Kulkas Baru Ternyata Tak Boleh Langsung Dipakai

Culinary | Senin, 4 Juli 2022 08:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Banyak yang tak tahu soal fakta ini. Chef memberikan tips penting jika membeli kulkas baru.

Dream - Membeli kulkas baru pastinya kita ingin punya pendingin yang lebih efektif demi menjaga kesegaran bahan makanan dan minuman lebih tahan lama. Bagi Sahabat Dream yang berencana untuk membeli kulkas baru, ada satu hal yang wajib diketahui.

Setelah membawa kulkas yang baru ke rumah, tak bisa langsung dipakai. Chef Ken K S, seorang koki profesional lewat akun Instagramnya @thebiggerchef, menjelaskan hal penting saat menggunakan kulkas baru.

Jangan langsung memasukkan berbagai makanan dan minuman serta bahan mentah ke dalamnya. Dinginkan dulu selama 24 jam.

 Tips Mengatur Tata Letak Penyimpanan Makanan di dalam Kulkas, Biar Lebih Awet dan Terjaga Kualitasny© Shutterstock

" Kulkas harus dinyalakan dan dibiarkan kosong 1x24 jam sebelum dipakai," pesan Chef Ken.

Ia memaparkan alasannya. Menurut Chef Ken, kulkas harus dikosongkan dulu dan didinginkan.

" Setelah membeli, letakkan kulkas dan diamkan selama 24 jam lalu nyalakan dalam keadaan kosong 8-24jam agar kulkas mencapai suhu yang stabil baru kulkas siap digunakan," pesannya.

Saat suhunya sudah dingin dan mulai stabil, baru kemudian masukkan berbagai bahan makanan dan minuman. Hal ini agar makanan yang disimpan terjaga kesegarannya dan mesin bekerja lebih stabil.

 

Kulkas Baru Ternyata Tak Boleh Langsung Dipakai
Kulkas Baru/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Avokad Lebih Baik Ditaruh Kulkas atau Suhu Ruangan?

Dream – Mendapatkan buah avokad dengan kematangan yang pas, terkadang cukup sulit. Saat avokad masih kurang matang, cenderung keras dan sangat pahit. Bila terlalu matang, teksturnya jadi sangat lembek dan rasanya pun kurang enak.

Mungkin Sahabat Dream kebingungan saat membeli avokad dan membawanya ke rumah. Harus ditaruh dalam kulkas atau cukup di meja dapur dengan suhu ruangan? Saat membeli, sebaiknya memang tanya dulu pada penjual, apakah avokad sudah matang dan bisa langsung disantap atau harus menunggu dulu beberapa hari.

 Avokad© MEN

Hal itu akan sangat berpengaruh pada penyimpanannya saat kita membawa ke rumah. Kevin Takarada, seorang Chef Sushi di New York mengungkap kalau membeli avokad yang belum matang, cukup diamkan dan taruh di suhu ruangan.

 

 

3 dari 5 halaman

Sementara jika avokad sudah matang, sebaiknya segera disantap. Bisa dijadikan minuman, campuran makanan atau diolah menjadi menu lainnya. Bila memang avokad matang belum langsung disantap, baru simpan di lemari es.

" Semakin matang avokad, semakin sedikit waktu yang akan bertahan di lemari es. Jika hanya sedikit matang saat memasukkannya, itu bisa bertahan tiga hingga empat hari atau bahkan lebih lama," kata Ann Ziata, instruktur koki di Institute of Culinary Education, dikutip dari Martha Stewart.

 Buah Avokad Matang Lebih Cepat, Ketahui Caranya© MEN

Jika saat avokad dipotong dan ternyata belum sepenuhnya matang, Ziata merekomendasika trik tertentu. Lapisi avokad dengan perasan jeruk lemon dan minyak zaitun, tutup dengan plastik dan simpan di lemari es hingga teksturnya menjadi lembut.

Lalu, bila hanya ingin makan setengah avokad, Takarada merekomendasikan untuk menjaga lubang di dalam setengah lainnya dan membungkus permukaan yang terbuka dengan bungkus plastik. Selamat mencoba!

Laporan Siti Sarah Al Hafizd

4 dari 5 halaman

Unik, Makanan Disimpan di Kulkas ala Buku Perpustakaan

Dream - Lemari es atau kulkas jadi alat elektronik andalan kita untuk menyimpan makanan dan minuman agar tahan lama. Sudah ada rak dan kompartemen di dalamnya agar sayur, makanan beku, telur dan beragam bahan pangan bisa tersimpan rapi.

Bisa juga dimasukkan dulu ke wadah transparan agar lebih tertata. Pernahkah Sahabat Dream membayangkan bahan-bahan makanan disimpan dalam kotak seperti map lalu ditaruh secara vertikal di kulkas seperti buku di perpustakaan?

Nicole Mclaughlin, seorang desainer asal New York, Amerika Serikat, membagikan video kondisi kulkasnya yang unik di akun Instagramnya @nicolemclaughlin. Seluruh bahan makanan di kulkasnya disimpan di kotak panjang mirip buku.

 Penyimpanan makanan© @nicolemclaughlin.

Saat kulkas dibuka, isinya lebih mirip rak buku perpustakaan. Kotak berisi makanan berwarna hitam tersebut dilengkapi tulisan, yang menunjukkan makanan yang ada di dalamnya.

 

5 dari 5 halaman

Contohnya saat ia mengambil kotak hitam bertuliskan sandwich. Saat dibuka, tiap lembar plastik di dalamnya berisi bahan-bahan untuk membuat sandwich. Seperti roti, daging, keju dan sayuran.

Ia pun menumpuk bahan tersebut dan jadilah menu sandwich yang tampak lezat. Entah memang Nicole menata kulkasnya terlalu rapi atau hanya untuk konten. Bagaimana menurut, Sahabat Dream?

      View this post on Instagram

A post shared by nm (@nicolemclaughlin)

Laporan: Anzila Riskia Putri

Terkait
Join Dream.co.id