Kreatifnya Pedagang Asal Yogyakarta, Jual Es 'Robot Printer'

Culinary | Jumat, 17 September 2021 19:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Banyak orang penasaran dan kemudian membelinya.

Dream – Es sirup dengan banyak batu es yang dikemas dalam gelas plastik, memang terlihat sederhana. Siapa sangka minuman ini bisa jadi daya tarik karena pembuatannya.

Seorang pedagang es di Yogyakarta memanfaatkan printer bekas untuk diubah menjadi mesin peramu es sirup. Ia menyebutnya sebagai " Es Robot" . Harganya sangat murah, hanya Rp2.000.

Tak heran kalau banyak anak-anak penasaran ingin membelinya. Sebenarnya, es ini merupakan es biasa dengan beragam rasa. Hanya saja karena pembuatannya menggunakan " robot" dari printer, orang pun tertarik dan membeli.

 Es Krim robot© Instagram

Es tersebut membuat banyak warganet penasaran setelah diunggah oleh akun Instagram @jogjafooddestinations. Video tersebut memperlihatkan printer yang sudah dimodifikasi sehingga bisa mengeluarkan air dan mengisi gelas yang tersedia.

 

Kreatifnya Pedagang Asal Yogyakarta, Jual Es Robot Printer
Es Robot/ Instagram@jogjafooddestination
2 dari 8 halaman

Terdapat tulisan yang menempel pada printer tersebut berbunyi “ Es Robot 2000”. Untuk meracik rasa minumannya, pedagang ini meletakkan beberapa wadah kecil di belakangnya sehingga pelanggan bisa memilih rasa yang tersedia.

 Es krim robot© Instagram

Ide yang sangat out-of-the-box ini mendapat banyak reaksi lucu dari netizen. “ Epson menangis melihat ini,” tulis akun @petakan.hijau.

 

 

3 dari 8 halaman

Lihat video Es Krim Robot

Komentar lainnya datang dari akun @septyan_adi yang menulis “Bs sekalian nyetak foto". Lalu akun @bithailsa berkomentar “Anak teknik sepertinya ini".

“Sebenernya gak beda jauh sama water purifier. Hanya mengalirkan air ke gelas yg sdh ada. Tapi kreatif juga walau bisa dibilang lebih cepat manual,” ungkap akun @nico.septa.

Definisi kreativitas tanpa batas ya, Sahabat Dream. Lihat saja videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by INSTAGRAM KULINER JOGJA (@jogjafooddestinations)

Laporan Elyzabeth Yulivia

4 dari 8 halaman

Es Krim Marmut Jadi Sajian Favorit di Ekuador, Mau Coba?

Dream - Biasanya, rasa es krim berupa sesuatu yang manis seperti cokelat, stroberi, atau vanila. Namun seorang wanita asal Ekuador mengeksekusi sebuah ide nyeleneh. Ia membuat es krim yang sangat tak biasa namun sangat populer, guinea pig.

Di Indonesia, hewan pengerat ini biasa disebut dengan marmut tetapi ukurannya lebih besar. Guinea pig berasal dari wilayah pegunungan Andes di Amerika Selatan. Hewan ini sering dijadikan hewan peliharaan di rumah yang menyenangkan.

Di negara-negara Amerika Selatan seperti Ekuador, Peru, atau Bolivia, orang memasak guinea pig dengan garam dan menyajikannya dengan kentang dan saus kacang.

Namun, di negara-negara itu pula minat warga pada es krim rasa guinea pig kian meningkat, seperti dikutip dari Oddity Central. Maria del Carmen Pilapana, wanita asal Quito telah menjual ratusan es krim guinea pig per hari selama beberapa bulan terakhir.

5 dari 8 halaman

Ketika berita tentang kelezatan es krim marmut menyebar dari mulut ke mulu, permintaan es krim itu makin meroket. Ide membuat es krim marmut datang sekitar setahun yang lalu, setelah ia tak lagi bekerja di restoran.

Usai kehilangan pekerjaan gara-gara perusahaan tempatnya bekerja bangkrut, Maria lalu mendedikasikan diri untuk memasak. Ia mengikuti lokakarya dan pameran untuk mengambil sebanyak mungkin informasi.

 Marmut© Pixabay

Di salah satu pekan raya, seperti Guinea Pig Fair tahunan, dia memutuskan untuk mencoba marmut sebagai cita rasa es krim buatannya. Ia sudah menyajikan es krim buah sebelumnya, tapi seseorang menantangnya untuk mencoba sesuatu yang lebih unik, dan itu tak lebih dari sekadar kelinci percobaan.

 

6 dari 8 halaman

Eksperimen satu bulan

Butuh waktu sebulan untuk mendapatkan formula es krim rasa marmut yang pas. Awalnya, María mencoba menggunakan dendeng guinea pig yang dihancurkan, tapi tak membuahkan hasil. Ia kemudian mencoba daging marmut panggang, tapi ternyata bermasalah juga.

 7 Fakta Unik Seputar Es Krim© MEN

Ia akhirnya menemukan sesuatu ketika mencoba merebus daging selama dua jam untuk mendapatkan kaldu yang benar-benar terkonsentrasi. Ia lalu mencairkan daging juga dan dicampur dengan kaldu untuk membuat pate guinea pig. Setelah itu, ia mengolahnya jadi es krim.

 

7 dari 8 halaman

Pate daging dicampur dengan puree buah, seperti markisa atau naranjilla, lalu whipped cream dan susu kental. Setelah dibekukan selama sehari, es krim marmut siap disajikan. Maria menaburkannya dengan kacang yang dihancurkan dan menjualnya seharga 1 dolar per kerucut atau 12 dolar per liter.

 Buat Es Krim Vanila dari 3 Bahan© MEN

" Keluarga saya dan suami saya mengira saya gila. Mereka tak mengira ada orang yang mau es krim ini, tapi sekarang es krim ini adalah produk utama kami," kata María.

 

8 dari 8 halaman

Ingin kembangkan varian rasa lainnya

Ia menjual es krim marmutnya dari sebuah kios di sebelah jalan raya yang menghubungkan ibu kota Ekuador, Quito, dengan Kota Sangolqui.

 Es krim© MEN

Maria biasanya menyiapkan sekitar 150 es krim marmut per minggu, tapi sekarang setelah lebih banyak orang mengetahuinya, permintaan pasti akan meningkat. Maria kini mencoba membuat varian rasa es krim unik lainnya, seperti rasa kepiting atau ayam.

 

Join Dream.co.id