Sensasi Nikmati Kopi Starbucks dari 4 Alat Seduh Berbeda

Culinary | Selasa, 20 Desember 2016 12:44
Sensasi Nikmati Kopi Starbucks dari 4 Alat Seduh Berbeda

Reporter :

Bagi para penikmat kopi, proses penyeduhan kopi ini jadi semacam ritual tersendiri.

Dream – Starbucks kini memiliki bar kopi yang diberi nama Starbucks Coffee Experience Bar. Di bar tersebut pelanggan dapat menikmati kopi yang disuguhkan dengan berbagai alat seduh pilihan seperti Siphon, Pour Over, Chemex, dan Coffee Press.

Bagi para penikmat kopi, proses penyeduhan kopi ini jadi semacam ritual tersendiri. Aroma yang keluar akan sangat menggoda. Rasa kopi juga jadi sangat berbeda jika diseduh dengan cara dan alat berbeda.

Melalui hal tersebut, Starbucks ingin memperkenalkan coffee journey dan pengetahuan mengenai kopi yang lebih dalam kepada pelanggan. Tentunya kopi bakal diracik oleh tangan-tangan barista yang telah terlatih.

“ Kami senang sekali dapat menghadirkan Starbucks Coffee Experience Bar dimana pelanggan dapat menikmati seduhan kopi sesuai dengan pilihan mereka”, kata, Anthony Cottan, direktur, Stabucks Indonesia, seperti dikutip dari rilis yang diterima Dream, Senin 19 Desember 2016.

Ingin tahu apa saja alat seduh yang disediakan di Starbucks Coffee Experience Bar?

Siphon

 Siphon Coffee (Foto: Village Voice)


Untuk satu cangkir kopi akan membutuhkan kurang lebih lima menit menyiapkan kopi nikmat dengan Siphon. Alat seduh ini bekerja dengan prinsip sedot atau vakum dan terdiri dari empat bagian. Bagian dasar di mana air awalnya diletakkan. Bagian atas mempunyai sebuah tabung yang menempel dengan lubang di dasarnya (di sini kopi diseduh), lalu sebuah bahan yang mirip karet yang digunakan sebagai katup, dan sebuah filter yang terbuat kaca, atau kertas, metal, atau bahkan kain.

 

Pour-over

 Pour-over coffee (Foto: Serious Eats)


Menyeduh kopi dengan pour-over merupakan teknik yang sederhana dan unik. Dengan pour-over, akan menghasilkan kopi dengan rasa yang segar, ringan, dan bersih karena bebas ampas.

 

Chemex

 Chemex coffee (Foto: Starbucks)


Alat seduh kopi yang sekilas terlihat seperti jam pasir ini, akan menghasilkan rasa dan after taste yang lebih intensif dibanding pour over.

 

Coffee Press

 Coffee press (Foto: Cheryl)


Menyeduh kopi dengan coffee press akan menghasilkan citarasa kopi yang pekat dan kuat.
Caranya biji kopi yang baru saja digiling diseduh di gelas khusus kemudian ditekan untuk menghasilkan rasa yang kuat.(Sah)

 

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id