Jangan Biarkan Pasta Sisa Terbuang, Simpan dengan Benar

Culinary | Senin, 6 April 2020 07:48
Jangan Biarkan Pasta Sisa Terbuang, Simpan dengan Benar

Reporter : Mutia Nugraheni

Bagaimana cara menyimpannya? Yuk simak.

Dream - Saat memasak pasta, seperti makaroni, spageti atau lasagna seringkali ada yang tersisa atau berlebihan dari porsi yang dibutuhkan. Pasta yang belum diberi saus atau bumbu akan menempel satu sama lain jika dibiarkan begitu saja.

Lama kelamaan akan kering dan jika didiamkan lama di kulkas bakal menjamur. Dilansir dari The Spruce Eats, ada beberapa metode berbeda untuk menghemat pasta yang dimasak.

Tips ini berlaku untuk pasta jenis apa saja. Mulai dari spageti, penne, hingga lasagna dan pasta berukuran besar lainnya. Pasta berukuran besar dapat disimpan, tetapi tidak akan bertahan lama sebaik jenis pasta yang lebih kecil.

1. Menyimpan Pasta Biasa di Kulkas
Salah satu faktor terpenting ketika menyimpan sisa pasta yang dimasak adalah mengemasnya sesegera mungkin. Pasta yang dimasak tidak boleh dibiarkan lebih dari dua jam. Gunakan sebuah wadah dengan tutup yang pas atau plastik zipper, beri sedikit minyak atau mentega, lalu aduk rata untuk memastikan pasta tidak saling menempel.

 Kunci Kenikmatan Rasa Menu Spaghetti© MEN

Jenis minyak bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Gunakan minyak zaitun jika itu akan melengkapi hidangan yang akan disiapkan bisa juga minyak yang netral seperti minyak sayur.

Tujuannya di sini adalah untuk menjaga agar pasta tidak saling menempel. Jika pasta yang baru dimasak adalah adonan buatan sendiri, aduk dengan sedikit tepung sebagai gantinya.

Bila pasta masih hangat, pastikan sudah benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke dalam wadah. Sangat penting untuk menutup wadah dan zipper secara rapat, karena ketika terpapar udara, akan menjadi lembap dan bisa berjamur. Jika menggunakan plastik zipper, keluarkan seluruh udara terlebih dahulu sebelum ditutup dengan rapat.

Pasta yang dimasak dapat bertahan tiga hingga lima hari di lemari es. Setelah itu, pasta akan kehilangan rasanya dan potensi munculnya jamur akan meningkat.

 

2 dari 5 halaman

2. Menyimpan Pasta Biasa di Freezer

Jika ingin menyimpan pasta untuk jangka waktu yang lebih lama, masukkan pasta yang sudah dimasak ke dalam freezer. Plastik khusus freezer (freezer bags) berfungsi baik untuk metode ini, karena bahannya yang tipis lebih baik daripada wadah makanan yang lebih tebal.

 Resep Legit Macaroni Keju Panggang Shireen Sungkar© MEN

Mirip dengan metode pendinginan, pasta hanya perlu ditambahkan minyak atau mentega sebelum disegel. Pasta beku bisa bertahan sekitar tiga bulan, tetapi untuk menjaga kesegaran, lebih baik pasta dikonsumsi dalam waktu maksimal 2 bulan.

Makanan dengan kandungan air tinggi seperti pasta berpotensi rusak jika dibiarkan terlalu lama. Sebelum digunakan, cairkan pasta di kulkas dalam waktu beberapa jam.

 

3 dari 5 halaman

3. Menyimpan Pasta dengan Saus

Bisa juga menyimpan saus secara terpisah dari pasta yang dimasak atau mencampur sebelum menempatkannya di lemari es atau freezer. Keuntungan menyimpannya secara terpisah adalah pasta dapat digunakan pada hidangan lain. Selain itu, saat pasta dicampur dengan saus, pasta bisa menjadi lembek dalam beberapa hari.

 Rasakan Sensasi Lasagna Itali Ala Bandung© MEN

Jika pasta hendak dimakan langsung setelah satu atau dua hari ke depan, saus dan pasta yang dicampur bersama memungkinkan rasa menyerap ke dalamnya, sehingga dapat membuat hidangan lebih lezat. Simpan dalam wadah atau tas yang tertutup rapat dan kedap udara.

 

4 dari 5 halaman

4. Menggunakan Pasta Sisa

Jika resep membutuhkan pasta dingin seperti dalam casserole, salad, atau pasta frittata, gunakan pasta langsung dari kulkas. Jika ingin menggunakan pasta yang hangat, rebus kembali pasta yang telah didinginkan dalam panci berisi air mendidih dengan cepat selama 30 hingga 60 detik, sampai panas.

 Resep Lasagna Kukus yang Rasanya Juara!© MEN

Pastikan untuk tidak meninggalkan pasta di dalam air lebih dari satu menit. Panaskan kembali saus secara terpisah dan kemudian kombinasikan dengan pasta yang telah dihangatkan.

 

5 dari 5 halaman

5. Panaskan Saus dengan Tepat

Cara memanaskan sausnya yang ideal adalah dengan menggunakan oven pada suhu 350 F selama 20 menit, lalu tutupi piring dengan aluminium foil untuk mengunci kelembapan dan mencegah pasta mengering.

 Inilah Tips Memasak Pasta© © 2014 http://fazzfood.com/

Menghangatkan saus di atas kompor juga diperbolehkan, gunakan panci dan jangan lupa aduk secara perlahan agar saus tidak lengket. Penggunaan microwave tidak disarankan, karena panasnya bisa tidak merata dan menyebabkan makanan kehilangan rasanya.

Laporan Raissa Anjanique

Join Dream.co.id