Daerah Ini Penghasil Jengkol Terenak di Indonesia

Culinary | Kamis, 3 Januari 2019 13:16
Daerah Ini Penghasil Jengkol Terenak di Indonesia

Reporter :

Kadar amilosa dan kadar kapur yang terkandung pada daging jengkol lebih unggul.

Dream - Jengkol, sajian ini merupakan favorit banyak orang Indonesia. Baunya sangat khas menyengat, namun bagi penggemarnya justru aroma tersebut yang membangkitkan selera makan.

Biasanya disajikan dengan digoreng, bumbu balado atau disemur. Tahukah Sahabat Dream daerah di Indonesia yang menghasilkan jengkol paling enak? Kabarnya, jengkol yang berasal dari Sumatera Barat adalah yang terenak dan terlegit.

Jengkol atau yang bernama latin Archidendron pauciflorum dari Sumbar telah diteliti. Hasilnya diketahui bahwa kawasan pesisir selatan Sumbar jadi area penghasil jengkol terenak di Indonesia

" Pesisir Selatan memiliki dua varietas jengkol unggulan yakni bareh dan lokan," kata Jumsu Trisno, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan setempat, di Painan Sumbar, dikutip dari Liputan6.com.

Ia menambahkan, keunggulan rasa kedua varietas itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dari penelitian itu diketahui kadar amilosa dan kapur pada daging jengkol lebih unggul jika dibanding dengan jenis jengkol lain di Indonesia. Selain itu, kedua varietas jengkol itu merupakan jenis yang pertama kali disertifikasi di Indonesia.

Kadar kapur yang ada pada jengkol bareh dan lokan berpotensi kecil membuat orang yang mengosumsinya mengalami sakit perut. Hanya saja, dari banyaknya jengkol jenis tersebut di Pesisir Selatan, hanya dua batang saja yang dinilai unggul.

Saat ini, Balitbu Tropika Aripan Sumatera Barat tengah mengembangkan kedua jenis itu. " Sedikitnya sekitar 6.000 bibit dari jengkol kedua jenis itu telah ditanam di Kecamatan Silaut," ujar Jumsu.

Ia berharap dengan adanya sertifikasi, penelitian hingga pengembangannya kepada masyarakat yang membudidayakan jengkol jenis itu bisa meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya.

Laporan: Dinny Mutiah/ Liputan6.com

Komentar
Beri Komentar
Ibu Negara Iriana Memperingati Hari Kartini di Solo
Join Dream.co.id
Deretan Artis yang Diprediksi Gagal Masuk DPR