Mau Jadi Celebrity Chef? Cari Tahu Syaratnya

Culinary | Senin, 16 September 2019 10:48
Mau Jadi Celebrity Chef? Cari Tahu Syaratnya

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bukan hanya sekadar bisa masak.

Dream - Sejak munculnya acara pencarian chef terbaik, semakin banyak orang yang tertarik pada dunia kuliner. Tidak sedikit yang mulai menjajal keahlian di dapur dan membuat resep masakan sendiri.

Tapi tahukah Sahabat Dream, seorang chef bukan hanya bisa masak. Ada banyak keahlian yang harus dimiliki. Salah satu profesi chef yang kini banyak diminati adalah menjadi celebrity chef. Seperti apa gambaran pekerjaan ini?

" Celebrity chef pekerjaannya unik. Nggak bisa semua yang jago masak tampil dan ngomong di depan orang," kata Chef Yuda Bustara, seorange saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

2 dari 6 halaman

Memasak di depan kamera

Celebrity chef boleh dibilang seorang ahli masak yang terlatih untuk tampil di depan kamera dan menyajikan proses memasak secara interaktif, menarik dan tentunya menghibur. Nah, secara teknis, memasak di depan kamera memiliki proses yang sangat berbeda dengan memasak langsung di dapur.

 yuda bustara

(Yuda Bustara)

Ada konsep dan teknis yang harus disiapkan secara detail agar mendapat gambar yang indah sekaligus memberi informasi proses memasak secara detail.

" Ada cut-cutnya. Saya aja buat Youtube bisa satu resep 4 jam, padahal resepnya durasi akhir 5 menit. Tapi karena banyak teknis, lampu, salah ngomong dan lain-lain jadi lebih lama," ungkap Yuda.

3 dari 6 halaman

Kemampuan dan pengalaman

Bagi yang tertarik menjadi celebrity chef, Yuda menyarankan untuk melatih skill. Sangat disarankan untuk sekolah memasak formal agar memiliki dasar yang baik.

 Hindari 3 Kesalahan Saat Membumbui Masakan

" Hal yang penting itu pengalaman supaya bisa memasak. Pengalaman nggak bisa dibohongin. Tapi kalau saya memang dari pendidikan formal jadi saya lebih gampang aja karena dikasih tips dan bekal untuk industri," ungkapnya.

 

4 dari 6 halaman

Diam-Diam, Cara Inspektur Michelin Menilai Sebuah Restoran

Dream - Predikat Michelin Star pada sebuah restoran jadi hal yang sangat bergengsi. Untuk mendapatkannya, sebuah restoran tak bisa memesan atau sengaja mengkondisikannya.

 Chef Michelin Star Sajikan Menu Fusion di Jakarta

Penghargaan ini merupakan pengakuan dari para pakar kuliner yang tergabung dalam dewan Michelin Guide. Dengan predikat tersebut, sebuah restoran dijamin bakal terkenal, antreannya mengular, bahkan hingga hitungan bulan.

Di Indonesia sendiri ada 6 restoran yang masuk dalam Michelin Star Guide. Satu-satunya yang menyajikan hidangan klasik Indonesia adalah restoran Merah Putih di Seminyak.

Sementara, lima restoran lainnya menyajikan masakan Eropa dan sebagian besar berlokasi di Bali. Bagaimana restoran tersebut mendapatkannya?

 

5 dari 6 halaman

Inspektur bekerja diam-diam

Dewan Michelin Guide memiliki semacam penilai yang mereka sebut inspektur. Seperti dikutip dari Howstuffwork, para inspektur ini akan datang ke restoran-restoran yang masuk dalam 'radar' dewan secara diam-diam.

 Michelin

Mereka datang layaknya konsumen biasa, membayar dan merasa fasilitas yang ada lalu memberi penilaian. Tak hanya datang sekali, bahkan bisa beberapa kali. Para inspektur ini bekerja khusus untuk Michelin Guide dan pengetahuan kulinernya sudah teruji.

6 dari 6 halaman

4 Penilaian Utama

Dalam menilai sebuah restoran, inspektur ini bakal melihat lima aspek. Yaitu kualitas masakan, penguasaan rasa dan teknik memasak, kekhasan koki dalam masakannya, harga dan konsistensi rasa.

 Chef

Jadi, apa yang dibutuhkan restoran dan koki untuk mendapatkan bintang Michelin yang bergengsi?

" Memasak dengan melibatkan rasa dan sentuhan manusia. Tidak ada proses yang cepat. Koki harus berlatih tahap demi tahap untuk mengasah kemampuan mereka mengolah masakan," Lam Ming Kin, koki / pemilik Longtail, restoran berbintang Michelin di Taipei, Taiwan.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id