Mengenal Susu Oat yang Dinilai Cocok Buat Vegan dan Rasa Tak Kalah Lezat

Culinary | Kamis, 27 Januari 2022 17:47

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Susu dari oat ini sangat diminati, terutama di kalangan vegetarian atau orang yang alergi susu sapi

Dream - Susu adalah sumber nutrisi yang naik untuk tubuh dan sudah banyak yang mulai mengonsumsi sejak kecil. Tidak hanya dihasilkan dari sapi atau kambing, susu juga dapat dihasilkan dari gandum atau oat.

Susu dari oat sangat diminati terutama di kalangan vegetarian atau orang yang alergi susu sapi.

Oat milk ini menjadi pilihan karena dinilai lebih ramah lingkungan. Untuk memproduksi jenis susu ini tidak membutuhkan lahan maupun sumber rumput untuk perawatan sapi.

Nutrisi susu oat juga disebut tidak jauh berbeda dibandingkan susu sapi. Namun terkadang karena rasanya yang berbeda, susu ini masih minim dikonsumsi masyarakat.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Walaupun orang orang tahu susu non dairy milk ini lebih sehat untuk lingkungan tapi masih kurang dilirik orang kebanyakan karena rasa,” jelas founder dan CEO Oatside, Benedict Lim pada peluncuran Oatside, Rabu 26 Januari 2022.

Mengenal Susu Oat yang Dinilai Cocok Buat Vegan dan Rasa Tak Kalah Lezat
Shutterstock
2 dari 4 halaman

Rasa Susu Oat Kerap Menjadi Masalah

Rasa seringkali menjadi penghalang bagi banyak orang untuk mengkonsumsi susu plant-based dan ramah lingkungan.

 Doc Oatside© Doc Oatside

“ Masalah utama biasanya orang gak suka karena rasa lebih encer atau after taste yang aneh,” tambah Benedict Lim.

Menjawab kebutuhan masyarakat untuk memilih alternatif susu plant based yang lezat dan cocok bagi lactose intolerant. Oatside menghadirkan susu oat dengan rasa yang creamy dan lebih malty dari susu plant-based lainnya. Rasanya pun tak kalah creamy dari susu sapi biasa.

“ Melalui pengembangan awal OATSIDE, saya menyadari bahwa versi susu yang paling saya suka adalah yang memiliki tekstur yang creamy dan rasa yang malty, dimana bagi sebagian kita yang tinggal di Asia, seperti dibawa kembali ke kenangan masa kecil, minum minuman ber-malt. Rasa familiar inilah yang membuat konsumsi susu plant-based tidaklah terasa asing,” tambah Benedict Lim.

3 dari 4 halaman

Pengembangan Oatside

Dikembangkan di saat pandemi oleh Benedict Lim, Oatside menjadi brand susu oat pertama yang lahir dari Asia, yang memegang kendali penuh atas seluruh proses produksi, dari bulir oat hingga menjadi susu oat.

 Doc Oatside© Doc Oatside

Diproduksi di Bandung, Indonesia, Oatside berfokus pada bahan baku berkualitas terbaik yang dapat diperoleh. Produksi susu oat ini hanya menggunakan air dengan kualitas terbaik karena air adalah bagian krusial dari proses produksi.

Susu Oatside juga tidak mengandung perasa buatan, pengemulsi, pengawet, dan pewarna buatan.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Oat

Selain diminati sebagai alternatif susu sapi, jenis susu oat ini mengandung banyak manfaat yang tidak kalah dengan susu plant-based lainnya.

Susu yang mengandung oat ini juga baik untuk kesehatan jantung, mengurangi kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, serta memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah.

 Doc Oatside© Doc Oatside

“ Susu oat ini juga tidak ada tambahan gula, kadar gula rendah banget hanya gula dari hasil oatnya saja. Dan dibanding susu sapi, susu oat lebih rendah lemaknya,” tambah Benedict.

Oatside mengenalkan tiga varian lezat susu oat yaitu Barista Blend, Coklat, dan Coklat Hazelnut.

Join Dream.co.id