemas Modern, Mau Cicip?

Culinary | Jumat, 15 Oktober 2021 12:49

Reporter : Mutia Nugraheni

Pilihannya ada sambal hitam dan sambal hijau.

Dream - Olahan bebek selalu saja bisa membangkitkan selera makan. Terutama jika disajikan dengan sambal pedas, dan bebek memiliki citarasa gurih dan empuk. Salah satu menu bebek yang jadi favorit banyak orang adalah Bebek Madura.

Kini, menu tersebut dikemas dengan modern kekinian oleh BEKS. Bebek disajikan dengan sambal hitam yang ditaburi dengan aneka rempah. Jika ingin rasa pedas yang sedikit melenting, BEKS menyediakan sambal hijau. Porsi sambal bisa diukur seturut selera masing-masing.

Bumbu dan rempah yang khas membedakan menu BEKS dari sajian bebek goreng kedai yang lain. Untuk membuat menu di BEKS, rupanya melibatkan salah satu tokoh kuliner ternama Indonesia, William Wongso

Selain menu yang memanjakan lidah dan bergizi itu, BEKS juga mengemas menu sajian mereka berdasarkan kebutuhan, dan tentu saja karena masih dalam masa pandemi, juga ramah dengan protokol kesehatan.

Berbekal inovasi yang kini sedang ramai di industri food and beverages (F&B) dan sarana marketing yang terus berbiak di era digital ini, BEKS menyatukan cara konvensional dan sistem digital, dalam menjangkau para customer.

Penasaran seperti apa rasa Bebek Madura BEKS? Sahabat Dream bisa mendatangi kedainya di Lampiri, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

 

Menu Bebek Madura Dikemas Modern, Mau Cicip?
Beks Indonesia
2 dari 6 halaman

Bebek Hitam Kepahiang, Apa Istimewanya?

Dream - Bagi penyuka olahan bebek, mungkin sudah akrab dengan menu bebek goreng. Sudah pernah mencoba bebek hitam Kepahiang? Bebek satu ini memiliki citarasa khas Bengkulu.

Sangat kaya akan rempah dan memiliki kekhasan kulit bebek yang berwarna kehitaman dengan daging kemerahan. Rupanya, rahasia di balik lezatnya menu Bebek Kepahiang terletak pada penggunaan bumbu Keluwak dan belasan bumbu lainnya yang melalui proses marinasi selama lebih dari 24 jam.

 Bebek Hitam Kepahiang, Apa Istimewanya?© MEN

Setelah proses marinasi, daging bebek akan “ diungkep” atau dikukus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga teksturnya menjadi lembut dan bumbu meresap sempurna. Sahabat Dream sudah pernah mencobanya?

Menu bebek ini disajikan di Restoran Bebek Kepahiang Babase (BKB). Kata “ Kepahiang” diambil dari nama sebuah daerah di Bengkulu yang juga merupakan nama sejenis buah, yaitu “ Keluwak” yang biasa digunakan sebagai bumbu masak.

 

3 dari 6 halaman

Buah Keluwak ini pun yang menjadi bumbu utama menu Bebek Kepahiang yang menjadi menu andalan dari BKB. Bebek biasanya disajikan dengan empat varian, yaitu Sambal MK (Mabuk Kepahiang), Sambal Ijo Candu, Sambal Mangga, dan Sambal Matah.

 Bebek Kepahiang© BKB

“ Bebek BKB selalu mengutamakan kualitas dari sajian yang kami hidangkan, mulai dari daging, seluruh bumbu, dan bahan yang kami gunakan, hingga konsistensi cita rasa. Di tengah situasi pandemi ini, tentunya standar kebersihan dan kesehatan pun menjadi prioritas utama kami,” ujar Direktur PT Nuansa Kulinari Indonesia Erik Widyan Susanto.

 

4 dari 6 halaman

Cerita Bebek Peking, Santapan Bangsawan Tiongkok

Dream - Sajian bebek Peking memang selalu menggugah selera siapapun yang melihat dan menghirup aromanya. Kulit bebek yang garing dan mengkilap, serta potongan dagingnya yang sangat empuk dan kaya bumbu.

Ditambah dengan saus hoisin serta sayuran sebagai pelengkap. Bebek peking ini juga dinikmati dengan kulit lumpia, irisan daun bawang serta mentimun. Menu ini memang cukup mahal, sejarahnya pun menunjukkan kalau bebek Peking bukan menu biasa.

 Cerita Bebek Peking, Santapan Bangsawan Tiongkok© MEN

Dikutip dari Culture Trip, bukti sejarah mengungkap kalau menu bebek Peking tercatat dalam bentuk buku resep dari tahun 1330 milik seorang dokter gizi Kekaisaran China bernama Hu Sihui. Hu menuliskan pembuatan bebek Peking yang sangat rumit.

Salah satunya, tahapan bebek yang dipanggang didalam perut domba. Masakan bebek Peking ini awalnya berasal dari bekas ibukota China, Nanjing, yang terletak di provinsi timur Jiangsu.

Pada zaman dinasti Ming, ketika kekaisaran pindah ke Beijing, masakan ini juga dibawa. Saat itu, bebek Peking adalah makanan pokok pada menu kekaisaran menu.

Saat pemeritahan dinasti Qing, bebek Peking menyebar ke kaum bangsawan, di mana hidangan itu banyak dipuji dalam tulisan-tulisan para sarjana dan penyair.

Rasanya yang lezat, teksturnya yang lembut lalu jadi buah bibir. Hal ini tak lepas dari proses memasaknya yang sangat rumit.

5 dari 6 halaman

Bebek Terbaik

Memasak bebek Peking dimulai dari pemilihan bebek yang terbaik. Bebek berbulu putih dibebaskan di pekarangan selama 45 hari. Setelah itu, bebek diberi banyak makanan selama 15 hingga 20 hari.

 Bebek peking© Bebek peking

Setelah itu, disembelih, dibersihkan, dicuci, dan direbus. Udara kemudian dipompa di bawah kulit sehingga terpisah dari lemak.

Selanjutnya, bebek digantung hingga kering dan dilapisi dengan sirup maltosa untuk membuat kulit ekstra renyah.

 

6 dari 6 halaman

Metode Memanggang yang Khas

Baru kemudian bebek dipanggang. Bisa menggunakan oven tertutup tradisional atau metode gantung yang dikembangkan pada 1860-an. Dua restoran bebek Peking yang paling terkenal di Beijing mewakili dua tradisi pemanggangan yang berbeda.

Restoran Bianyifang yang sudah ada sejak abad ke-15, menggunakan metode oven tertutup, di mana bebek dimasak oleh panas yang memancar dari dinding oven.

 Bebek peking© Bebek peking

Sementara itu, restoran Quanjude menggunakan teknik oven gantung yang ditemukan oleh pendirinya, Yang Quanren. Dalam metode ini, bebek digantung dengan pengait yang terpasang di langit-langit dan dipanggang di atas kayu yang terbakar.

Panas dari asap akan membuat kulit bebek menjadi garing. Sementara bagian dalamnya sangat lembut. Luar biasa memang menu bebek satu ini.

Terkait
Join Dream.co.id