Jangan Kaget, Ada Sayuran yang Bentuknya Mirip dengan Ulat

Culinary | Selasa, 22 September 2020 06:47
Jangan Kaget, Ada Sayuran yang Bentuknya Mirip dengan Ulat

Reporter : Mutia Nugraheni

Tampilannya yang sangat mirip dengan ulat membuat banyak orang yang pertama kali melihat terkaget-kaget.

Dream - Sajian sayur biasanya berwarna hijau atau cerah dengan bentuk berupa daun, umbi atau biji. Jangan kaget jika melihat di dalam piring ada sajian yang bentuknya sangat mirip ulat tapi disebut sayur.

Pasalnya, ada satu jenis sayur yang bentuknya memang sangat mirip dengan ulat yaitu Crosnes. Seperti apa makanan ini? Dikutip dari motherearthnews Crosnes dikenal juga dengan nama artichoke atau chorogi cina.

Tampilannya yang sangat mirip dengan ulat membuat banyak orang yang pertama kali melihat terkaget-kaget. Setelah dijelaskan atau dicicipi, mungkin baru mengerti kalau Crosnes merupakan sayuran.

Seperti apa rasanya? Ternyata teksturnya renyah dan berair dengan sedikit rasa manis. 

2 dari 6 halaman

Rasanya sangat mirip dengan wortel. Sayuran ini dijual dengan harga 40 dolar per pon atau sekitar Rp594 ribuan.

Crosnes© Shutterstock

Biasanya, Crosnes diolah menjadi salad atau ditumis. Bagi orang Indonesia sangat wjar jika tidak ak Makanan inin sangat cocok untuk pendamping salad, ataupun tumis-tumisan.

Sayuran ini memang jarang ada di Indonesia. Pasalnya, crosnes hanya sering dijumpai di negara-negara tertentu seperti Jepang, China, Amerika Serikat, dan juga Eropa. Baca selengkapnya soal Crosnes di Diadona.id.

3 dari 6 halaman

4 Sayuran Termahal di Dunia, Pernah Coba?

Dream - Harga sayuran di Indonesia yang termasuk negara tropis, sangat terjangkau. Kita bisa makan sayuran segara dengan harga yang cukup murah. Seperti kangkung, bayam, buncis, wortel dan masih banyak lagi.

Selama ini sayuran identik berharga murah, tapi siapa sangka kalau ada juga yang harganya selangit. Tak heran kalau sayuran ini tak begitu populer, karena hanya kalangan tertentu saja yang bisa mengonsumsinya.

Sayuran apa saja? Mungkin Sahabat Dream pernah mencicipinya.

Jamur Taiwan

Jamur Taiwan© Shutterstock

Ada jenis jamur Taiwan yang harganya mencapai Rp15 juta per buah. Ini merupakan jamur liar yang hanya tumbuh di daerah tertentu. Rasanya sangat khas dan dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Keberadaannya sangat langka, tak heran kalau harganya sangat mahal.

Kacang Polong Mange

Kacang polong© Shutterstock


Merupakan jenis kacang polong yang agak pipih, karena dipanen saat masih muda. Merupakan hidangan favorit di restoran-restoran barat. Kacang polong jenis ini kabarnya 100 gram dijual seharga £2.00 atau Rp3,2 juta

 

4 dari 6 halaman

Bayam dan Akar

Bayam Yamashita

Bayam© Shutterstock

Sayur bayam di Indonesia harganya sangat murah, hanya Rp3.000 per ikat. Namun ada bayam yang harganya US $13 atau Rp234 ribu per 16 ons. Bayam ini tumbuh di Prancis dan kabarnya hanya dijual kepada 7 klien, yang semua merupakan koki pemegang gelar Michelin

Akar Wasabi 

Akar wasabi© Shutterstock


Banyak yang kaget dengan harga akar wasabi asli. Pasalnya kita lebih sering mengonsumsi dalam bentuk bubuk yang sudah dimodifikasi. Harga akar wasabi di pasar global mencapai US $73 per 16 ons atau Rp1 juta rupiah.

Sumber: Times of India

5 dari 6 halaman

Sayur Lodeh, Hidangan Penuh Doa dan Harapan Bagi Warga Yogyakarta

Dream - Sahabat Dream termasuk penyuka sayur lodeh? Jika iya, pasti sudah tak asing dengan hidangan berkuah santan nan gurih ini. Bagi masyarakat Yogyakarta, sayur lodeh bukan sekadar hidangan untuk memanjakan lidah dan perut.

Sayur Lodeh, Hidangan Penuh Doa dan Harapan Bagi Warga Yogyakarta© MEN

Dalam hidangan ini juga berisi harapan dan doa. Warga Yogyakarta percaya kalau sayur lodeh merupakan sayur tolak bala. Sayur ini selalu dibuat ketika seseorang ingin membuat acara besar, syukuran atau ketika bencana datang.

“ Tujuannya untuk tolak bala, disebut lodeh tujuh macam atau tujuh rupa,” ujar Kamaluddin Purnomo, takmir Masjid Pathok Negoro Plosokuning Sleman, dikutip dari Liputan6.com.

 

6 dari 6 halaman

Melawan Kesialan

Ia menuturkan dalam Islam hal ini disebut tafaul yang berarti atau mengambil tanda baik atau melawan yang dianggap sial. Masyarakat Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Sleman pun sudah terbiasa dengan tradisi ini.

Lodeh 7 Rupa© Liputan6

Switzy Sabandar/ Liputan6

Biasanya, para ibu memasak lodeh tujuh rupa yang dimakan bersama-sama dengan warga. Sesuai sebutannya, sayur lodeh tujuh rupa ini terdiri dari tujuh bahan, meliputi, kluwih, cang gleyor, terung, kulit melinjo, waluh, godhong (daun) so, dan tempe.

 

Terkait
Join Dream.co.id