Manis dan Menyegarkan, Inilah 7 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan

Culinary | Selasa, 13 September 2022 15:12

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Buah leci kaya akan kandungan serat yang sangat baik bagi saluran pencernaan.

Dream – Buah leci cukup populer. Apalagi rasa buah ini terasa familiar di lidah karena menjadi perasa beberapa jenis makanan dan minuman, seperti agar-agar, berbagai jenis es, dan sebagainya. Rasanya yang menyegarkan membuat buah leci cocok jadi pilihan.

Tapi, apakah sahabat Dream pernah mengonsumsi buah leci secara langsung? Sekilas mungkin buah ini hampir mirip dengan rambutan. Berbentuk bulat dan berwarna merah. Bedanya jika rambutan bagian permukaan kulitnya memiliki rambut-rambut, sedangkan leci berupa gerigi-gerigi yang tidak tajam.

Bahkan saat sahabat Dream membuka kulitnya, daging buah leci pun mirip seperti rambutan, yakni berwarna putih dengan biji di tengahnya. Selain memiliki rasa yang segar, manfaat buah leci juga bagus bagi kesehatan lho, sahabat Dream.

Hal ini karena adanya kandungan berbagai nutrisi di dalam buah leci yang sangat diperlukan oleh tubuh. Misalnya saja vitamin C, serat, flavonoid, polifenol, tembaga, dan kalium.

Buat kamu yang penasaran apa saja manfaat buah leci bagi kesehatan, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

Manis dan Menyegarkan, Inilah 7 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah leci yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ya, kekebalan tubuh adalah hal yang paling penting. Dengan kekebalan tubuh yang baik, maka sahabat Dream bisa terlindung dari berbagai penyakit.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa buah leci memiliki kandungan lebih dari 100 persen asam askorbat untuk kebutuhan harian. Kemudian kandungan vitamin C dalam buah leci akan membantu merangsang aktivitas sel darah putih yang berperan melindungi tubuh kamu dari paparan benda asing yang berbahaya.

Mengatur Tekanan Darah

Tekanan darah haruslah selalu diperhatikan dengan baik dan dikontrol agar tetap stabil. Jangan sampai tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Nah, salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mengatur tekanan darah adalah dengan mengonsumsi buah leci.

Buah leci memiliki kandungan kalium serta rendah akan natrium. Sehingga mampu untuk mengatur tekanan darah. Keberadaan kalium akan mengurangi penyempitan arteri dan pembuluh darah. Dengan begitu bisa membantu untuk menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan© Freepik.com

Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian sebagian besar orang. Sehingga tak mengherankan jika ada berbagai cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh impian itu. Baik dengan mengatur pola makan dan menjalani olahraga secara rutin.

Salah satu buah yang penting untuk kamu konsumsi saat sedang menurunkan berat badan adalah leci. Leci memiliki kandungan air dalam jumlah tinggi dan kandungan lemak yang hampir bisa diabaikan. Jadi, buah ini cocok sekali untuk membantu sahabat Dream menurunkan berat badan. Rasanya juga manis dan menyegarkan. Hal yang tak kalah penting adalah bahwa buah leci rendah akan kalori.

Membantu Pencernaan

Manfaat buah leci berikutnya adalah bisa membantu pencernaan. Hal ini karena buah tersebut kaya akan kandungan serat yang bisa mengatur pergerakan usus dengan memastikan kelancaran pada saluran pencernaan. Selain itu, buah ini juga akan menambah massa pada tinja sehingga bisa bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah sembelit maupun masalah pencernaan lainnya.

Ketika sahabat Dream mengonsumsi buah leci, maka nantinya buah ini akan merangsang cairan lambung dan pencernaan akan meningkatkan penyerapan nutrisi secara efisien.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan© Unsplash.com

Berpotensi Sebagai Antiviral

Buah yang memiliki nama latin Litchi chinensis sonn. ini berpotensi sebagai antiviral atau sebagai antivirus. Menyadari bahwa virus yang ukurannya sangat kecil, bahkan tidak bisa terlihat dengan mata telanjang bisa ada di mana saja dan sewaktu-waktu bisa masuk ke dalam tubuh.

Nah, di dalam buah leci terkandung proanthocyanidins yang bisa memberikan antivirus kuat. Selain itu, ada juga lycheetannin A2 yang juga ada dalam buah leci dan mampu mencegah dari penyebaran virus.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat buah leci berikutnya adalah mampu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena adanya kandungan berupa tembaga dalam jumlah besar di dalam buah leci. Di mana keberadaan kandungan inilah yang membantu untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Kandungan seperti besi dan tembaga memiliki tanggung jawab untuk pembentukan sel darah merah (RBC). Dengan banyaknya sel darah merah, maka ini menandakan bahwa sirkulasi darah menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan oksigenasi organ dan sel.

Menyehatkan Kulit

Manfaat buah leci ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan kulit lho, sahabat Dream. Kamu pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik bukan? Solusinya adalah dengan mengonsumsi buah leci. Buah ini mampu melawan tanda-tanda penuaan. Di mana tanda-tanda penuaan ini bisa muncul dikarenakan paparan radikal bebas.

Buah leci sendiri memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioskidan dan nantinya akan membantu untuk melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Join Dream.co.id