Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Lebaran

Culinary | Minggu, 24 Mei 2020 10:30
Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Lebaran

Reporter : Ulyaeni Maulida

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Dream – Saat lebaran tiba, terkadang kita lupa mengontrol keinginan diri, terutama kalap saat melihat hidangan. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut harus dihindari untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Terutama yang berkaitan dengan hidangan lezat selama lebaran.

Pola makan yang sehat harus tetap dijaga. Agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Boleh mengkonsumsi makanan atau minuman selama lebaran. Namun dengan catatan, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari saat lebaran tiba:

2 dari 5 halaman

Tidak makan sebelum sholat Idul Fitri

Sebelum melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri dianjurkan untuk sarapan atau makan pagi. Jangan sampai karena terlalu bersemangat menyambut lebaran, jadi terlupa untuk sarapan.

Selain karena menjadi sunnah Nabi, sarapan sebelum sholat Idul Fitri juga baik untuk kesehatan. Untuk itu sebaiknya jangan meninggalkan aktifitas yang satu ini ya.

 

 

3 dari 5 halaman

Berlebihan dalam mengkonsumsi daging

Daging© Pexels.com

Setelah sebulan berpuasa, tentu saja menikmati hidangan lezat selama lebaran tak dapat di kontrol. Terlebih, jika saat lebaran, banyak sekali makanan olahan dari berbagai bahan makanan.

Namun perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daging. Karena dapat berakibat menaikkan hipertensi atau darah tinggi.

Jika sudah begitu, tentu akan berdampak pada momen lebaran kamu di rumah.  

4 dari 5 halaman

Banyak mengkonsumsi minuman soda

Minuman soda© Pixabay.com

Biasanya minum soda banyak mengandung pemanis buatan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk pada kesehatanmu. Seperti misalnya terasa begah atau perut terasa tidak nyaman.

Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi minuman soda akan mengakibatkan naiknya berat badan dan meningkatkan risiko serangan jantung.

5 dari 5 halaman

Jangan Melanggar Pantangan Alergi

Momen lebaran tentunya menjadi momen kemenangan yang sangat dinantikan. Namun, jangan karena hal itu, kamu jadi melupakan alergi yang kamu miliki.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak akan membuat kesehatanmu bermasalah.

Nah, sebelum itu terjadi, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan di rumah. Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak dianjurkan.

 

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id