8 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secukupnya

Culinary | Jumat, 20 Mei 2022 06:35

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Durian memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh.

Dream – Bagi orang Indonesia, durian termasuk buah yang disukai dan harganya cukup mahal. Ketika tiba musimnya buah durian, Sahabat Dream bisa dengan mudah menjumpai pedagang durian di pinggir-pinggir jalan.

Ada yang menjual durian di toko, bahkan ada juga yang menjual di atas mobil pick up dengan harga yang beragam. Aroma buah durian memang sangat khas dan mudah sekali ditandai. 

Dari kejauhan pun, aroma durian sudah bisa tercium. Ada juga sebagian orang yang tidak menyukai durian, baik rasa maupun aromanya.

Bagi pecinta durian, maka menghabiskan satu buah pun rasanya belum cukup. Selain kelezatan daging buahnya yang manis dan legit, manfaat buah durian ternyata sangat baik bagi kesehatan lho, sahabat Dream. Hal ini karena adanya kandungan nutrisi dan mineral yang dimiliki durian. Durian juga memiliki vitamin B, vitamin C, zat besi, potasium, lemak sehat, serat dan senyawa nabati.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah durian sebagaimana dirangkum Dream dari bola.com.

8 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secukupnya
Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan haruslah dijaga dengan sangat baik. Demi kelancaran sistem pencernaan, maka Sahabat Dream dianjurkan untuk tidak melewatkan makanan yang banyak mengandung serat. Kandungan inilah yang bisa kamu temukan di dalam buah durian.

Buah berduri ini memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sehingga sangat membantu dalam melancarkan pergerakan usus. Tak mengherankan jika durian menjadi salah satu buah pilihan untuk mengatasi sembelit.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah di dalam tubuh haruslah selalu dikontrol. Karena juga tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, tidak baik bagi tubuh. Salah satu buah yang bisa menjaga tekanan darah adalah durian karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Kandungan inilah yang berfungsi untuk mengontrol darah agar tetap dalam kondisi yang normal. Sebaiknya Sahabat Dream mengonsumsi durian dalam porsi yang cukup agar bisa menurunkan risiko terkenan tekanan darah tinggi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan© Unsplash.com

Menunjang Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital yang ketika mengalami masalah, maka akan sangat berbahaya. Tak sedikit orang yang kehilangan nyawa karena mengalami masalah pada organ jantungnya. Nah, salah satu manfaat buah durian adalah untuk menunjang kesehatan jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol jahat tidak baik bagi tubuh karena berisiko mendatangkan penyakit berbahaya. Terutama yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah yang lebih rendah.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah durian yang tak kalah istimewa adalah bisa menurunkan risiko kanker. Hal ini karena durian memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan berguna untuk mencegah terbentuknya sel abnormal di tubuh. Selain itu, durian juga mengandung polifenol yang bersifat antikanker.

Perlu Sahabat Dream ketahui juga bahwa durian mengandung vitamin A, B, dan E yang memiliki efek sama. Jadi, jika ingin terhindar dari penyakit kanker, Sahabat Dream bisa mengonsumsi buah durian dalam jumlah yang secukupnya saja.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan© Freepik.com

Menguatkan Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi adalah organ penting di tubuh yang berfungsi untuk menopang tubuh kita agar bisa berdiri tegak dan menjalankan berbagai aktivitas dengan nyaman. Untuk menguatkan tulang dan sendi, biasanya Sahabat Dream dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung kalsium, seperti susu.

Selain susu, Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi buah durian. Karena buah tersebut memiliki kandungan kalsium, kalium, dan magnesium. Kesemua mineral itulah yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Semua kandungan itu berperan dalam meningkatkan masa tulang, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memperbaiki kekuatan serat kolagen.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah durian lainnya adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti diketahui bersama bahwa kekebalan tubuh sangatlah penting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan vitamin C agar daya tahan tubuh bisa terjaga dengan baik.

Vitamin tersebut bisa sahabat Dream dapatkan dari buah durian. Tak hanya menjaga kekebalan tubuh saja, vitamin C juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Insomnia

Apakah Sahabat Dream yang mengalami insomnia? Kondisi ini membuat seseorang kesulitan untuk bisa tidur dalam waktu yang cepat. Hal ini pun bisa berpengaruh pada aktivitas pada siang hari, karena bisa saja saat siang merasa mengantuk setelah malamnya sulit tidur.

Buah durian memiliki senyawa bernama triptofan yang mampu memberikan efek mengantuk. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi berperan pada kualitas tidur seseorang yang baik. Bagi Sahabat Dream yang sulit tidur, bisa mencoba mengonsumsi buah durian secara teratur untuk mengatasinya.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah durian berikutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Masalah ini dihadapi oleh sebagian orang dan berpengaruh pada penampilannya. Penuaan dini ditandai dengan adanya kerutan di wajah.

Sahabat Dream bisa mencegah kondisi tersebut dengan mengonsumsi buah durian. Hal ini karena buah durian memiliki kandungan antioksidan yang ampuh dalam melawan serangan radikal bebas. Dengan begitu, sel-sel di tubuhmu akan terhindar dari terjadinya kerusakan. Jadi, bagi kamu yang mengonsumsi buah durian bisa membuatmu lebih awet muda. (mut)

Join Dream.co.id