Jangan Buang Air Rebusan Pasta, Bisa Dimanfaatkan Maksimal

Culinary | Senin, 22 Februari 2021 06:48
Jangan Buang Air Rebusan Pasta, Bisa Dimanfaatkan Maksimal

Reporter : Mutia Nugraheni

Ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Dream - Sahabat Dream suka memasak pasta? Mulai sekarang, jangan langsung buang air pasta begitu aja. Ternyata air rebusan ini memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk masakan tapi juga hal lain.

Pasta mengandung banyak zat pati. Saat direbus, pati tersebut ikut keluar dan membuat air menjadi kental dan berubah warna menjadi lebih keruh. Siapa sangka kalau air yang keruh tersebut bisa digunakan untuk lima hal ini.

1. Membuat berbagai olahan roti
Air rebusan pasta bisa menjadi opsi menarik untuk membuat olahan roti. Kandungan air rebusan pasta yang kaya akan tepung dan rasa yang khas bisa membantu olahan roti yang kamu buat jadi lebih enak ketimbang pakai air biasa.

2. Memasak Nasi
Penggunaan air rebusan pasta saat memasak nasi ternyata bisa membuat nasi yang kamu masak memiliki rasa yang unik dan kaya. Jadi, simpan air rebusan pasta kalau kamu ingin merasakan sensasi baru saat memakan nasi.

 

 

2 dari 7 halaman

3. Bahan Tambahan Untuk Membuat Saus
Menambahkan air rebusan pasta pada saus pasta homemade dapat memberikan tambahan rasa. Selain itu, air rebusan pasta juga bisa membuat tekstur saus yang kamu buat menjadi lebih ringan sehingga saus dapat lebih mudah bercampur dengan pasta.

 Teknik Agar Olahan Pasta Menjadi Lebih Nikmat© MEN

4. Menyiram Tanaman
Air rebusan pasta juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Bukan tanpa sebab, kandungan yang ada pada air pasta punya banyak sekali vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman.

5. Meredakan Nyeri di Kaki
Tidak hanya untuk olahan makanan, kamu juga bisa memanfaatkan air rebusan pasta yang kaya akan mineral ini untuk relaksasi di rumah. Caranya gampang, hanya perlu merebus air pasta sebentar hingga temperaturnya berubah menjadi hangat. Setelah itu, tuang air pasta ke wadah yang cukup besar dan masukan kakimu ke wadah berisi air pasta tersebut.

 

Laporan Silmi Safriyantini/ Sumber: Times of India

3 dari 7 halaman

Pasta Langka di Italia, Hanya Bisa Dibuat Keturunan Terpilh

Dream - Berbicara soal pasta tak bisa dilepaskan dari negara asalnya, Italia. Saat ini, kita memang bisa dengan mudah mendapatan hidanga pasta. Mulai dari yang dijual di restoran dan diolah oleh koki profesional hingga pasta instan yang bisa dibuat sendiri dalam sekejap.

Banyak koki dan juru masak, terutama di bidang makanan Italia, sangat andal membuat pasta dari nol. Namun ada satu jenis pasta yang disebut Su Filindeu di Italia, yang termasuk langka karena memilik teknik super rumit dalam membuatnya.

 Pasta Langka di Italia, Hanya Bisa Dibuat Keturunan Terpilh© MEN

Sudah ada selama lebih dari 300 tahun silam, resep pasta paling langka di dunia dan teknik pembuatannya yang rumit telah diturunkan oleh generasi perempuan dalam satu keluarga di Nuoro, Italia.

 

4 dari 7 halaman

Pasta Tipis

Paola Abraini adalah salah satu dari segelintir wanita di Sardinia yang masih bisa membuat pasta ini. Hal yang membuat pasta ini sangat unik dan langka adalah dibutuhkannya kesabaran dan kerajinan untuk menarik dan melipat adonan pasta menjadi untaian yang super kecil, sampai menyerupai untaian benang.

 Su Filindeu© You Tube Great Big Story

Saking tipisnya untaian pasta yang dibuat oleh Paola Abraini, ia bisa menghasilkan 256 helaian pasta dengan satu adonan. Setelah pasta mentah jadi, ia digulungkan pada permukaan kayu berbentuk lingkaran.

Setelah itu dibiarkan kering di bawah sinar matahari, atau di dalam suhu ruangan. Baru kemudian pasta bisa diolah. Baca selengkapnya di Diadona.id.

5 dari 7 halaman

Cantiknya Pasta Pelangi Dibuat dari Pewarna Alami

Dream - Sahabat Dream mungkin sudah familiar dengan hidangan pasta. Mulai dari spageti, makaroni, fetucini, ravioli dan masih banyak lagi. Hal yang membedakan dari tiap jenis pasta adalah bentuknya dan juga kekhasan pengolahannya.

Warna pasta cenderung sama yaitu kuning pucat karena tersebut dari tepung, telur dan mentega/ minyak, dan garam. Fiona Ashfar, seorang chef, sangat terobsesi dengan pasta.

Dengan kreativitasnya, Fiona membuat pasta tak lagi terlihat membosankan. Ia membuatnya seperti kerajinan tangan dan karya seni.

Fiona memadukan berbagai warna dan pola untuk membuat pastanya jadi sangat berbeda.

 Spageti warna warni© Instagram

(Spageti/ Foto: Instagram @cookingwithfiona)

" Keajaiban terjadi kita aku membentuk pasta dan memadukan warna. Kita dapat membuat bentuk sesuai dengan selera," kata Fiona, seperti dikutip dari Food Insider.

 

6 dari 7 halaman

Terinspirasi dari Warna Sayuran

Awalnya, ia membuat pasta sendiri dengan bahan dasar, setelah itu ia mencoba eksprimen dengan menambahkan warna. " Aku pergi ke toko sayuran dekat rumah dan mendapat ide. Warna hijau sangat mudah didapat, dari daun bayam, kale atau parsley," ungkapnya.

 Fusili© Instagram

(Fusili/ Foto: Instagram @cookingwithfiona)

Memanfaatkan sayur dan bahan alami, Ashfar membuat pastanya seperti pelangi, beragam warna! Untuk warna merah misalnya, ia menggunakan buah beet atau paprika merah.

 

7 dari 7 halaman

Rasa Pasta Lebih Kaya

" Bukan hanya ingin mendapatkan warna, sayuran juga memunculkan rasa dalam pasta agar tak membosankan. Aku panggang dulu sayuran baru kemudian mencampurnya sengan telur, bawang putih dan bahan pasta lainnya," katanya.

 Ravioli© Instagram

(Ravioli/ Foto: Instagram @cookingwithfiona)

Pasta-pasta yang dibuat Fiona memang sangat berbeda. Warnanya begitu mencolok dengan pola yang apik seperti hiasan. Ia bahkan membuat pola sendiri satu persatu, seperti bunga, pita, dan masih banyak lagi.

Selama ini, Fiona hanya membuat untuk dikonsumsi sendiri. Ada juga yang dikeringkannya untuk kemudian diberikan kepada kerabat dekat.

" Sangat senang melihat mereka tersenyum ketika aku memberikan pasta ini," ungkapnya.

Terkait
Join Dream.co.id