8 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan, Lancarkan Peredaran Darah hingga Kontrol Berat Badan

Culinary | Sabtu, 3 September 2022 06:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Biji mahoni biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh yang diseduh.

Dream – Pernahkah Sahabat Dream melihat pohon mahoni? Cukup mudah dijumpai, pohon mahoni biasanya berukuran tinggi besar dan sering tumbuh di pinggir jalan dengan daun yang rindang. Tak hanya berfungsi sebagai tempat berteduh, pohon mahoni ternyata menghasilkan buat yang bijinya menyimpan khasiat yang istimewa.

Biji mahoni berbentuk pipih dan berwarna cokelat kehitaman. Bagian ini memiliki rasa yang pahit tetapi manfaat biji mahoni sudah banyak diakui. Kandungan biji mahoni adalah flavonoid, saponin, dan alkaloid yang ketiganya berperan sebagai antioksidan.

Namun cara mengonsumsi biji mahoni tak bisa dimakan langsung melainkan harus melalui proses pengolahan seerti layaknya minuman teh. Sahabat Dream hanya perlu menyeduhnya sebelum bisa mendapatkan khasiat dari biji tersebut.

Untuk mengetahui apa saja manfaat biji mahoni untuk kesehatan, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui bola.com.

8 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan, Lancarkan Peredaran Darah hingga Kontrol Berat Badan
Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)
2 dari 5 halaman

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan© Freepik.com

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat biji mahoni yang pertama adalah bisa melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu saja, mengonsumsi biji mahoni juga ampuh untuk membersihkan pembuluh darah dari kolesterol yang menyumbat dan mengatasi tekanan darah tinggi. Nah, bagi sahabat Drean yang ingin terhindar dari penyakit jantung dan stroke, maka bisa mengonsumsi biji mahoni.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat biji mahoni berikutnya adalah bisa mengontrol kadar gula darah. Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa adanya saponin dalam biji mahoni memiliki efek hipoglikemik atau bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Bahkan hal ini lebih baik daripada jenis obat antidiabetes.

3 dari 5 halaman

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi organ penting bagi tubuh. Jika jantung mengalami masalah, maka kesehatan seseorang juga akan mengalami masalah. Bahka tidak sedikit orang yang kehilangan nyawanya secara tiba-tiba karena masalah pada jantung. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Translational Medicine menemukan bahwa orang yang mengonsumsi flavonoid tinggi lebih rendah risikonya terkena kardiovaskular.

Nah, di dalam biji mahoni terdapat saponin yang ampuh untuk menyehatkan jantung. Kandungan inilah yang bisa menurunkan kolesterol dan kadar lemak di tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba mengonsumsu biji mahoni ya, sahabat Dream.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan haruslah selalu dijaga kesehatannya agar lancar. Tentunya agar sistem pencernaan menjadi lancar, sahabat Dream harus memenuhi asupan serat secara cukup. Selain itu, sahabat Dream bisa mengonsumsi biji mahoni yang di dalamnya terdapat suatu sneyawa yang bisa membantu melancarkan proses metabolisme. Dengan begitu, sahabat Dream pun bisa melakukan buang air besar secara lancar.

4 dari 5 halaman

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan© Freepik.com

Sebagai Antioksidan Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan antioksidan yang akan mendukung tubuh agar tetap sehat. Untuk memenuhi antioksidan, tentunya sahabat Dream harus memilih makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, flavonoid juga adalah agen antioksidan yang kuat. Flavonoid bisa mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas yang membuat stres oksidatif.

Nah, kandungan inilah yang bisa sahabat Dream dapatkan dari biji mahoni. Dengan mengonsumsinya, hal ini akan membantu tubuh agar tetap terjaga kesehatannya.

Mengatasi Gangguan Tidur

Adakah di antara sahabat Dream yang mengalami gangguan tidur? Tentu ini menjadi kondisi yang menyulitkan. Apalagi jika memikirkan pagi harinya kamu memiliki serangkaian aktivitas yang harus dikerjakan. Maka sudah seharusnya malam hari menjadi waktu untuk beristirahat secara maksimal.

Nah, untuk mengatasi gangguan tidur, sahabat Dream bisa mengonsumsi biji mahoni. Karena di dalamnya terdapat kandungan saponin dan flavonoid yang ampuh untuk mengatasi masalah insomnia. Kandungan di dalam biji mahoni bisa membuat otot sahabat Dream lebih rileks dan tenang. Jadi tidurmu pun lebih nyenyak dan pastinya berkualitas.

5 dari 5 halaman

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan© Pixabay.com

Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat biji mahoni juga bisa untuk mengatasi nyeri haid. Kondisi inilah yang kerap dialami oleh sebagian besar perempuan ketika tiba masanya haid. Rasa nyeri di perut terkadang membuat seseorang tidak mampu melakukan aktivitas dan hanya ingin berbaring saja.

Di dalam biji mahoni terdapat kandungan flavonoid dan berbagai mineral penting yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid tiba. Kemudian ada sifat antiperadangan yang ampuh mengatasi nyeri yang dirasakan.

Mengontrol Berat Badan

Masalah berat badan memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian besar orang, baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, penting sekali agar berat badan selalu dikontrol dengan baik. Selain memerhatikan pola makan dan mengimbangi dengan olahraga, sahabat Dream juga bisa mengonsumsi biji mahoni.

Biji mahoni memiliki sifat hipoglikemik yang akan menjaga kadar gula di dalam darah agar dalam batas yang normal serta mencegah naiknya insulin. Selain itu juga akan menghambat pelepasan lipase, yakni enzim yang memecah lemak makanan. Dengan begitu, nantinya tubuh akan lebih sedikit dalam menyerap lemak.

Join Dream.co.id