Kebab Baba Rafi Siap Lebarkan Sayap ke India

Culinary | Jumat, 8 Februari 2019 14:12
Kebab Baba Rafi Siap Lebarkan Sayap ke India

Reporter : Cynthia Amanda Male

Perusahaan ini optimistis kebabnya diterima di sana.

Dream – Pertumbuhan UKM di Indonesia semakin membaik dari tahun ke tahun. Bahkan beberapa produk lokal mulai dinikmati secara global.

Salah satunya adalah Kebab Turki Baba Rafi. Usaha ini berhasil mengembangkan sayap ke sepuluh negara dalam waktu kurang lebih 15 tahun.

" Mulai bisnis kebab dengan satu gerobak di tahun 2003 dan sekarang sudah punya 1300 cabang di seluruh Indonesia,” kata Adnan Rival, Brand Marcomm Kebab Turki Baba Rafi, di Jakarta, ditulis Jumat 8 Februari 2019.

Awalnya, bisnis tersebut tidak berjalan mulus. Banyak yang tidak menyukai rasa kebabnya.

" Kami coba bawa kebab turki ke sini. Awalnya nggak ada yang beli. Tapi, akhirnya dapat formula resep yang cocok dengan lidah Indonesia,” kata dia.

Ini juga terjadi di negara lain. Hal ini menyebabkan rasa kebab turki berbeda-beda di setiap negara. Franchise Development Kebab Turki Baba Rafi, Syamsir, mengatakan contohnya Belanda. Di negara itu, masyarakatnya lebih suka makan sayur daripada daging.

“ Jadi, kami mengikuti taste negara tujuan, di Belanda kebabnya lebih banyak sayur. Kami juga mengambil menu khas negara tujuan,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Ingin Tambah Cabang di India

Syamsir mengatakan Kebab Turki Baba Rafi ingin fokus memperbanyak cabang di Asia. Dia optimistis Asia lebih mudah menerima rasa kebabnya.

“ Terutama, di India yang penduduknya sangat banyak dan basic-nya rempah,” kata dia.

Kedepannya, kebab turki asal Indonesia ini akan terus melebarkan sayapnya di berbagai negara di Asia dan membuka cabang di daerah.

" Kami sedang fokus ke kota di daerah, seperti Semarang, Solo dan lain-lainnya. Kami juga bekerja sama dengan Pertamina untuk cabang di SPBU atau rest area,” kata dia.

Perkataan Syamsir disepakati oleh Master Franchise India—perusahaan ini akan membuka cabang Kebab Turki Baba Rafi di India, Abishek Singh.

" Kebab merupakan jenis makanan yang umum di India. Banyak juga toko yang menjual kebab. Tapi, belum ada yang menjual berbagai varian kebab seperti Kebab Turki Baba Rafi. Menu seperti 'Black Kebab' belum ada di sana," kata dia.

Summer Style 2019
Join Dream.co.id