Makanan Wajib Icip Saat Mudik Via Jalur Tol Ngawi-Kertosono

Culinary | Kamis, 6 Juni 2019 06:01
Makanan Wajib Icip Saat Mudik Via Jalur Tol Ngawi-Kertosono

Reporter :

Jika bosan di jalan, tak ada salahnya untuk keluar tol dan menikmati dua menu lokal berikut.

Dream - Mudik selama perayaan Idul Fitri jadi hal yang ditunggu-tunggu. Bagi Sahabat Dream yang mudik jalur darah ke daerah Jawa Timur melalui tol Ngawi-Kertosono, jangan lupa untuk berwisata kuliner.

Jadikan perjalanan lebih seru dan penuh pengalaman dengan mencicipi makanan lokal setempat. Terutama yang memiliki cita rasa khas. Pihak Jasa Marga baru saja mengeluarkan " Peta mudik AntiBoring"

Jika bosan di jalan, tak ada salahnya untuk keluar tol Ngawi-Kertosono dan menikmati dua menu lokal berikut.

Nasi Pecel Yu Gembrot

Sebelum bangsa Indonesia merdeka, Yu Gembrot sudah menjajakan nasi pecelnya di seputaran pusat kota Madiun. Bayangkan bumbu kacang yang khas disiram ke dalam campuran nasi ditambah aneka sayur pilihan dan dilengkapi dengan beberapa lauk bikin cita rasa nasi pecel khas Madiun makin kuat.

Kini Warung Yu Gembrot masih tetap eksis hingga 3 generasi, tiap generasinya tetap menjaga keotentikan rasa nasi pecelnya. Tak heran, warungnya selalu dikunjungi banyak wisatawan.

Pasalnya, jarak pintu keluar tol Madiun ke warung Yu Gembrot cukup dekat, hanya ditempuh dalam 20 menit saja

 

2 dari 5 halaman

Ayam Panggang Gandu

Butuh waktu 20 menit dari pintu keluar tol Ngawi menuju desa Gandu untuk mencicipi Ayam Panggang Gandu khas Magetan.

Lokasi warung ini berada di dalam rumah warga sehingga kita akan merasakan sensasi makan seperti di rumah sendiri.

 Ayam panggang

Ada 2 jenis menu spesial yang menggoda seleramu, ayam panggang bumbu rujak dan ayam ledhok yang disajikan dalam porsi yang ngga main-main yaitu 1 ekor ayam kampung dalam tiap menunya.

Memang paling enak kulineran bersama keluarga atau teman sambil jalan-jalan di Jawa Timur. (ism)

3 dari 5 halaman

5 Sambal Khas Jawa Timur, Pedasnya Menantang Lidah

Dream - Sambal menjadi sajian yang tak boleh absen dalam menu makanan orang Indonesia. Sensasi rasa pedas nan gurih dalam sekejap bisa membangkitkan nafsu makan.

 5 Sambal Khas Jawa Timur, Pedasnya Menantang Lidah

Selain dari kawasan Pasunda, salah satu daerah yang sangat terkenal dengan ragam sambalnya adalah Jawa Timur.

Makanan dari daerah ini terkenal pedas, ditambah dengan pilihan sambal yang sangat menggiurkan. Banyak orang kepincut dengan sambal-sambal dari Jawa Timur.

Tak percaya? Kalau kamu berani, coba tantang lidah kamu dengan pedasnya sambal-sambal ini

Sambal Petis

Merupakan sambal yang terbuat dari petis udang, cabai rawit, bawang putih goreng, gula merah, garam dan kecap manis. Sambal petis memiliki cita rasa khas manis gurih. Biasanya, sambal ini disajikan bersama tahu goreng, gorengan atau camilan lain sebagai cocolan.

Sambal Bawang

Sambal bawang juga menjadi sambal khas Jawa Timur. Sambal bawang terbuat dari cabai rawit dan bawang putih serta garam. Sambal bawang memiliki cita rasa khas gurih sekaligus pedas mantap. Sambal bawang cocok disajikan bersama tempe, tahu, ayam atau ikan goreng. Sambal bawang juga cocok disajikan bersama sayur bening atau sayur sop.

4 dari 5 halaman

Jangan Lupa Jajal Sambal Ini

Sambal Tumpang

Sambal selanjutnya yang begitu khas dengan Jawa Timur adalah sambal tumpang. Sambal ini berasal dari kota Kediri, Jawa Timur.

 Sambal Tumpang

(Foto: Shutterstock)

 

Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe yang sudah basi atau tempe bosok kemudian dihaluskan bersama aneka bumbu yakni cabai rawit, bawang putih, lengkuas, daun salam, garam dan sedikit gula. Agar rasa sambal semakin gurih, sambal tumpang bisa disiram dengan minyak goreng panas.

5 dari 5 halaman

Sambal Pecel dan Kecap

Sambal Pecel (Kacang)

Blitar dan Madiun merupakan kota di Jawa Timur yang sangat terkenal dengan sambal pecel atau kacang. Sambal pecel memiliki cita rasa khas yang sangat menggugah selera. Sambal pecel adalah bumbu utama dalam sajian sayur pecel.

 Gurihnya Pecel Semanggi Langka Khas Kendal, Penasaran Mencoba?

Sambal Kecap

Sambal kelima yang begitu khas di Jawa Timur adalah sambal kecap. Sambal kecap terbuat dari irisan cabai rawit, bawang merah dan putih yang kemudian dicampur dengan kecap manis. Sambal ini memiliki cita rasa pedas mengugah selera dan segar. Sambal kecap sangat cocok disajikan bersama ikan bakar, ayam bakar atau bebek bakar.

(Sah, Laporan: Mimi Rohmitriasih/ Fimela.com)

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie
Join Dream.co.id