Menu Karbohidrat Terbaik Buat Makan Malam, Nasi Atau Roti?

Culinary | Rabu, 26 Agustus 2020 08:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Manakah yang tidak menyebabkan peningkatan berat badan?

Dream - Biasanya, kita disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak protein ketika ingin menurunkan berat badan. Namun, terkadang sulit menghindari karbohidrat.

Akhirnya, kita mencoba menemukan alternatif yang lebih sehat dan rendah kalori. Karbohidrat yang paling sering menjadi dilema adalah nasi atau beras dan roti. Manakah yang lebih baik dari keduanya?

Dilansir dari Times of India, keduanya tidak memiliki banyak perbedaan dari segi nutrisi. Keduanya diproses dari biji-bijian dan yang membedakan adalah kandungan sodiumnya.

Menu Karbohidrat Terbaik Buat Makan Malam, Nasi Atau Roti?
Source: Shutterstock.com
2 dari 4 halaman

Kandungan nutrisi pada beras atau nasi

 Nasi© Shutterstock.com
Beras memiliki sangat sedikit kandungan natrium. Sedangkan, 120 gram gandum mengandung 190 miligram sodium. Nasi putih menghilangkan nutrisi utamanya. Jadi, nasi mengandung lebih banyak kalori dan sedikit nutrisi.

Sebanyak 60 gram nasi mengandung 80 kalori, 1 gram protein, 0,1 gram lemak serta 18 gram karbohidrat. Sedangkan, roti terbuat dari gandum yang lebih bernutrisi daripada nasi.

3 dari 4 halaman

Kandungan nutrisi pada roti

 Roti© Shutterstock.com
Roti bisa mengandung 71 kalori, 3 gram protein, 0,4 gram lemak serta 15 gram karbohidrat. Beras mengandung lebih sedikit fosfor dan magnesium daripada gandum.

Tapi, keduanya sama-sama mengandung folat dan zat besi dengan kadar yang sama. Keduanya juga memiliki manfaat kesehatan.

Nasi yang dicampur dengan dal mengandung asam amino serta menjadi sumber protein. Hal ini tidak dimiliki oleh makanan yang termasuk plant-based.

Sedangkan, roti yang dibuat dengan barley, sorghum dan gandum dapat memberikan asupan kalsium, fosfor serta zinc untuk tubuh.

4 dari 4 halaman

Manakah yang lebih baik dikonsumsi?

Nasi maupun roti merupakan makanan yang sehat dan bisa dikonsumsi secara bergantian. Namun, kamu perlu memerhatikan porsi dan waktu makan. Jangan mengonsumsi makanan 3-4 jam sebelum tidur di malam hari.

Makan di malam hari bisa membuat perutmu terasa kembung dan mengurangi kemampuan untuk mencerna nutrisi yang ada pada makanan. Jika ingin lebih mengenyangkan, roti adalah pilihan yang tepat karena nasi mengandung lebih sedikit serat, protein maupun lemak.

Semangkuk besar nasi mengandung 440 kalori yang cukup banyak jika dikonversikan dalam jumlah protein. Konsumsi setengah mangkuk nasi atau 2 potong roti jika ingin menurunkan berat badan.

(Sumber: Times of India)

Join Dream.co.id